Ini dia Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Perlu Kamu Ketahui!

Semua orang tentunya dapat membuat blog dan caranya pun juga tak terlalu sulit. Akan tetapi, apabila kita bicara menghasilkan uang dari blog, mungkin masih banyak blogger yang masih belum mengerti caranya. Akan lebih baik jika kita merencanakan sejak awal apa tujuan untuk membangun sebuah blog, dan bagaimanakah kita akan memonetize blog tersebut. Berikut ini beberapa cara menghasilkan uang dari blog :

Cara menghasilkan uang dari blog

Bergabung dalam sebuah program affiliasi merupakan cara menghasilkan uang dari blog yang pertama. Perlu diperhatikan bahwa program affiliasi yang diikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang akan kita bangun. Misalnya sebuah blog yang topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang diikuti harus berhubungan dengan niche ini.

Tentukanlah produk yang akan anda jual, baru membangun blognya. Misalnya saat membangun blog untuk mempromosikan produk dari Amazon.com, maka lakukanlah riset terlebih dahulu. Produk apa yang dipromosikan, keywords apa saja yang bisa menjunjung SEO, dan bagaimanakah cara membangun kontennya.

Yang wajib diperhatikan yaitu konten didalam blog yang akan kita bangun harus punya value dan juga bermanfaat bagi para pengunjung/audiens. Semakin baik konten Anda, semakin tinggi konversi penjualan dari blog tersebut. Anda bisa mendapatkan ratusan sampai ribuan dollar dari program affiliasi Amazon saja.

Cara menghasilkan uang dari blog yang kedua yaitu menawarkan ruang iklan di blog. Sebuah blog yang mempunyai trafik tinggi biasanya lebih sukses memperoleh pengiklan yang potensial. Yang wajib diperhatikan yaitu website atau produk yang diiklankan harus disesuaikan dengan topik dari blog yang kita bangun. Misalnya topik website tentang peluang internet marketing atau usaha, maka jenis iklan yang dapat Anda terima merupakan website atau produk yang berhubungan dengan niche tersebut.

Sebaiknya kita tidak menerima iklan yang mempromosikan blog atau produk yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche blog kita karena ini akan membingungkan viewer dan biasanya konversinya jelek. Misalnya blog Anda tentang internet marketing, kemudian Anda memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan tentang produk penumbuh rambut.

Cara menghasilkan uang dari blog yang selanjutnya yaitu memasarkan produk atau jasa anda sendiri. Ini artinya Anda memiliki bisnis yang memang ingin ditawarkan ke pengunjung Anda. Cara menghasilkan uang dari blog yang keempat yaitu menulis artikel tentang bisnis atau blog orang lain. Biasanya kegiatan ini disebut dengan Paid for Review. Terdapat banyak perusahaan yang ingin supaya bisnis mereka diulas di blog orang lain. Perusahaan biasanya tersebut bersedia dengan membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review.

Namun, tak mudah memperoleh Advertiser yang mau membayar untuk artikel review. Biasanya pihak Advertiserlah yang selalu menghubungi ke email dan minta dibuatkan artikel yang mengulas tentang bisnis mereka. Apabila Anda tidak ingin repot menghubungi calon pengiklan, tak ada salahnya mencoba untuk mendaftar sebagai publisher di IDblognetwork.

Cara menghasilkan uang dari blog yang keempat menjual blog anda. Ini merupakan cara terakhir yang mungkin dapat kita pilih untuk menghasilkan uang dari blog. Pasti sangat berat untuk menjual sebuah blog yang telah kita bangun dengan susah payah, namun bila memang Anda sudah tak ada waktu atau sudah tak mampu memantau blog tersebut, opsi ini dapat Anda pilih. Menjual blog terasa sulit jika kita tidak tahu caranya atau tidak punya jaringan teman yang bisa membantu untuk menjual blog. Menghubungi seorang pengantara atau broker bisa membantu untuk menemukan calon buyer yang potensial.

Cara menghasilkan uang dari blog yang terakhir menjadi publisher google adsense. Google Adsense merupakan salah satu program PPC yang terkenal dan banyak diikuti oleh publisher dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk menjadi publisher dan juga memperoleh uang dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kita haruslah punya blog yang mempunyai trafik yang cukup besar. Penghasilan publisher diperoleh dari klik valid iklan Adsense yang ada di blog, akan tetapi janganlah pernah berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda karena ini dilarang oleh Google Adsense. Itulah beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang perlu anda ketahui.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.