Cara Promosi Ojek Online  Dengan semakin banyaknya rutinitas yang dijalani masyarakat, terutama masyarakat di kota-kota besar, ketepatan waktu dan kemudahan untuk mendapatkan alat transportasi menjadi hal utama dalam keseharian mereka. Wkaktu yang terbatas dan banyaknya hal yang harus diselesaikan dalam satu hari, membuat banyak orang tidak ingin membuang waktu terlalu banyak di jalan. Peluang itulah yang dilihat oleh berbagai ojek motor dan dimanfaatkan untuk menawarkan jasa ojek online.

Pengendara ojek tersebut tidak hanya berasal dari anggota ojek pangkalan saja, namun kini telah banyak juga pekerja kantoran maupun pengangguran yang menjadikan profesi ojek online sebagai pekerjaan sampingan. Seiring dengan berjalannya waktu, kini mulai bermunculan juga usaha-usaha jasa ojek online selain tiga jasa ojek online besar yang sudah sering ditemui yaitu Gojek, Grab dan Uber. Cara promosi ojek online yang baru tersebut juga tidak kalah kreatif jika dibandingkan dengan jasa-jasa ojek online lainnya.

Namun karena semakin banyaknya orang yang menawarkan usaha jasa ojek online mereka masing-masing, membuat persaingan ketat tidak terelakkan lagi. Hal ini membuat omzet usaha ojek online semakin menurun, selain itu juga pemasukan bagi pengendara pun ikut berkurang. Banyaknya persaingan tersebut dapat terjadi karena kemudahan untuk membuka usaha ojek online dan keuntungan besar yang mungkin didapatkan dari usaha tersebut.

Anda hanya membutuhkan satu aplikasi untuk ojek online yang dapat diunduh di smartphone dan merekrut pengendara ojek online sebanyak-banyaknya maka anda telah siap untuk memulai bisnis tersebut. Beberapa cara promosi ojek online yang ada di bawah ini mungkin dapat memberi anda inspirasi untuk dapat mengembangkan usaha serta mengatasi persaingan yang semakin ketat dalam bisnis ini.

promosi ojek online

7 Cara Promosi Ojek Online Yang Strategis

Terlepas dari maraknya kontroversi ojek online yang berselisih dengan jasa transportasi konvensional lainnya, banyak masyarakat yang mengaku puas setelah menggunakan jasa ojek online menjadi bukti bahwa jasa ini telah menjadi pilihan utama sebagai alat transportasi yang aman, nyaman dan dapat dipertanggung jawabkan. Hal itu lah yang membuat peluang bisnis jasa ojek online tersebut kini semakin terbuka lebar bagi anda yang ingin ikut terjun menjalani bisnis tersebut. Ketika usaha ojek online baru dibuka, tentunya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang jasa tersebut, disinilah peran promosi menjadi penting. Promosi dan strategi marketing dapat menentukan apakah usaha jasa ojek online tersebut akan dapat berkembang atau tidak. Beberapa tips mengenai cara promosi ojek online dibawah ini dapat menjadi referensi anda untuk melakukan kegiatan promosi yang sukses.

  1. Nongkrong Di Tempat Yang Ramai

Cara promosi ojek online ini termasuk cara yang sudah lama dan banyak digunakan untuk mempromosikan sebuah produk. Oleh sebab itu cara ini juga dapat anda gunakan untuk mempromosikan jasa ojek online yang anda miliki secara efektif. Ibaratnya seperti mencari ikan yang banyak dengan menceburkan diri ke kolam, berada di tempat ramai tentunya akan membuat banyak orang melihat anda dan anda dapat mempromosikan jasa ojek online anda ketika berada di tengah-tengah orang banyak.

promosi ojek online

Jika dilakukan secara rutin maka secara tidak langsung akan membuat banyak orang menjadi terbiasa melihat jasa ojek online anda dan mulai mencobanya. Terlebih lagi jika anda nongkrong di tempat-tempat perkantoran ramai seperti daerah perkantoran di Jakarta atau kota-kota besar lainnya, anda dapat langsung mempromosikan jasa ojek online anda kepada ratusan bahkan ribuan orang yang bekerja di daerah tersebut. Dimana orang yang bekerja adalah konsumen terbesar dari jasa ojek online.

  1. Menaruh Nomor HP Anda Pada Sepeda Motor

Cara promosi ojek online ini tergolong sangat muda dilakukan, anda hanya membutuhkan sebuah stiker atau skotlet yang sudah dituliskan dengan nomor HP anda kemudian tempelkan di salah satu bagian motor yang dapat jelas terlihat walaupun anda sedang berkendara. Dengan begitu maka akan banyak orang yang dapat melihat nomor anda dan menyimpannya jika suatu waktu membutuhkan jasa ojek online anda.

promosi ojek online

Selain nomor HP, anda juga dapat menuliskan nama jasa ojek online anda di bagian motor tersebut agar semakin banyak orang yang mengenali dan familiar dengan nama jasa anda. Namun pastikan juga untuk menaruh sticker atau skotlet tersebut pada bagian yang tidak mengganggu kelancaran anda berkendara, yang akan merugikan anda sendiri.

  1. Mendekati Penumpang

Yang dimaksud dengan mendekati penumpang disini bukan mendekati secara personal maupun percintaan, akan tetapi hal ini ditujukan agar dapat mempromosikan jasa ojek online tersebut. Cara promosi ojek online yang satu ini sangat mudah, hanya dengan melakukan pembicaraan dengan penumpang dan membuat penumpang puas dengan pelayanan anda, tidak menutup kemungkinan jika penumpang tersebut akan menjadi langganan jasa ojek online anda.

promosi ojek online

Anda dapat memberikan nomor anda kepada pelanggan agar dapat menghubungi anda dengan mudah jika suatu saat membutuhkan jasa anda tersebut. Selain itu ada manfaat lain jika anda menggunakan cara ini, yaitu anda dapat meminta kepada pelanggan yang merasa puas dengan layanan ojek online anda untuk memberitahukan atau merekomendasikan jasa anda tersebut kepada kerabat maupun teman-teman dekat mereka. Dengan begitu maka anda juga telah mendapatkan promosi secara gratis dari mulut ke mulut.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Cara promosi ojek online yang satu ini adalah cara yang paling modern dan banyak dilakukan oleh berbagai bisnis lainnya. Seiring dengan perkembangan teknologi dan juga semakin banyaknya masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan internet, membuat hal-hal yang berbau serba online kini banyak dijadikan pilihan. Mulai dari berbelanja online hingga pembayaran serba online.

promosi ojek online

Para pengguna internet tersebut juga menjadikan media sosial sebagai tempat favorit untuk mencari berita, mengobrol dengan teman bahkan menemukan teman baru. Dengan banyaknya aktifitasi di media sosial tersebut, anda dapat memanfaatkannya untuk mempromosikan jasa ojek online anda. Selain akan banyak dilihat oleh berbagai orang, anda juga dapat berkomunikasi secara langsung dengan calon-calon pengguna jasa ojek online anda.

  1. Bagikan Brosur

Cara ini memang termasuk cara yang konvensional, akan tetapi terkadang masih terbukti berhasil juga untuk menarik minat masyarakat. Namun perlu diperhatikan bahwa brosur yang anda buat tersebut harus terlihat menarik, profesional dan dilengkapi dengan penjelasan yang jelas serta tidak bertele-tele. Karena cara promosi ojek online yang satu ini juga akan menunjukkan kredibilitas anda kepada calon pengguna ojek online anda.

promosi ojek online

Informasi yang dapat anda cantumkan adalah seperti nama, jasa yang ditawarkan, nomor yang bisa dihubungi, dan juga jangkauan jasa ojek online anda. Kemudian setelah brosur anda telah siap maka anda dapat membagikan brosur ini di tempat keramaian dimana banyak orang berkumpul seperti mall, kampus atau sekolah dan juga kepada para pejalan kaki.

  1. Pasang Spanduk

Cara promosi ojek online yang satu ini agak sedikit memakan biaya namun akan menjadi sangat efektif jika peletakannya tepat. Spanduk yang anda pasang di tempat ramai tentunya akan sering dilihat oleh orang, dengan begitu maka akan semakin banyak orang yang tahu dan familiar dengan jasa anda. Hal tersebut tentunya beradampak pada bisnis anda yang akan semakin ramai.

Di dalam spanduk juga harus mencantumkan beberapa informasi tentang jasa ojek online anda seperti nama ojek online, nomor hp atau nomor yang bisa dihubungi, wilayah yang dilayani serta jika anda menawarkan berbagai promosi maka hal tersebut juga menjadi nilai lebih bagi yang menarik bagi para calon pengguna anda.

promosi ojek online

  1. Promosi Jasa Gratis

Cara yang terakir ini bisa dibilang merupakan cara yang paling ampuh untuk menarik calon pelanggan baru. Bahkan berbagai jasa ojek online besar pun juga menggunakan cara promosi ojek online yang satu ini. Cara ini adalah dengan membuat promosi jasa gratis untuk periode waktu tertentu atau untuk untuk jumlah pemakaian tertentu.

Contohnya adalah gratis menggunakan jasa ojek online anda sebanyak 1 kali kemana saja, setelah 10 kali perjalanan. Atau anda juga dapat menawarkan diskon perjalanan sebanyak 50% dengan maksimal diskon Rp. 10.000. Dengan begitu minat para calon pengguna ojek online anda untuk menggunakan jasa anda tentu akan semakin meningkat. Baca juga cara promosi EO

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.