Istilah SEO mungkin masih asing didengar oleh beberapa orang, dalam pembahasan ini akan dijelaskan tentang apa itu SEO. Secara garis besar SEO berhubungan dengan banyaknya pengunjung suatu website.

Jika anda membutuhkan banyak pengunjung untuk datang ke halaman website anda dalam jangka waktu yang panjang, maka anda harus memahami pengertian SEO. Dengan adanya banyak pengunjung yang datang ke website dapat memberikan banyak uang atau keuntungan bagi pemiliki website.

Apa itu SEO ?

SEO (Search Engine Optimization) merupakan suatu teknik atau cara yang digunakan untuk menaikkan atau meningkatkan sebuah ranking dari blog maupun website agar berada pada halaman 1 di mesin pencari.

Misalnya seperti pada Google, Bing, Yahoo untuk keyword atau kata kunci yang diinginkan oleh pengunjung. SEO ini merupakan sebuah strategi pemasaran secara online yang telah populer dalam dunia digital marketing.

Saat ini hampir semua orang ingin mencari informasi di internet, langkah awal mencari informasi adalah memasukkan kata kunci sesuai yang ingin dicari di mesin pencari, maka dengan adanya SEO dapat membantu anda dalam memasarkan halaman website anda agar berada di halaman pertama di mesin pencari.

Seperti contoh anda memiliki bisnis toko bunga, jika anda ingin website toko bunga anda berada pada halaman pertama ketika orang mencari kata kunci ‘toko bunga’ pada mesin pencari, maka anda bisa mennggunakan SEO.

Pada dasarnya, halaman pertama untuk hasil pencarian ini terbatas tempat pencarian ini merupakan SERP (Search Engine Result Page), hanya terdapat kurang lebih 10 tempat. Sedangkan pelaku bisnis di internet bukan hanya anda, tetapi banyak dan mereka ingin bisnis nya berada pada halaman 1 di hasil pencarian. Maka penerapan strategi SEO ini merupakan tekniknya.

Dasar SEO

  1. Title Tag

Title hampir sama dengan judul yang diberikan pada suatu artikel atau postingan namun berbeda, bedanya adalah title tag ini umumnya dibaca oleh mesin pencari atau search engine. Jadi ketika title tag dibuat sama dengan judul postingan, maka yang akan muncul pada mesin pencari sebagai title tag adalah judul artikel tersebut.

Jika title tag ingin dirubah bisa dengan plugin WordPress Seo jika anda pengguna WordPress.

  1. Heading

Merupakan sekumpulan kata yang menjadi sub-judul atau judul dalam suatu dokumen html. Heading disini berbeda dengan tag title yang telah dijelaskan pada nomor 1. Dalam html, tersedia enam tingkatan dari heading. Heading level 1 digunakan untuk judul postingan karena ukurannya terbesar, sedangkan heading level 6 di gunakan untuk anak isi postingan terkecil.

  1. On Page SEO

Bagi seorang pakar SEO istilah On Page SEO mungkin tidak asing lagi, namun bagi pemula dalam dunia seo pasti masih asing. Jadi On Page SEO merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk optimisasi halam website dengan cara menerapkan dasar keyword yang telah ditargetkan kedalam website tersebut.

Manfaat dari on page seo ini adalah situs atau website yang anda posting akan dinilai lebih relevan dari Google, dan jika halaman website anda terdapat hanya sedikit backlink maka dapat dipastikan mudah mendapat ranking 1 dari Google.

  1. URL

Uniform Resource Locator atau singkatan dari URL, merupakan suatu rangkaian karakter yang ditentukan dari format standar tertentu. Format ini digunakan unntuk menjunjukkan suber atau alamat seperti gambar atau dokumen yang ada di internet. Rangkaian huruf yang digabungkan untuk menjadi suatu link menuju situs atau halaman, URL ini akan berpengaruh pada Search Engine Optimization.

  1. Link to Authority Site

Merupakan suatu artikel atau postingan yang didalamnya disertai link atau alamat menuju situs yang telah dipercayai oleh google seperti facebook, yotube, wikipedia dan lain-lain. Anda dapay mengetahui Page Rank (PR) dari situs yang dipercaya oleh google dengan cara mengisntall Extensi WebRank dari browser.

Apa Fungsi SEO

Mengapa pelaku digital marketing harus memahami SEO ? karena seluruh pengunjung internet atau website awal datangnya dari pencarian di mesin pencari. Mesin pencari telah banyak memberikan banyak pengunjung pada sebuah website.

Berdasarkan data yang telah dipublikasikan oleh Google, kedudukan website telah menempati peringkat pertama hingga peringkat ketiga dan telah mendapatkan jumlah klik secara kumulatif sebanyak lebih dari 50%. Sedangkan untuk peringkat pertama telah mendapatkan lebih dari 20%.

Hal tersebut membuktikan bahwa SEO sangat penting bagi website anda, dengan adanya strategi SEO ini anda dapat meningkatkan pengunjung website anda hinngga puluhan ribu perhari nya. Tidak hanya itu, banyaknya pengunjung tersebut merupakan orang-orang yang sedang membutuhkan informasi dan juga ingin membeli suatu produk.

Jadi SEO merupakan suatu bagian dari inbound marketing yang saat ini telah menjadi teknik marketing yang modern pada era digital sekarang ini. inbound marketing adalah salah satu metode marketing yang tidak membutuhkan banyak biaya jika dibanding denga teknik pemasaran yang tradisional.

Keuntungan menggunakan SEO :

  • Dapat meningkatkan penjualan

Ketika suatu situs atau website menjual barang atau produk online seperti tokopedia yang menjual beberapa jenis barang seperti hp, laptop dan lainnya, maka jika tokopedia menerapkan SEO, nama situsnya akan berada paling atas atau rangking 1.

Sehingga ketika pengunjung mencari keyword misal “jual hp murah” situs tokopedia akan langsung ditemukan dan bisa mendapat 95% penjualan dari banyaknya pengunjung.

  • Dapat meningkatkan traffic

Karena banyaknya pengunjung yang datang pada situs atau blog yang berada pada halaman teratas di mesin pencari, maka otomatis akan mendatangkan banyak pengunjung yang juga disebut traffic.

Hal tersebut juga bergantung pada keyword atau kata kunci yang di targetkan dan juga dari bear kecilnya data yang dihasilkan dari pencarian Google.

  • Dapat Meningkatkan daya saing

Dalam dunia internet, banyak sekali pesaing yang memiliki konten atau isi website yang sama. Maka jika anda menggunakan SEO akan mendapatkan beberapa keuntungan.

Salah satunya adalah ketika posisi situs anda lebih tinggi atau paling tinggi di mesin pencari, maka otomatis daya saing dari situs anda juga lebih tinggi.

Tempat Belajar SEO

Bagi anda yang sedang proses belajar mendalami SEO atau ingin memiliki website yang menjadi rangking teratas di mesin pencari. Maka anda harus memahami pengetahuan dalam dunia SEO secara mendalam, karena persaingan dalam dunia bisnis juga semakin ketat.

Ada beberapa tempat belajar SEO yang cukup lengkap di internet. Beberapa hal yang anda dapatkan dari belajar SEO :

  • Memahami materi dasar untuk optimasi website
  • Anda dapat mempelajari white hat SEO dengan berbagai teknik yang diajarkan mulai dari Email Outreach, Skyscraper, The Moving Man Method, dan lain-lain.
  • Dapat mengupdate perkembangan SEO terbaru
  • Akan membahas mengenai teknik grey/blackhat dalam dunia SEO, anda dapat menemukan teknik-teknik baru seperti spun contents, redirect, mass follow account, 301 redirect dan lain-lain
  • Sharing ilmu dengan banyak orang tentang SEO, Adsense, toko online, Affiate,CPA dan lain-lain.

Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.