Cara Memasarkan Barang Dagangan Dengan Baik

Cara Memasarkan Barang Dagangan Dengan Baik 2

Cara Memasarkan Barang Dagangan Dengan Baik – Tugas seorang produsen setelah membuat sebuah produk adalah memasarkannya. Tidak mudah untuk menarik perhatian konsumen apalagi untuk produk yang baru dilepas ke pasaran. Tapi seiring waktu, produk pasti akan terdengar gaungnya dengan semakin banyaknya orang yang tahu. Lalu, bagaimana supaya orang tahu? Promosi adalah jawabannya. Ada berbagai macam trik promosi yang anda bisa terapkan untuk meningkatkan popularitas dari produk yang dijual.

Pemasaran di media sosial

Dulu banyak orang meremehkan kemampuan media sosial untuk berpromosi. Tapi siapa sangka perkembangannya sangat pesat seperti sekarang. Media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Orang-orang di sekitar anda kami yakin rata-rata sudah mengenal Facebook, Twitter, BBM, Instagram, dan yang lainnya. Itu tidak lepas dari perkembangan internet yang juga begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Cara Memasarkan Barang Dagangan Dengan Baik

Dengan begitu banyaknya pengguna media sosial di Tanah Air, berpromosi di jalur ini juga semakin efektif. Tidak peduli produk apa saja yang dihasilkan, anda bisa memakai media sosial untuk memperkenalkannya kepada khalayak. Akun media sosial bisa dikelola dengan mudah lewat Smartphone. Jika anda punya iPhone atau Smartphone Android, segera install aplikasi-aplikasi media sosial dan mulailah mencari follower. Dengan semakin banyak follower yang dimiliki, cakupan promosi juga akan menjadi lebih luas.

Adakan lomba

Anda mungkin sudah sering melihat lomba di internet yang hadiahnya sangat lumayan. Lomba-lomba seperti ini diadakan selain untuk mempromosikan produk dan layanan juga untuk meningkatkan reputasi website. Biasanya di dalam peraturan terdapat ketentuan bahwa peserta harus meninggalkan link menuju website advertiser / penyelenggara lomba.

Perlombaan seperti ini umumnya melibatkan para blogger. Jadi mereka akan diminta untuk melakukan review terhadap produk, jasa, perusahaan, atau apa saja. Blogger harus memposting artikel review di websitenya dengan backlink menuju website utama. Pemenang biasanya ditentukan berdasarkan ranking di mesin pencari. Contohnya, artikel review yang berhasil nangkring di halaman utama Google untuk waktu yang sudah ditetapkan akan menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah.

Bagi produk gratis

Memberikan produk gratis juga efektif untuk meningkatkan awareness. Misalnya jika anda baru me-launching usaha sepatu baru. Tidak ada salahnya untuk memberikan giveaway sebanyak 5-10 pasang kepada member yang tercepat mendaftar. Kebanyakan dari kita suka dengan produk gratisan. Jangan takut rugi karena potensi konsumen jauh lebih penting. Kemudian, anda juga bisa memberikan diskon untuk pembelian di waktu-waktu tertentu, misalnya menjelang lebaran atau tahun baru. Program diskon sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Atau berikan diskon kepada konsumen setia yang sudah sering melakukan pembelian produk pada anda.

Cara Memasarkan Barang Dagangan Dengan Baik 2

Manfaatkan media cetak dan elektronik

Jika usaha yang dijalankan adalah skala rumahan, anda bisa berpromosi di radio lokal atau dengan brosur. Berpromosi di radio memang jangkauannya tidak seluas promosi di TV nasional, tapi paling tidak produk anda tetap akan mendapatkan perhatian. Dari segi harga juga relatif lebih terjangkau dibandingkan iklan TV yang per-slotnya bisa dihargai puluhan juta rupiah. Alternatif lain yang juga murah adalah brosur. Brosur bisa dibuat sederhana atau warna-warni. Sesuaikan saja dengan modal yang dimiliki. Kalau punya modal lebih, buatlah brosur yang colorful dengan kerta yang lebih tebal. Tapi jika modal terbatas, anda bisa membuatnya hitam putih. Sebarkan brosur di keramaian, seperti perkantoran atau kampus.

Terima dropshipping

The power of dropshipping tidak bisa diremehkan. Bekerja dengan dropshipper seperti menjadi bos di bisnis MLM. Anda hanya perlu menyediakan produk, biarkan dropshipper membantu mencarikan konsumen. Tentu harus ada imbalan komisi untuk setiap produk yang berhasil dijual. Tidak masalah berbagi-bagi rejeki, asalkan penjualan tetap lancar. Itu tadi cara memasarkan barang dagangan dengan baik.

Related Articles