Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri

cara memasarkan produk ke luar negeri 2

Cara Memasarkan Produk Ke Luar Negeri – Jika ingin memasarkan produk ke luar negeri, hal pertama yang anda perlu ketahui adalah tata cara ekspor yang benar. Pengiriman barang secara regional tidak sama dengan pengiriman barang internasional sebab ini melibatkan negara yang berbeda. Proses ekspor memiliki beberapa kemiripan dengan pengiriman regional, yaitu dimulai dengan proses packaging dan stuffing ke container.

Hanya saja, pada ekspor ada sistem pengecekan dokumen kepabeanan yang mencakup data eksportir, data penerima barang, sarana pengangkut, negara tujuan, informasi barang, dsb. Jika dokumen tersebut disetujui oleh kantor bea cukai, pengiriman barang bisa dilakukan menuju negara bersangkutan. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan peraturan untuk barang yang dikirim sebab setiap barang punya aturan sendiri-sendiri. Jadi anda perlu mencari informasi terkait persyaratan dari produk yang ingin dikirim.

cara memasarkan produk ke luar negeri

Siapkan produk

Yang pertama harus dilakukan jika ingin melakukan ekspor adalah mempersiapkan produk. Buatlah produk yang punya nilai jual dan layak untuk diperjualbelikan lintas negara. Produk apa saja bisa. Asalkan ada permintaan dari luar, anda bisa mengirim produk tersebut kepada distributor di negara bersangkutan. Standar kualitas harap dijaga sebab anda akan bertransaksi dengan pihak yang berada jauh dari lokasi produksi.

Promosi

Mencari konsumen juga penting. Ini prosesnya sama seperti saat anda berjualan di dalam negeri. Setelah produk siap, anda biasanya akan langsung membuat toko online untuk mempromosikan barang dagangan. Nah, mengingat produk ini akan dijual kepada orang asing, maka harus ada beberapa penyesuaian soal promosi. Yang pertama, jika ingin memakai website untuk mencari konsumen, maka anda harus melakukan setting agar website lebih ramah terhadap pencarian lokal.

Misalnya seperti Google, kita tahu bahwa hasil pencarian setiap negara berbeda dan bahasa memegang peranan penting disini. Jika anda ingin memasarkan produk ke sebuah negara, maka anda perlu men-setting bahasa website ke bahasa lokal. Contohnya anda ingin memasarkan produk ke cina, anda perlu membuat website berbahasa cina. Pakailah jasa translator profesional agar bahasa pada website menjadi baku dan formal. Kemudian, authority website juga perlu ditingkatkan. Silakan pakai ilmu SEO untuk meningkatkan ranking website pada pencarian lokal. Selain SEO, periklanan berbayar juga bisa menjadi solusi.

Periklanan berbayar

Google Adwords merupakan salah satu jaringan periklanan terbesar yang sudah menjangkau berbagai negara di dunia. Jika negara bersangkutan sudah mendukung Adwords, anda bisa membuat iklan yang targetnya adalah masyarakat lokal. Setting bahasa, penentuan kata kunci, target negara, dll harap lebih diperhatikan. Kendala terbesar berpromosi lewat PPC adalah biayanya cukup besar. Tapi anda harus ingat bahwa segala biaya yang dikeluarkan saat promosi adalah investasi untuk kemajuan usaha. Jadi meskipun pengeluarkan membengkak karena promosi, itu seharusnya tidak menjadi masalah jika profit yang dihasilkan sepadan.

cara memasarkan produk ke luar negeri 2

Untuk Adwords, anda perlu membuat iklan yang benar-benar tertarget. Ini akan sangat membantu untuk meningkatkan nilai konversi. Selain Adwords, Facebook ads juga bisa menjadi alternatif. Facebook punya member dari seluruh penjuru dunia. Oleh karenanya, mencari konsumen di negara manapun tidak masalah asalkan anda berpromosi dengan tepat. FB ads juga menyediakan fitur filtrasi untuk menyaring traffic berdasarkan negara, jenis kelamin, usia, dll. Anda perlu lebih detil dalam men-setting iklan sebab itu akan sangat menentukan kesuksesan campaign.

Marketplace online

Banyak penjual juga berpromosi di ebay. eBay adalah marketplace untuk sekup internasional. Anda bisa menggelar barang dagangan disini. Jika ada deal, berikutnya anda hanya perlu melakukan pengiriman barang menuju lokasi buyer. Sekian info cara memasarkan produk ke luar negeri.

Related Articles