Panduan Bisnis Affiliasi Untuk Pemula Yang Mudah!

panduan bisnis afiliasi

Panduan Bisnis Affiliasi Untuk Pemula Yang Mudah! – Model bisnis online sangat beragam, salah satunya adalah bisnis affiliasi. Bisnis affiliasi adalah bisnis yang bisa dijalankan bahkan tanpa modal sekalipun. Bisnis affiliasi dibagi menjadi 2 yaitu affiliasi produk fisik dan affiliasi produk digital, produk fisik atau digital ini bisa termasuk jasa, misalnya saja kalau affiliasi jasa online adalah affiliasi dari jasa hosting web.

Bisnis affiliasi bisa menjadi salah satu bisnis yang memberikan keuntungan passive income, yang artinya tanpa bekerja terus menerus kita sebagai pelaku bisnis ini akan mendapatkan penghasilan. Bisnis ini juga relative mudah untuk mengerjakannya, hanya perlu melakukan pemasaran saja, sehingga teknik marketing yang harus dikuasai, tanpa harus memikirkan pembuatan produk dan support.

panduan bisnis affiliasi

Berikut artikel ini akan membahas beberapa affiliasi yang menguntungkan untuk pemula

Panduan bisnis affiliasi

Bisnis affiliasi hosting

Salah satu bisnis affiliasi yang sangat mudah untuk dilakukan adalah bisnis affiliasi hosting, seperti kita ketahui website-website pribadi berekstensi domain sendiri misalnya .com, .net, dan lain sebagainya membutuhkan ruang penyimpanan untuk website mereka, yang dikenal dengan hosting.

Saat ini bisnis hosting adalah salah satu bisnis yang menjanjikan, karena semakin hari semakin banyak orang yang menggunakan website sebagai branding atau promosi bisnis mereka. Jika Anda belum memiliki keahlian dalam mengurus server hosting, Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari trend bisnis ini.

Yaitu dengan cara mengituki bisnis affiliasi hosting, karena kebanyakan perusahaan-perusahaan hosting besar akan memberikan komisi 25% sampai 50% dari setiap transaksi yang dilakukan melalui link affiliasi kita. Anggap saja kita bisa menjual hosting ini kepada 50 orang dengan pembayaran pertahun 1 juta rupiah untuk hosting mereka, jika komisi affiliasi sebesar 50% dari harga hosting, maka 1 tahun kita bisa mendapatkan 25 juta dari 50 orang tadi.

Bisa dibayangkan jika Anda bisa menjual hingga 100 orang atau lebih, tentu komisi pertahun yang Anda dapatkan akan lebih besar. Penghasilan dari bisnis affiliasi hosting ini memang dibayar pertahun, karena sewa dari hosting adalah satu tahun.

panduan bisnis affiliasi

Namun tidak menutup kemungkinan ada orang yang membayar sewa hingga 2-5 tahun untuk hosting mereka, apalagi jika yang menyewa hosting tersebut adalah perusahaan besar, tentu akan sangat menguntungkan.

Yang harus di pikirkan untuk bisnis affiliasi hosting ini adalah memili perusahaan hosting terbaik, sehingga pelanggan yang sewa selama 1 tahun akan dengan senang hati memperpanjang sewa mereka.

Bisnis affiliasi produk digital

Jika sebelumnya kita sudah bahas bisnis affiliasi untuk jasa digital, sekarang bisnis affiliasi untuk produk digital. Produk digital bisa berupa ebook, video tutorial, software, template web, dan lain sebagainya. Banyak produk digital yang bisa kita jual dan mendapatkan keuntungan.

Untuk mendapatkan informasi tentang produk digital ini kita bisa bergabung di marketplace produk digital luar negeri seperti JVZoo atau clickbank, yang perlu kita lakukan adalah memasarkan produk-prorduk tersebut, bisa dari membuat website review dari produk tersebut, atau membuat video review.

Untuk marketplace produk digital luar negeri, kita akan mendapatkan pendapatan berupa dollar dan akan dibayarkan langsung ke paypal kita. Sehingga kita butuh untuk mempersiapkan akun paypal yang terverifikasi.

Solusi lain adalah mempromosikan affiliasi produk digital lokal, yang bisa didapatkan produk-produknya di marketplace ratakan.com

panduan bisnis afiliasi

Panduan bisnis affiliasi (strategi pemasaran)

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa tugas seorang affiliate marketer adalah promosi, sehingga strategi promosi atau pemasaran produk affiliais harus di kuasai. Ada beberapa cara untuk memasrakan produk affiliasi dengan mudah dan bahkan tanpa modal yaitu dengan membuat blog review atau video review produk.

Membuat blog review dengan kata kunci produk tersebut akan memudahkan web kita masuk di halaman 1 google dan mendapatkan pengunjung dari orang-orang yang sudah memiliki minat untuk membeli namun menginginkan review dari produk tersebut.

Bagi Anda yang ingin memulai dengan cara gratis, Anda bisa memanfaatkan web 2.0 gratis seperti blogspot, wordpress.com, weebly, dan lain sebagainya untuk menulis atikel review produk yang Anda akan review dari marketplace-marketplace diatas.

Untuk review produk luar negeri Anda membutuhkan ilmu SEO agar bisa artikel Anda bisa ranking di google untuk pencarian kata kunci review produk tersebut. Anda juga bisa membuat video review dan upload video tersebut di youtube, sehingga Anda bisa mendapatkan pengunjung dan penjualan di YouTube, video YouTube juga lebih mudah untuk muncul di halaman 1.

Demikian beberapa panduan bisnis affiliasi yang bisa Anda praktekan, semoga bermanfaat. Baca juga cara menghasilkan uang lewat internet

Related Articles