Cara Promosi Iklan di Instaram  Instagram diluncurkan pada tahun 2010 dan semakin hari kian mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media sosial yang merupakan saudara dari facebook ini berfokus pada platform photo and video sharing dan saat ini telah menjadi primadona banyak orang. Terbukti aplikasi instagram banyak di-install dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Bahkan menurut data yang dilansir oleh statista.com, saat ini pengguna aktif Instagram mencapai 500 juta di seluruh dunia. Artikel kali ini akan memberikan gambaran mengenai cara promosi iklan di instagram.

Kepopuleran Instagram juga merambah dengan subur di Indonesia, pada taun 2016 saja ada sekitar 22 juta orang Indonesia yang menjadi pengguna aktif instagram. Angka tersebut tentu saja akan terus bertambah seiring berjalannya waktu. Popularitas Instagram kini sudah mengalahkan Twitter. Dengan jumlah pengguna sebanyak ini, maka sudah sepatutnya bagi anda yang memilii brand atau bisnis online untuk memanfaatkannya sebagai sarana atau media yang sangat tepat untuk mempromosikan produk-produk anda sehingga omzet anda dan meningkatkan omset penjualan.

Memanfaatkan instagram sebagai media promosi produk anda secara online juga sama halnya dengan penggunaan media lainnya. Untuk meningkatkan omset penjualan, Anda tentu saja membutuhkan waktu dan proses agar produknya dikenal dan mendapat pelanggan setia. Terutama bagi anda yang masih pemula, anda harus paham benar tips dan strategi mengiklankan produk di instagram.

cara promosi iklan di instagram

Ada beberap tips dan startegi yang bisa anda terapkan sebagai cara promosi iklan di instagram.

Update dan Posting Produk Anda Secara Rutin

Cara promosi iklan di instagram yang pertama adalah rajin untuk update foto atau posting foto. Sama seperti media sosial lainnya, ciri dari instagram adalah lini masa (timeline)yang merupakan halaman untuk menampilkan postingantrbaru yang dapat dilihat oleh followers anda. Update-lah produk yang anda jual secara rutin agar followers mengetahui bahwa akun anda aktif dan mereka bisa terus melihat produyang anda jual sehingga ada kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli. Jikatidak update, maka followers akan lupa pada dagangan anda.

Untuk memudahkan pengelolaannya, update-lah gambar atau video produk di Instagram secara teratur. Anda bisa mem-posting gambar setiap dua kali sehari pada jam-jam. Dengan demikian followers akan mengetahui onlineop anda, siapa tahu mereka tertarik untuk membeli produk anda.

cara promosi iklan di instagram

Memposting Gambar dan Video Orinal dan Menarik

Cara promosi iklan di instagram berikutnya adalah menjaga kualitas foto yang bagus dan menarik. Foto atau video sangat menentukan dalam bisnis line, karena pelanggan tidak bisa menyentuh damelihat secara langsung produk anda maka foto menjadi andalan mea sat-satunya untuk menilai produk anda. oleh sebab itu, usahakanlah sebisa mungkin foto produk yang ditampilkan merupakan foto asli alias original hasil dari memotret produk yang sebenarnya. Hindari untuk mengupload foto dan video yang asal-asalan,

Gunakan Hashtag yang Spesifik

Hashtag memiliki peranan yang cukup besar dalam upaya mempromosikan produk di Instagram, perannya tak dapat disepelekan. Penggunaan hastag dapat  membantu followers yang sedang mencari suatu produk menemukan produk ada. Orang bisa tahu produk-produk yang kamu tawarkan dari hashtag yang kamu cantumkan pada saat mem-posting foto dan video. Anda harus memastikan bahwa hashtag yang diberikan merupakan kombinasi kata-kata yang populer dan relevan denga produk anda, misalnya: #jualbajumurah, #kemejacowok #lipstikbrandedoriginal dan sebagainya. Hindari penggunaan hashtag yang tidak hubungannya dengan produk.

cara promosi iklan di instagram

Posting di waktu yang tepat

Cara promosi iklan di instagram adalah waktu yang tepat dalam melakukan update foto. Waktu memposting juga harus kamu pertimbangkan, kapan waktu yang tepat untuk posting di Instagram? Mengupload foto dan video di Instagram perlu memikirkan waktu terbaik agar postingan anda mendapatkan perhatian dan respon yang tinggi dari followers. Siang hari antara jam 12.00-14.00 merupakan waktu yang bagus untuk menggunggah foto atau video online shop kamu. Sore hari sekitar jam 17.00 merupakan waktu yang sangat ramai dan bisa anda manfaatkan untuk meng-update foto produk. Selain itu, ada waktu terbaik untuk memperbarui posting-an produk anda adalah pada jam 06.00-09.00 dan antara jam 20.00 – 23.00 malam.

Waktu-waktu tersebut juga harus anda sesuaikan dengan hari kerja atau hari libur  karena hari juga menjadi faktor yang mempengaruhi waktu terbaik untuk posting di IG.

Gunakan Selebgram Untuk Endorse Produk

Media sosial saat ini juga bisa menjadikan seseorang terkenal layaknya selebritis, oleh karena itu orang yang memiliki followes dan terkenal di Instagram disebut Selebrgram. Para selebgram itu bisa saja orang biasa dan bukan artis beneran namun sangat populer di Instagram. Sebagai pemilik online shop, kamu bisa memanfaatkan selebgram tersebut untuk mempromosikan produk anda atau istilah kerennya endorse. Endorse produk lewat selebgram menjadi alternatif yang sering dimanfaatkan bukan hanya oleh online shop dengan skala kecil menengah tapi juga brand-brand besar yang sudah terkenal. Hal itu tentu saja bukan tanpa alasan, rekomendasi dari teman atau orang yang dipercayai menjadi faktor yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian.

cara promosi iklan di instagram

Lalu bagaimana caranya agar bisnis online anda bisa di-endorse oleh selebgram? Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan memanfaatkan situs SociaBuzz.com. Situs ini merupakan marketplace yang mempertemukan antara pebisnis online dengan para social media influencer seperti selebgram, vlogger, dan blogger. terdapat ribuan endorser yang siap bekerjasama dengan pebisnis online dan pemilik brand untuk melaksanakan social media endorsement yang tentunya bisa disesuaikan dengan budget yang tersedia.Anda tinggal daftar di SociaBuzz secara gratis dan bertemu dengan para endorser yang diinginkan.

Pasang iklan Instagram

Cara promosi iklan di instagram berikutnya adalah dengan mencoba melakukan promosi di instagram. Instagram juga menyediakan layanan iklan atau promosi. Anda bisa memasang iklan atau promosi yang menggunakan layanan ini. Iklan di Instagram tampilannya seperti postingan biasa namun ada keterangan ‘sponsored’ pada bagian atasnya. Agar dapat memasang iklan di Instagram, anda harus menggunakan fasilitas Facebook Business Manager (BM). Lewat fasilitas ini anda bisa menambahkan akun IG kamu dan mengatur format atau jenis iklan.

cara promosi iklan di instagram

Pemasangan iklan di Instagram ini sua tak asing lagi dilakukan online shop untuk meraih exposure yang tinggi dari pengguna IG dalam waktu yang relatif singkat. Jenis iklan yang ada di Instagram yaitu Click to Website, App Install, dan Video Views. Yang membedakan iklan IG dengan posting-an biasa yaitu adanya perintah ajakan (call to action) kepada pengguna IG untuk menekan tombol yang telah dipasang.

Berikan kemudahan pada pembeli

Salah satu kelebihan onne shop adalah kemudahan yang ditawarkan kepada pembelinya, hal ini pula yang menjadi alasan orang memilih sebuah online shop. Maka sebisa mungkin berikanlah kemudahan dan penawaan yang menarik kepada pembeli, misalnya, dengan cara memberikan promosi berupa diskon untuk pembelian item dalam jumlah tertentu. Potongan harga bagi pembeli yang memesan barang dalam jumlah banyak tentu harus anda berikan agar mereka sennag dan mau berbelanja di online shop anda lagi. Apalagi jika pembeli merupakan reseller yang ingin menjual kembali produk yang dibeli kepada orang lain.

Selain itu, ha lainnya yang patut anda lakukan adalah menawarkan free ongkir (ongkos kirim) untuk pembeli yang berada di wilayah tertentu. Pengembalian produk atau retur jika ada barang yang rusak atau barang yang dikirim tidak sesuai dengan permintaan juga harus anda permudah. Jika hal-hal tersebut anda permudah, maka pembeli pasti menjadi tertarik untuk memesan produk yang ditawarkan oleh online shop.

cara promosi iklan di instagram

Tampilkan testimoni dari pembeli yang puas

Cara promosi iklan di instagram berikutnya adalah, jangan lupa untuk menampilkan testimoni pembeli produk Anda. Pelayanan dan kemudahan yang anda beria tent saja akan memberikan feedback yang baik dari konsumen atau pembeli. Konsumen yang puas dengan layanan dan produk online shop anda merupakan satu nilai plus yang tak ternilai harganya. Kepuasan pelanggan harus anda jadikan prioritas dalam menjalankan bisnis apapun, termasuk bisnis online. Konsumen atau pembeli yang puas memiliki kemungkinan untuk menceritakan pengalamannya membeli yang dapat menjadi referensi bagi calon pembeli lainnya.

Umumnya, transaksi yang dilakukan antara pembeli dengan online shop dilakukan melalui aplikasi instant messaging seperti Line, WhatsApp, BlackBerry Messenger (BBM) atau via sms. Jika ada konsumen yang mengirimkan pesan melalui aplikasi chatting atau SMS terkait produk anda yang mereka bel, maka anda bisa men- screenshot percakapan tesebut, lalu mempostingnya hasil screenshot tersebut di Instagram anda sebagai testimoni dari pelanggan. Testimoni dari konsumen atau pembeli yang puas dan ditampilkan di akun online shop dapat meningkatkan kepercayaan dan menarik minat orang lain untuk membeli di online shop anda.

Demikianlah beberapa tips mempromosikan produk melalui instagram. Selamat mencoba, baca juga cara promosi iklan di facebook.

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.