Cara Membuat Google Form

Hampir semua orang sudah tau kan apa itu Google. Ya, mesin pencari terbesar dan terbesar di seluruh dunia ini sangat memudahkan kita untuk mencari dan mengunduh informasi dari belahan dunia tanpa batasan ruang dan waktu.

Tapi, sebagian dari kita hanya tau fungsi Google untuk mesin pencari, padahal saat ini Google punya banyak produk dan layanan seperti Google maps, Google spreadsheet, Google docs, Google translate, dll.

Salah satu produk Google yang akan di bahas adalah Google form.

Google form adalah salah satu bagian dari Google drive.

Google Form ini merupakan sebuah Formulir online yang dapat diakses di mana saja selama terdapat koneksi internet, jadi untuk mengisi sebuah formulir pendaftaran misalnya, kita tidak perlu mendownload kemudian mengirimkan formulir tersebut via pos dan sebagainya.

Bahkan jika kita membuat kuisioner secara manual biasanya kita akan menuliskannya di Microsoft word dan kemudian mencetaknya sejumlah yang dibutuhkan, tapi cara tersebut sangat tidak efisien dan menggunakan biaya yang tidak sedikit.

Hal tersebut akan lebih mudah jika kita menggunakan Google form ini, kita hanya perlu masuk ke akun gmail kita, membuka Google drive kemudian memilih Google form untuk membuat kuisioner dan menyebarkan link dari kuisioner tersebut.

Nah supaya lebih paham dan tau apa saja kegunaan dari Google Form kita langsung aja ke cara membuat google form ya.

  • Pertama yang perlu kamu lakukan adalah masuk ke akun googlemu dulu menggunakan gmail atau kalau pc atau laptop kamu sudah terhubung ke akun gmail kamu bisa langsung membuka google form lewat google.

  • Kalau kamu buka google form lewat gmail silahkan klik tanda kotak-kotak di pojok kanan dekat tanda bel ya, kamu klik dulu terus nanti bakal keluar menu seperti di gambar. Langsung kamu pilih “Drive” terus kamu klik new – more – pilih google form, tapi kalau kamu langsung buka di google dengan mengetikkan https://docs.google.com/forms kamu bisa langsung masuk kek halaman google form seperti di gambar 3 ya.

  • Setelah kamu masuk ke google form selanjutnya kamu bisa pilih jenis form apa yang mau kamu buat, disana udah disediain banyak pilihan loh. Kalian bisa pilih jenis-jenis form apa yang mau kamu buat di “template gallery” nah sedangkan “recent forms” itu nantinya bakal keisi form-form apa saja yang pernah kalian buat.

  • Setelah kamu klik template gallery kamu bisa pilih form apa yang kamu butuhkan.

 

Sebelumnya aku jelasin dulu ya beberapa template biar kalian gak bingung

Personal

Di bagian template personal terdiri dari contact information, find a time, RSVP, party invite, T-Shirt sign up, dan event registration

Contact information ini berisi form untuk mengisikan data pribadi seperti nama, email, nomor telefon,dll. Find a time bisa kamu gunakan untuk menentukan jadwal pertemuan dengan teman-teman berisi tempat pertemuan, jadwal kapan bisa bertemu, hal yang akan dibicarakan, dll.

Event RSVP ini berguna untuk mengetahui siapa dan berapa orang yang akan hadir pada acara yang kamu buat, isinya tentang pertanyaan apakah orang tersebut akan hadir atau tidak, dll.

Nah selanjutnya ada party invite, form ini isinya hampir sama dengan event RSVP ya, yang membedakan party invite ini isinya sekaligus undangannya sedangkan event RSVP isinya hanya menentukan berapa orang yang bisa hadir dari event yang udah di beritakan sebelumnya.

Oh iya, ada lagi yang Namanya event registration nah form ini isinya pendaftaran untuk hadir disuatu acara gitu, jadi 3 template form ini mirip-mirip ya.

Yang paling terakhir adalah T-Shirt sign up, jadi form ini berisi pemesanan untuk baju atau jaket dll, isinya nama dan size baju yang menjadi pilihan.

Work

Sesuai namanya, template form ini sudah pasti berisi hal-hal yang berkaitan sama pekerjaan ya.

isinya ada event feedback untuk memberikan pendapat bagaimana event yang diselenggarakan, order form untuk memesan sesuatu, job application atau bisa dibilang ini untuk melamar kerja ya jadi berisi biodata dan bagian apa yang ingin di tempati, time off request biasanya di gunakan untuk kamu yang mau ijin kerja nih formnya beisi alasan kenapa kamu akan cuti, work request ini isinya form untuk keluhan atau minta sesuatu demi kebutuhan kerjaan pastinya, dan yang terakhir itu customer feedback nah isinya tanggapan customer tentang produk atau jasa.

Education

Jadi di template education ini isinya sangat-sangat berguna untuk guru atau dosen-dosen yang mau kasih soal dan kuis untuk siswa dan mahasiswanya.

Jadi ada beberapa template juga sama seperti template personal dan work ya. Disini terdiri dari blank quiz yang format atau pertanyaan-pertayaannya bisa dibuat sendiri, yang kedua ada exit ticket bisa diisi soal yang kalau siswa atau mahasiswanya bisa mengerjakan mereka di bolehkan meninggalkan ruangan atau pulang duluan, yang ketiga adalah assessment dan keempat worksheet, keduanya hampir sama bisa kamu buka dan kamu lihat sendiri ya karena yang bedain cuma format urut-urutannya menurutku. Nah yang terakhir ada course evaluation yang pasti kita semua tau, yaitu form evaluasi untuk cara mengajar guru atau dosen biasanya.

 

Ada juga blank form ya, jadi blank form ini format formnya bisa kamu buat sesuai keinginanmu tanpa perlu ngikutin template yang ada. Jadi bisa dibuat sesuai kebutuhan. Dan template-template yang ada bisa kamu rubah, gak harus sama persis seperti template. Template yang ada cuma untuk mempermudah kamu untuk tau formatnya seperti apa jadi gak harus berpaku pada template ya.

  • Nah langkah selanjutnya setelah kamu memilih untuk membuat form apa dan selesai membuatnya yang perlu kamu lakukan adalah tekan “send” yang ada di pojok kanan.

  • Setelah tombol send ditekan maka akan muncul opsi bagaimana kamu akan menyebarkan form tersebut. Ada 3 opsi yang bisa kamu gunakan yaitu memberi tahu orang lain dengan mengirimkan email, mengcopy link form tersebut atau mengcopy embed HTML.

 

  • Jika sudah selesai dikirim atau di copy link nya maka form tadi sudah dapat digunakan saat link dibuka oleh orang lain
  • Di google form ini kamu juga bisa melihat respondennya dari form yang telah kamu buat, berapa orang yang telah mengisi dan apa jawaban mereka.

Semoga langkah-langkah yang ada bisa membantu kamu yang baru pertama kali membuat google form atau masih kebingungan apa sebenarnya kegunaan google form ya.

Google form sangat berguna untuk membantu berbagai macam pekerjaaan kita yang berhubungan dengan kuisioner atau pengisian data, bisa digunakan untuk mensurvei juga loh.

Jadi, gunakan google form sebaik-baiknya agar bisa mempermudah pekerjaan menjadi lebih efisien dan hemat biaya. semoga artikel ini bermanfaat, terimakasih.

Related Articles