11 Cara Bisnis di Instagram Untuk Pemula Yang Menguntungkan!

cara bisnis di instagram

Cara Bisnis Di Instagram – Saat ini, dunia teknologi mengalami perubahan yang sangat pesat. Perubahan ini membawa dampak positif bagi masyarakat. Salah satu dampak itu adalah kemudahan dalam urusan komunikasi dan juga urusan bisnis. Saat ini mungkin sulit untuk menjumlah berapa banyak orang menjalankan bisnis yang berbasis pada penggunaan alat-alat teknologi. Salah satu yang paling trend saat ini adalah bisnis online yang bisa ditemukan pada website seperti tokopedia, bukalapak,  Lazada juga bisnis melalu instagram. Tujuan artikel kali ini akan membagikan cara mengelolah bisnis di instagram. Jika Anda punya handphone dan berminat, silahkan ikuti caranya berikut

Setiap produk teknologi yang dimanfaatkan untuk kegiatan usaha pasti masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. mislnya saja, bisnis di instagram, memang tidak semua bisnis cocok dengan Instagram, mengapa? Ini karena fokus social media satu ini memang ke foto dan video, meski terdapat teks yang bisa disisipkan hashtag pula. Berikut beberapa bisnis yang cocok dengan Instagram, seperti Industri yang fokus pada pelayanan, seperti hospitality, hiburan, makanan dan minuman. fashion Desain. Saat ini instagram banyak dipakai banyak orang berjualan produk, selain dibantu media sosial lainnya.

cara bisnis di instagram

Dari beberapa item diatas yang bisa dipasarkan melalui media instagram. Jika ingin bisnis instagram ini bisa berjalan dengan baik, maka sebaiknya ikuti  beberapa metode marketing yang bisa Anda lakukan di Instagram untuk bisnis Anda, semua itu dilakukan tujuannya hanya satu untuk menarik perhatian para IG-ers.

11 Cara Bisnis di Instagram Untuk Pemula Yang Menguntungkan!

Pahami cara berbisnis melalui Instagram.

Dimana-mana, jika ingin mengelolah usaha pasti yang pertama disartankan adalah memahami lebih dulu apa yang akan kita kerjakan. Contohnya, Bisnis di instagram ini. Banyak orang telah memanfaatkan Instagram untuk melakukan kegiatan bisnis. Oleh karena itu, Instagram pun mulai membangun sebuah blog mengenai cara berbisnis melalui instagram. Isinya berupa berbagai macam tips bisnis, info seputar brand, dan berbagai berita lainnya mengenai Instagram bisnis. Dengan membaca blog tersebut, Anda akan mengetahui cara sukses menggunakan Instagram untuk bisnis. Lebih banyak belajar makin bagus untuk perkembangan usaha di Instagram.

cara bisnis di instagram

Tampilkan Gambar yang Bisa Menarik Perhatian

Cara bisnis di instagram yang harus diperhatikan adalah gambar. Namanya bisnis dunia maya, Peminat hanya bisa mengaksesnya dengan hanya melihat gambar, maka modal utama agar barang jualan bisa laku yah gambar yang ditampilkan harus menarik. Itu kuncinya. Daya tarik dari Instagram sejak awal adalah foto-foto yang dihadirkan oleh penggunanya. Pengguna berlomba-lomba mengunggah foto-foto menarik dibalut filter-filter klasik yang disajikan oleh Instagram.

cara bisnis di instagram

Tidak harus menggunakan filter-filter tersebut karena menurut statistik brand yang menggunakan filter dan tidak ada pada angka 50:50. Namun yang pasti, agar menarik perhatian audience tentu saja Anda harus menampilkan foto yang menarik minat! Itu pasti, karena audience di sini memang mencari foto. Nah, kalau sudah menarik minat lewat foto, Anda bisa melakukan serangan selanjutnya.

Berikan Deskripsi Profil Instagram Anda dengan Se-detail mungkin

Cara bisnis di instagram berikutnya adalah profil akun. Selain gambar yang harus jelas dan menarik, modal kedua untuk mengait pelanggan adalah bahas atau deskripsi profil media instagram. Sama seperti platform social media lainnya, Anda harus memberikan informasi yang spesifik pada profil Instagram bisnis Anda. Lengkapi profil Anda dengan informasi bisnis yang mungkin dibutuhkan oleh konsumen.

Anda juga bisa menambahkan call to action berupa link yang mengarah pada halaman bisnis Anda. Disarankan Anda fokus pada satu produk usaha saja sehingga bisa mengelolah secara profesional. Banyak juga sebenarnya bagus untuk memperluas peluang mendapatkan keuntungan tapi kalau tidak bisa dikelolah dengan baik bisa-bisa terbengkalai.

cara bisnis di instagram

Gunakan Pemakaian Hashtag

Cara bisnis di instagram berikutnya adalah memanfaatkan hashtag. Sebagaimana social media Twitter, penggunaan hashtag menjadi sesuatu yang penting di Instagram selain foto itu sendiri. Hashtag pada Twitter berfungsi sebagai kategori, seperti halnya #Twitter. Anda bisa menggunakannya untuk memberi label produk Anda, produk khusus Anda ataupun kata-kata dan frase yang Anda buat sendiri. Bahkan, tahukah Anda bahwa hashtag yang dibuat sendiri tersebut akhirnya dipakai oleh pengguna Instagram lainnya. Sedikit tips: gunakan hashtag yang bisa dipakai oleh siapapun. Sebagai contoh: Red Bull memakai hashtag #GivesYouWings. Frase dalam hashtag tersebut bisa cocok dengan foto lainnya. Nah, apalagi kalau Anda melancarkan “peluru hashtag” tersebut lewat kontes.

Tampilkan Foto Pekerja Anda

Cara bisnis di instagram berikutnya adalah foto team. Cara sukses menggunakan instagram untuk bisnis yang berikutnya adalah dengan menunjukan kegiatan yang sedang dilakukan oleh karyawan Anda. Selain bertujuan untuk memperlihatkan behind the scenes bisnis Anda, cara ini juga bisa memberikan keyakinan pada konsumen bahwa bisnis Anda dilakukan dengan proses yang baik. Ini merupakan salah satu daya tarik tersendiri kepada para konsumen, jika dibandingkan yang tampil hanya gambar produk saja. Makin banyak gambar pegawai anda dengan pembeli saat sedang bertransaksi makin bagus untuk menarik perhatian pembeli yang lain.

cara bisnis di instagram

Tampilkan Postingan Dengan Kualitas yang bagus

Cara bisnis di instagram berikutnya adalah selalu berikan konten yang berkualitas. Ingin mengetahui kualitas dari setiap postingan yang Anda unggah pada Instagram bisnis? Anda bisa menggunakan beberapa Instagram analytics tools seperti Iconosquare dan SimplyMeasured yang bisa memberikan informasi secara detail mengenai jumlah like dan comment. Bahkan Anda juga bisa mengetahui postingan seperti apa yang paling diminati.

Folback Follower

Sangat disayangkan, banyak brand yang tidak mem-follow balik follower mereka di Instagram. Bahkan status “0 following” dianggap sebagai profesionalitas suatu brand. Padahal dengan melakukannya maka Anda dapat mengetahui postingan seperti apa yang paling disenangi oleh mereka dan hal ini juga bisa menjadi semacam reward untuk mereka karena telah mem-follow akun Instagram bisnis Anda.

cara bisnis di instagram

Buat Kontes

Cara bisnis di instagram berikutnya adalah buat kontes. Salah satu cara terbaik dan populer di Instagram guna memperkenalkan atau meningkatkan brand awareness produk Anda adalah lewat kontes. Anda bisa mengajak baik customer Anda maupun calon customer. Seperti yang sudah disinggung mengenai hashtag, nah biasanya kontes ini membidik hashtag yang dia ciptakan tersebut. Untuk apa? Dengan penggunaan hashtag ini, pengguna lainnya tentu menjadi penasaran dan akan menelusuri tentang hashtag tersebut–hingga akhirnya didapati bahwa brand Anda-lah yang sedang mengadakannya.

Promosikan juga melalui Facebook dan medi sosial lainnya

Agar memperoleh jumlah audience yang lebih luas maka integrasikan akun Facebook dengan Instagram. Ketika Anda memposting sebuah video di Instagram, bagikan pula melalui facebook karena facebook memiliki 818 juta pengguna aktif di seluruh dunia, sedangkan instagram hanya 130 juta pengguna. Bisa Anda hitung berapa penambahan jumlah audience-nya kan. Sedikit tips: Manfaatkan fitur tagging. Ya, di Instagram terdapat fitur tagging seperti halnya #Facebook. Dengan fitur ini, pengguna Instagram bisa melakukan tag pada foto yang dia posting. Setelah itu? Ketika Anda membuat kontes, Anda bisa mendorong pada IG-ers yang mengikuti kontes Anda untuk melakukan tagging ke teman-temannya.

cara bisnis di instagram

Ya, apalagi yang bisa Anda lakukan di Instagram untuk bisnis Anda? Mendapatkan perhatian di antara 200 juta pengguna Instagram tentunya bukan hal yang mudah pula. Hal ini juga tidak hanya soal mendapatkan banyak follower dan likes. Anda tidak sedang hanya menjadi seleb-gram (sebutan untuk para “artis” di Instagram), bukan? Tetapi lebih dari itu, Anda sedang memasarkan bisnis Anda dan menghasilkan konversi. Jadi, apa lagi yang dibutuhkan? Berikut beberapa tipsnya:

Pesan Singkat dan Jelas Namun Menarik Perhatian

Sebagaimana telah disinggung tentang penggunaan hashtag, Anda bisa berfokus pada penggunaan hashtag aneh dan spesial untuk menarik perhatian. Tahukah Anda bahwa biasanya follower senang untuk melibatkan diri apabila melihat orang lain juga tertarik pada hal sama. Menjadi viral marketing, bukan?

cara bisnis di instagram

Customer Jadi Pusat Perhatian

Setelah Anda menarik perhatian pada produk / jasa Anda maka sekarang saatnya untuk jadikan customer sebagai pusat perhatian. Customer senang untuk diberi apreasiasi. Caranya? Anda bisa mengajak mereka untuk mengirimkan gambar dimana terdapat produk Anda di situ. Tahukah Anda dengan cara ini Anda bisa semakin memperdalam ikatan antara brand Anda dan customer.

Kira-kira seperti itulah beberapa cara mengelolah bisnis di Instagram yang bisa dipakai. Jika Anda memiliki aplikasi instagram dan mau mengerjakan usaha ini, jangan lupa menikuti trik diatas. Semoga artikel kali ini membantu anda khususnya yang ingin mengelolah bisnis melalui akun instagram. Selamat berbisnis. Baca juga bisnis online untuk pemula

Related Articles

Cara Menjual Barang Di Lazada!

Cara Menjual Barang di Lazada – Pada kesempatan ini saya akan lebih menjelaskan tentang bagaimana Cara Anda bisa menjual barang di Lazada sebagai Partner Lazada yaitu…