Panduan Bisnis Catering Agar Cepat Sukses!

panduan bisnis catering

Panduan Bisnis Catering Agar Cepat Sukses! – Bisnis catering adalah salah satu bisnis yang menjanjikan dan bisa menjadi sebuah sumber penghasilan yang besar, di kota-kota besar kita bisa lihat betapa pesatnya perkembangan dari bisnis catering hanya dalam waktu beberapa bulan perkembangan dari bisnis catering bisa sangat pesat.

Bisnis catering jika dikelola dengan baik dan profesional akan menghasilkan suatu bisnis yang bisa menjadi bisnis passive income, yaitu dengan memiliki karyawan tetap yang memasak makanan, mengantarkan pesanan, dan juga karyawan marketing dan customer service.

Meskipun terlihat mudah menjalankan bisnis catering membutuhkan strategi pemasaran yang tepat, agar bisnis catering bisa berjalan dengan baik dan bisa berkembang pesat. Selain strategi pemasaran manajemen dari bisnis ini juga perlu menjadi perhatian. Jika pesanan catering hanya beberapa orang saja atau mungkin beberapa porsi saja mungkin tidak begitu memerlukan perhatian.

panduan bisnis catering

Namun lain halnya dengan bisnis catering untuk acara pernikahan tentu membutuhkan penanganan yang serius agar bisa memberikan pelayanan yang baik juga masakan yang tidak mengecewakan. Artikel ini akan membahas sedikit tentang panduan bisnis catering yang menguntungkan.

Panduan bisnis catering agar cepat sukses

Menyiapkan modal bisnis catering

Seperti bisnis pada umumnya, bisnis catering juga memerlukan modal yang siap untuk diputar dalam bisnis ini. Untuk awal pembuatan bisnis, bisnis catering bisa saja dimulai dengan modal 2-5 juta saja. Penekanan modal bisa dilakukan apabila Anda memiliki keahlian dalam memasak, sehingga tidak membutuhkan lebih banyak bantuan dari juru masak lainnya, sehingga biaya merekrut juru masak bisa ditekan.

Selain dari modal untuk menyewa juru masak, modal lainnya adalah modal untuk alat-alat masak yang memadai dan profesional. Alat masak yang profesional dengan fitur yang baik akan membuat hasil masakan juga lebih baik dan cepat. Juga bisa menjaga kebersihan dan kesehatan dari masakan yang akan diproduksi.

Jika memungkinkan untuk menambah biaya alat masak akan jauh lebih baik, dan mempersiapkan beberapa juta rupiah untuk modal bahan masak.

cara bisnis catering

Mempersiapkan ruangan

Terlihat sepele namun mempersiapkan ruangan masak atau dapur agar lebih bersih dari rapi adalah hal yang sangat penting. Kemungkinan pelanggan akan melihat langsung pada dapur produksi dan tentu akan menurunkan minat beli ulang jika pelanggan melihat kondisi ruang masak yang berantakan atau terkesan jorok.

Jauh lebih penting dari hal tersebut adalah menjaga kebersihan dalam bisnis ini adalah hal yang harus dijaga dengan baik. Karena makanan yang bersih tentu akan membuat lebih banyak orang memilih bisnis catering kita, kekuatan promosi dari mulut ke mulut bisa menjadikan kekuatan promosi yang luar biasa, dan berdampak bagi perkembangan bisnis catering kita.

Mempersiapkan tenaga masak atau keahlian

Keahlian memasak sangatlah diperlukan saat membangun bisnis catering, bagi Anda yang berniat memulai bisnis catering dengan memasak masakan dengan tenaga sendiri. Memasak sendiri akan sangat baik dilakukan untuk awal-awal pembuatan bisnis ini, karena modal yang dibutuhkan tentu akan jauh lebih sedikit.

Namun bagi Anda yang memiliki kesiapan modal yang lebih banyak, merekrut ahli masak adalah cara terbaik untuk mebuat bisnis catering cepat berkembang pesat, karen kemungkinan variasi makanan dan kecepatan dalam memasak akan lebih meningkat.

Memperhatikan bahan masakan

Bahan masakan adalah salah satu hal yang harusnya menjadi perhatian, karena kualitas bahan masakan seperti sayuran, ikan, daging, dan rempah-rempah yang baik juga akan mempengaruhi rasa dari masakan catering kita. Pastikan untuk selalu menjaga kualitas dari bahan masakan ini agar pelanggan catering selalu merasa puas dengan rasa dari masakan catering kita.

panduan bisnis catering

Strategi promosi bisnis catering

Jika beberapa hal persiapan mengenai produksi telah dilakukan hal lain yang harus kuasai adalah, strategi promosi bisnis catering, strategi yang paling sederhana adalah dengan membuat branding yang terlihat jelas, misal jika kemasan makanan dalam kardus makanan, diusahakan menempelkan merek dan logo bisnis disana.

Atau jika bisnis catering digunakan di pesta pernikahan, sebisa mungkin untuk meminta izin memasang banner promosi di lokasi pesta tersebut. Tidak menutup kemungkinan ada orang yang tertarik menggunakan catering kita untuk pesta atau acara mereka lainnya.

Demikian panduan bisnis catering yang bisa kita perhatikan, untuk teknik promosi lainnya kita bisa memanfaatkan media internet, yaitu internet marketing menggunakan sosial media dan optimasi hasil pencarian google. Semoga bermanfaat, baca juga cara memulai bisnis di facebook

 

Related Articles