Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan – Bisnis properti tidak harus diawali dengan modal besar. Anda bisa memulainya dengan modal kecil. Salah satu peluang di bisnis properti yang tidak membutuhkan modal besar adalah menjadi makelar. Seperti namanya, tugas dari seorang makelar adalah untuk menjadi perantara antara pembeli dan penjual. Setiap hari ada banyak properti yang diperjual-belikan. Hanya saja menemukan kesepakatan soal harga yang cocok terkadang sulit. Jika anda ingin mengais rupiah dari bisnis ini, cobalah untuk menjadi makelar. Cari informasi rumah dijual di sekitar anda, kemudian bantu carikan pembeli.

Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan

Orang yang ingin menjual rumahnya biasanya aktif menawarkan rumah tersebut dengan beriklan di koran, marketplace online, atau memasang plang.

Jadi jika misalnya ada tanah, rumah, atau kos di sekitar tempat tinggal anda yang punya plang ‘dijual’ di depannya, maka anda perlu segera mengontak sang pemilik.

Jangan sampai keduluan makelar lain sebab properti apalagi yang bertempat di lokasi yang strategis biasanya menjadi incaran banyak orang. Pada plang biasanya tertera nomor telepon yang bisa dihubungi. Akan lebih baik lagi jika anda sudah memiliki calon pembeli sebab proses negosiasi bisa dipercepat.

Baca Juga : Strategi Memulai Bisnis Properti

Jika ternyata klien anda tertarik untuk membeli properti tersebut, anda akan kecipratan komisi. Lalu, berapa besaran komisi yang bisa didapatkan? Jika anda adalah makelar tradisional, penentuan komisi bisa lebih fleksibel.

Tapi rata-rata komisi untuk penjualan properti adalah sebesar 2,5%. Nilai tersebut bisa naik hingga 5% tergantung dari nilai properti yang dijual. Sementara untuk makelar yang broker yang resmi, biasanya mereka sudah punya perhitungan sendiri soal fee penjualan. Nilainya hampir sama, yaitu sekitar 2,5%. Tapi angka tersebut bisa naik menjadi 3% jika harga properti yang ditransaksikan berada di bawah 1 miliar.

[thrive_leads id=’973′]

Bagaimana, besar bukan komisi penjualan properti? Menjadi makelar yang handal tidak perlu modal besar. Yang diperlukan adalah kesigapan dalam mencari informasi properti yang dijual. Perlu diingat bahwa anda harus bersaing dengan banyak makelar lainnya. Jadi untuk mencari peluang tersebut, perlu upaya yang serius.

Broker properti bukanlah profesi yang mengikat. Anda bisa bekerja kapan saja, tidak seperti karyawan kantoran yang harus bekerja mulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.

Meski punya fleksibilitas soal waktu, tapi agen profesional biasanya lebih ketat soal urusan waktu. Agen yang bekerja secara tim dan mendirikan perusahaan tetap memberlakukan jam kerja sebab ada banyak hal yang mereka harus lakukan.

Cara Bisnis Properti Kecil Kecilan 2

Sekarang tinggal anda saja, ingin bekerja secara individual atau mendirikan perusahaan. Menjadi agen tidak harus langsung dengan membuka perusahaan. Akan lebih baik jika anda memulainya secara personal untuk menambah wawasan.

Pelajari dulu bagaimana cara mencari informasi properti dijual secara realtime agar anda bisa lebih cepat menjualkannya ketimbang broker lain. Kemudian, anda juga perlu menentukan target konsumen. Di kota-kota besar sangat mudah ditemui agen properti.

Baca Juga : Ini Cara Berbisnis Tanpa Modal !

Tapi tidak ada salahnya juga untuk memulai usaha tersebut dari daerah yang lebih kecil. Persaingan di kota kecil relatif lebih minim, jadi peluang untuk meningkatkan profit semakin besar.

Mendapatkan info perumahan dijual tidak harus dengan keliling mencarinya. Terkadang penjual merasa lebih nyaman menjual properti tanpa gembar-gembor. Jadi bukannya memasang plang di tanah atau rumah yang ingin dijual, mereka lebih memilih untuk mengontak kenalan yang bekerja sebagai makelar.

Nah, jika anda diberikan kepercayaan secara langsung oleh penjual, coba tawarkan kepada klien yang pernah diajak bertransaksi. Seiring waktu, anda akan tahu mana klien yang secara konstan mencari properti untuk dibisniskan. Anda bisa menawarkan properti tersebut kepada mereka. Itu tadi cara bisnis properti kecil-kecilan.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.