Cara berbisnis tiket pesawat – banyak sekali jenis usaha yang bisa dijalankan dirumah. Anda bisa memulai belajar bisnis tiket pesawat yang merupakan usaha yang menyediakan tiket pesawat bagi para konsumen yang dijalankan menggunakan sistem kerja sama antara pihak maskapai dengan dilakukan via online. Bisnis tersebut dinilai sangat potensial dijalankan karena antara pengeluaran dengan pemasukan telah diprediksi dapat menguntungkan.

Berikut ini Cara berbisnis tiket pesawat yang bisa dilakukan :

Buatlah Sistem dan Manajemen Perusahaan

Dalam menjalankan usaha, tentunya membutuhkan sebuah sistem serta manajemen perusahaan. Guna membuat kedua komponen tersebut, Anda dapat mulai melakukannya yakni dengan menentukan berapa jumlah karyawan yang menurut anda ideal yakni 3 orang.

Kemudian tiga orang tersebut nantinya dapat Anda tempatkan sebagai reservasi (2 orang) yang bertugas untuk melayani calon pembeli, dan 1 orang sebagai operasional usaha.

Sedangkan bagian operasional sendiri akan berkewajiban melakukan tugas keagenan misalnya mengantar tiket pada pembeli, dan membeli tiket fisik pada maskapai ataupun mengantar setoran pada maskapai.

Selain itu untuk manajemen perusahaan anda juga harus melakukan pembekalan karyawan.

Pembekalan yang harus anda berikan pada karyawan ialah masalah “connecting” yakni istilah dalam bidang penerbangan yang berkaitan dengan jadwal penerbangan pesawat, maskapai yang dipakai, waktu keberangkatan serta lain sebagainya.

Anda juga harus menyiapkan beberapa perangkat yang bisa mendukung usaha ini. Beberapa perangkat pada bisnis ini ialah Instalasi internet (modem dan server), printer, dan 2 unit komputer, hingga software gratis yang telah diberikan maskapai (terkecuali Garuda), sekaligus peralatan kantor umumnya misalnya meja dan juga kursi.

Lakukan Strategi Pemasaran yang Efektif.

Agar sukses dalam usaha ini Anda harus menerapkan metode pemasaran yang lebih efektif. Dalam bisnis ini terdapat beberapa strategi pemasaran yang sangat efektif yang dapat di jalankan. Salah satunya ialah beriklan pada Yellow Pages.

Dengan Iklan di media tersebut, sudah terbukti sangat efektif karena iklan disini telah mencakup pembaca sangat luas. Sedangkan biaya beriklan pada Yelow Pages juga tergantung dengan lokasi iklan yang di pilih. Secara keseluruhan biaya iklan media ini kira-kira antara 900 ribu hingga 1,4 juta yang ukuran kolomnya 10 x 10 cm.

Cara selanjutnya Anda dapat menjalankan promosi serta pemasaran ini yang caranya menyebarkan brosur pada daerah yang potensial.

Sebab bisnis ini cukup banyak sehingga bersaing ketat ini membuat Anda harus lebih baik strateginya salah satunya dengan memberikan harga promo ataupun diskon agar bisa menarik konsumen pembeli tiket pesawat Anda.

Untuk strategi pemasaran lain dapat Anda lakukan melalui jalur online. Penggunaan sistem online sekarang ini sangat pesat, sehingga Anda juga bisa memanfaatkan moment ini dengan menjalankan bisnis ini melalui beberapa media.

Diantaranya ialah dengan blog, website dan juga jaringan sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, dan juga Instagram. Bila Anda mempunyai uang yang lebih, maka bisa menjalankan semua strategi tadi. Namun bila Anda hanya memiliki uang terbatas, maka pilihlah salah satu metode pemasaran saja yang sesuai terhadap usaha maupun budget Anda.

Mekanisme Bisnis Agen Tiket Pesawat.

Guna memulai usaha tiket pesawat Anda dapat menjalankan berbagai cara. Strategi pertama, Anda bisa memulai bekerjasama sebagai mitra waralaba dan penyedia tiket pesawat maupun biro perjalanan.

Metode ini terbilang mudah dilakukan karena hanya tinggal ikut prosedur menjalin kerjasama bersama pihak waralaba.

Anda hanya menyediakan lokasi usaha serta seperangkat peralatan operasional diantaranya komputer, printer, koneksi internet serta jaringan telepon. Dengan semua itu anda bisa menjadi seorang agen tiket pesawat.

Tak hanya itu saja, ketika menjalankan bisnis ini, Anda akan dibantu serta dipandu tim waralaba dari agen tiket pesawat dan seluruh sistem operasional bisnis anda.

Jika Anda kurang berminat untuk menjalin kemitraan waralaba, Anda dapat menjalankan bisnis secara mandiri. Tetapi untuk menjalankan usaha secara mandiri, Anda harus menjadikan bisnis tersebut berbadan hukum yang berbentuk perseroan terbatas (PT) sekaligus mempunyai sertifikat sebagai bukti keanggotaan ASITA atau Asosiasi Pariwisata Indonesia.

Cara berbisnis tiket pesawat tersebut bisa dimulai jika anda sudah memenuhi syarat tersebut.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.