Cara Memasarkan Produk Di Instagram

Cara Memasarkan Produk Di Instagram 2

Cara Memasarkan Produk Di Instagram – Instagram adalah media sosial yang punya user engagement tinggi. Kebanyakan dari kita mampu mengapresiasi tampilan visual. Itulah mengapa berpromosi di Instagram adalah langkah yang tepat. Aplikasi ini bisa dipergunakan untuk mempromosikan produk atau layanan anda. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan pemakaian Instagram.

Pakai hashtags yang spesifik

Hashtags mirip seperti tag di wordpress. Ini merupakan kata atau frase yang mewakili sebuah berita atau artikel. Misalnya sebuah artikel yang berjudul “manfaat Instagram untuk promosi online” bisa diberi tag #promosi online #promosi Instagram, dan yang lainnya. Gambar juga biasanya mewakili banyak kata. Anda bisa memakai kata atau frase-frase tersebut sebagai hashtags.

Cara Memasarkan Produk Di Instagram

Banyak pengguna Instagram mengeksplor topik favorit mereka dengan cara ini. Mereka biasanya mengetikkan hashtags di kotak pencarian, lalu menemukan akun-akun baru dari sana. Ini adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan follower. Maka dari itu, setiap kali mengunggah foto baru, jangan lupa untuk menambahkan beberapa hashtags yang relevan. Jika bingung ingin menulis apa, ada layanan online gratis seperti Iconosquare dan Websta yang bisa dipergunakan untuk menemukan hashtag populer dan relevan.

Pakai filter

Pemakaian filter sebenarnya tidak disarankan untuk produk komersil. Ini karena filter membuat tampilan produk berbeda dari aslinya. Sebagai penjual, kita tidak ingin konsumen merasa kecewa karena produk yang diterima tidak sesuai dengan apa yang terlihat di gambar. Tapi di sisi lain, filter sangat efektif untuk menarik minat pengguna Instagram. Saran kami adalah, anda boleh memakai filter, tapi pengaplikasiannya harus halus / tidak berlebihan. Jangan sampai filter membuat gambar berbeda 180 derajat dari aslinya.

Posting saat peak hour

Kebanyakan orang aktif pada siang hari dan beristirahat pada malam hari. Melakukan posting pada malam hari bisa menurunkan jumlah like karena kebanyakan pengguna Instagram sedang tidak aktif. Untuk meningkatkan user engagement, anda perlu mengunggah foto pada siang hari atau saat para follower sedang aktif memakai Instagram. Iconosquare bisa membantu anda menampilkan tingkat aktivitas dari user. Dari sini anda bisa melihat kapan waktu yang paling tepat untuk berbagi foto dan video.

Berinteraksi dengan follower akun lain

Ada banyak penjual di Instagram yang menawarkan produk serupa. Misalnya anda berjualan tas wanita, kami yakin bukan anda saja penjual tas yang memanfaatkan Instagram untuk berpromosi. Cobalah untuk mencari laman populer lain dengan bantuan hashtag. Ketik hastag yang mengandung kata ‘tas’ di kotak pencarian. Anda akan menemukan akun populer lain yang produk jualannya hampir sama. Silakan tinggalkan komentar di akun-akun tersebut, tapi jangan yang berbau promosi karena anda mungkin akan di-blacklist oleh pemiliknya. Berikan komentar yang membuat follower akun tersebut tertarik untuk mengklik username anda. Beberapa mungkin singgah ke halaman anda dan melihat-lihat koleksi yang tersedia. Jika merasa tertarik, mereka bisa membeli produk yang dijual.

Cara Memasarkan Produk Di Instagram 2

Endorse dari akun Instagram populer

Jika akun anda masih punya sedikit follower, mengapa tidak memanfaatkan akun yang sudah punya ratusan atau jutaan follower? Jasa endorse sudah sangat lumrah di kalangan pecinta Instagram. Mereka biasanya menetapkan harga per post atau unggahan. Nilainya tergantung dari jumlah follower dan tingkat user engagement. Buatlah post yang natural tapi menarik, sehingga para follower akan berdatangan ke halaman anda untuk melihat produk yang dijual. Promosi dengan cara ini memang perlu biaya, tapi ini bisa mempercepat berkembangnya akun Instagram anda. Itu tadi beberapa cara memasarkan produk di Instagram.

Related Articles