Cara Berbisnis Sayuran

cara berbisnis sayuran

Cara Berbisnis Sayuran – Salah satu bisnis yang sangat banyak peminatnya dan tidak akan pernah habis permintaan akan kebutuhannya adalah bisnis sayuran. Seperti kita ketahui manusia membutuhkan sayuran setiap hari untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, sehingga berbisnis sayuran adalah salah satu bisnis yang menggiurkan yang layak kita lirik. Tidak hanya untuk konsumsi rumahan, bisnis sayuran juga bisa memberikan potensi besar seperti pesanan rutin restoran-restoran besar, hotel-hotel dan para pengusaha catering.

Berbisnis sayuran bukan berarti harus menanam sayur sendiri dan merawatnya sampai waktu panen, namun bisa saja dilakukan dengan membeli sayur langsung pada pemilik kebun dan dibawa di kota menggunakan angkutan untuk di jual di kota-kota besar. Karena di kota-kota besar kecenderungan untuk mendapatkan lahan kebun sangatlah kurang, sehingga kebanyakan penduduk hanya akan membeli sayuran daripada harus berpikir untuk menanam sendiri di halaman rumah. Berikut akan kami bahas sedikir mengenai cara berbisnis sayuran.

cara berbisnis sayuran

Mencari pemilik sayuran tangan pertama

Hal pertama cara berbisnis sayuran yang harus kita lakukan adalah dengan mencari pemilik kebun sayur di daerah-daerah sekitar tempat kita tinggal. Jika kita tinggal di daerah perkotaan, kita perlu melihat ke daerah jauh dari perkotaan untuk menemukan kebun-kebun sayur yang sangat produktif. Jika kita menemukan kebun-kebun sayuran tersebut jauh dari kota, maka kita membutuhkan angkutan untuk bisa mengangkut sayuran yang kita beli setiap hari, atau jika memungkinkan pemilik kebun memiliki angkutan sendiri untuk mengangkut sayuran yang kita pesan. Pastikan untuk mendapatkan harga yang terjangkau sehingga bisa kita jual lagi di perkotaan dengan harga normal atau harga rata-rata di pasaran.

Memiliki kemampuan bersaing

Sayuran adalah kebutuhan pokok yang akan selalu banyak pembelinya setiap hari, dengan begitu juga akan ada sangat banyak penjual sayuran yang ada di kota tempat kita akan berjualan, sehingga sangat penting untuk kita memiliki daya saing yang kuat, misalnya saja dengan teknik promosi tertentu, atau dengan menjaga tempat jual sayur kita agar tetap bersih dan higienis, sehingga orang-orang yang akan berbelanja merasa nyaman untuk membeli sayuran yang kita tawarkan. Tidak lupa juga untuk selalu menjaga kualitas sayuran dan dipastikan untuk selalu memberikan sayuran segar dan bermutu setiap harinya.

cara berbisnis sayuran

Mencari lokasi strategi

Jika Anda tinggal diperkotaan lokasi penjualan sayur tidak selamanya dilakukan di pasaran, biasanya penjualan sayur di tempat-tempat yang kita tidak duga, misalnya di taman-taman tempat banyak orang melakukan aktivitas pagi hari, di pinggiran jalan ramai, atau bahkan di gang-gang sempit padat penduduk. Pemilihan lokasi yang strategis adalah salah satu cara berbisnis sayuran yang harus Anda lakukan

Mendatangi pembeli

Jika selama ini pembeli yang mendatangi tempat penjualan sayur di pasaran, maka tidak ada salahnya Anda menjadi pebisnis sayuran yang mendatangi pembeli, caranya bisa dari menggunakan motor ataupun mobil pickup yang siap membawa sayuran ke kompleks-kompleks perumahan, yang kemungkinan besar penghuni perumahan apalagi perumahan elit sangat ingin memiliki kepraktisan dalam setiap urusan. Bandingkan dengan pergi sendiri ke pasar, dan berdesakan mencari sayuran yang di butuhkan tentu akan jauh lebih praktis, jika sayuran yang akan dibeli datang kerumah-rumah, ini merupakan salah satu cara berbisnis sayuran yang sangat menguntungkan dan merupakan peluang bisnis yang baik bagi Anda.

Demikian beberapa tips cara berbisnis sayuran yang bisa dipraktekan, untuk tetap memiliki pelanggan tentu kebersihan dan kualitas sayur harus terus terjaga.

Related Articles