Cara Berbisnis Catering

cara berbisnis catering

Cara Berbisnis Catering – Salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati sampai kapanpun adalah bisnis kuliner atau bisnis makanan, dan salah satu jenisnya adalah bisnis catering, bisnis makanan ini tidak akan pernah mati karena manusia memiliki kebutuhan pokok salah satunya adalah makanan sehingga dimanapun dan kapanpun bisnis ini akan selalu memiliki banyak peminat baik yang skala kecil seperti warung makan kecil dan skala besar seperti bisnis catering untuk acara pernikahan dan lainnya.

Memulai bisnis catering sebenarnya tidak haruslah kita memiliki keahlian memasark, karena ada sangat banyak orang yang bisa masak dengan rasa yang tidak kalah dengan rumah makan kelas atas namun terkendala dengan modal produkuksi dan cara pemasarannya, disinilah kita bisa mengambil peluang ini mengeluarkan sejumlah uang untuk merekrut para ahli masak dan membut bisnis catering kita sendiri. Berikut kami jelaskan secara singkat cara berbisnis catering

cara berbisnis catering

Menyiapkan modal

Tentu yang paling awal kita siapkan adalah modal untuk memulai bisnis catering, modal ini bisa digunakan untuk membeli alat masak, bahan dan juga gaji dari ahli masak yang kita rekrut. Untuk modal alat masak tentu tidak akan selalu kita butuhkan, karena umur alat masak bisa panjang hingga bertahun-tahun, uang yang harus terus berputar adalah untuk gaji ahli masak dan juga bahan masakan.

Awal-awal merintis tentu modal akan sangat kita butuhkan, namun setelah kita mempunyai nama bisnis catering yang terpercaya kita tidak terlalu memusingkan modal, karena biasanya orang akan membayarkan semua biaya di depan secara full 100% sehingga uang itulah yang kita jadikan sebagai modal untuk bahan dan pembayaran pada karyawan ahli masak yang kita miliki.

tips bisnis catering

Jenis masakan

Memilih fokus jenis masakan juga sangat penting, ini bisa juga akan mempengaruhi kesiapan kita akan permintaan makanan tertentu dari pelanggan, misalnya permintaan untuk jenis makanan yang moderen, ataupun makanan yang tradisional yang mungkin tim catering kita belum pernah membuatnya dalam jumlah yang banyak. Sehingga menentukan jenis menu masakan untuk bisnis catering bisa dikatakan perlu Anda siapkan, agar bisnis catering Anda terlihat profesional karena sudah memiliki menu khusus dan keahlian dari tim adalah di menu-menu tersebut. Dengan cara ini juga pelanggan kita tidak akan bingung memilih menu apa yang akan ada di acara yang dia adakan.

Memilih lokasi

Lokasi bisnis catering adalah salah satu hal yang sangat berpengaruh bagi bisnis catering Anda, sebisa mungkin bisnis catering Anda tidak berada pada gang-gang yang sempit karena untuk akomodasi pengangkutan masakan dari dapur produksi ke lokasi pelanggan akan menjadi kendala, lokasi rumah juga harus bersih dan tertata rapi, tidak menutup kemungkinan pelanggan bisnis kita akan datang langsung mengunjungi rumah produksi kita, mungkin juga akan melihat langsung kedapur, tentu jika keadaan di rumah produksi begitu kotor akan membuat pelanggan berpikir lagi untuk mau menggunakan bisnis catering kita karena kebanyakan orang tentu akan mengutamakan kebersihan dari makanan.

Teknik Promosi

Untuk teknik promosi  yang bisa Anda coba dan masih kurang banyak orang melakukannya adalah dengan branding di internet, dan menargetkan kata kunci tertentu untuk lokal bisnis, karena kota-kota besar di Indonesia kecenderungan orang akan mencari informasi di internet sangatlah tinggi. Untuk itu akan sangat menguntungkan apabila seseorang mengetikan nama bisnis Anda di internet dan menemukan websute profil bisnis Anda yang sangat meyakinkan dan profesional. Anda bisa mulai membuat website profile bisnis Anda dan menargetkan kata kunci lokal bisnis di google. Misalnya saja jika Anda berada di depok, maka Anda bisa menargetkan kata kunci “catering yang bagus di depok”

Demikian cara berbisnis catering yang bisa Anda lakukan, semoga bermanfaat.

Related Articles