Cara Promosi Makanan Ringan – Kita melihat dan merasakan dengan jelas perkembangan zaman yang semakin pesat dan berpengaruh pada kehidupan yang kita jalani sehari – hari. Perkembangan itu terjadi di setiap lini kehidupan, baik itu di segi ekonomi, sosial, budaya dan sebagainya. Banyak orang – orang tenggelam dalam perkembangan yang terjadi saat ini, tetapi juga banyak orang yang bisa memanfaatkan keadaan tersebut. Nah, melihat perkembangan itu, banyak juga kita melihat perkembangan orang – orang memasarkan dagangan mereka seperti pakaian, barang – barang pecah belah, makanan, minuman dan lain-lain dengan cara yang menarik dan lebih modern.

Seperti berdagang melalui internet atau saat ini dikenal dengan online shop, atau membuka warung makanan dan minuman dengan tempat yang begitu canggih yang membuat orang – orang tertarik untuk singgah, membuat makanan ringan tradisional dengan kemasan modern dan banyak lagi orang – orang yang berhasil memanfaatkan keadaan tersebut.

cara promosi makanan ringan

Saat ini yang akan kita bahas adalah tentang bisnis makanan ringan di Indonesia. Terkadang, kebanyakan orang yang ingin memulai bisnis tidak yakin kalau di sarankan untuk berbisnis makanan ringan. Padahal jika diperhatikan dengan baik, kalau seandainya tau celah atau kelemahan orang – orang zaman ini, tentunya akan sangat menguntungkan. Untuk saudara – saudari sekalian yang tertarik dan sudah memutuskan untuk berbisnis makanan ringan, pastilah kalian sudah tahu kemana harus pergi dan apa yang harus di sediakan (modal).

Setelah itu yang harus di lakukan adalah memasarkan produk anda. Untuk itu pun anda harus membuat banyak orang percaya kepada anda. Salah satunya melalui promosi, yaitu upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angka penjualan.

Salah satu tujuan promosi adalah untuk menyebar informasi produk anda kepada target pasar potensial, agar anda mendapatkan konsumen baru dan bisa menjalin hubungan yang baik dan akan berlanjut menjadi langganan. Salah satu cara promosi terbaik adalah melalui internet. Mungkin masih banyak dari anda yang sudah punya perusahaan atau produk sendiri, tetapi masih memiliki kendala di pemasarannya. Untuk anda yang masih kesulitan atau bingung bagaimana cara mempromosikan kopi anda, di bawah ini akan saya jelaskan.

12 Cara Promosi Makanan Ringan Super Efektif!

cara promosi makanan ringan

Sebarkan di Warung atau MiniMarket Sekitar

Cara promosi makanan ringan pertama adalah menyebar di warung. Inilah salah satu cara untuk memperkenalkan produk anda kepada orang banyak. Sebarkanlah produk anda ke setiap warung atau minimarket milik perorangan, dan selalu lakukan pengembangan untuk lokasi tempat anda menyebarkan produk anda.

Buatlah Website Anda

Cara promosi makanan ringan berikutnya adalah cobalah untuk membuat website. Memang yang harus anda lakukan untuk lebih maju dan akan terlihat paham dengan zaman adalah membuat website untuk bisnis anda. Itu akan memperlihatkan bahwa bisnis anda memang serius dan akan menarik perhatian orang – orang kepada apa yang anda tawarkan. Anda bisa lihat perusahaan – perusahaan kopi yang sudah besar namanya, masing – masing mempunyai website sendiri yang membantu para konsumen mengenali perusahaan serta produk mereka.

cara promosi makanan ringan

Pasang Iklan Di Koran

Setelah anda membuat website, cobalah untuk memasang iklan di koran dan jangan lupa sertakan alamat website anda. Walaupun saat ini orang – orang sudah banyak beralih untuk membaca berita lewat internet, tetapi jangan kira, bahwa orang – orang yang sudah besar di bidangnya masih bertahan loh membaca koran. Dan iklan di koran juga sangat meyakinkan.

Menyebar Katalog dan Iklan Produk Anda

Mulailah menyebar katalog dan iklan produk anda. Manfaatkan setiap momen yang rasanya bisa membantu untuk memperkenalkan produk anda. Anda bisa masuk di pusat perkulakan, atau event – event tertentu yang bersangkutan dengan produk anda. Misalnya anda masuk ke  pasar – pasar kaget yang saat ini sudah banyak diadakan. Manfaatkan tempat itu untuk menyebar iklan serta katalog anda. Setidaknya untuk awalan, orang – orang sudah mulai melihat dan mendengar produk anda.

cara promosi makanan ringan

Mendatangi Calon Konsumen

Cara promosi makanan ringan berikutnya adalah cobalah untuk “menjemput bola”. Ketika anda menemukan seorang calon konsumen yang memang potensial, buatlah janji bahwasanya anda akan mendatanginya. Bersikaplah baik kepada calon konsumen anda, buat dia senyaman mungkin. Ketika anda mendatanginya, manfaatkan keadaan itu dengan menjelaskan produk anda, mungkin bisa dibilang semacam presentasi. Agar calon konsumen anda bisa melihat keseriusan dan anda akan mulai memunculkan ketertarikan si calon konsumen. Bisa saja anda akan menghasilkan pelanggan yang juga serius di bidangnya, dan akan terjalin hubungan kerjasama.

Menjaga Hubungan

Ketika anda sudah mendapatkan banyak konsumen, jagalah hubungan anda tetap baik. Selalu berikan kepuasan, dan tentunya produk anda akan di promosikan kepada orang – orang di sekitarnya. Anda akan mendapatkan keuntungan dari hubungan yang baik dengan beberapa konsumen pertama.

Buat Ciri Khas Perusahaan / Produk Anda

Salah satunya yang harus anda perhatikan adalah produk anda sendiri. Bagaimana anda menyuguhkannya kepada orang banyak. Untuk itu anda perlu ciri khas tersendiri ketika menawarkan atau dalam penyajian. Agar orang – orang dengan mudah mengingat dan menemukan produk anda. Mungkin anda bisa memulainya dengan membuat sebuah logo untuk perusahaan anda, dan seliapkan di setiap produk yang anda keluarkan.

Menggunakan Media Sosial

Cara promosi makanan ringan berikutnya adalah dengan menggunakan sosial media. Tentu anda sering melihat orang – orang yang menwarkan produknya di media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan lain-lain. Nah, anda juga bisa melakukan itu, mengingat banyaknya pengguna media sosial di Indonesia bahkan dunia. Mulailah membuat iklan dan selalu sertakan alamat website anda. Sertakan juga alamat, nomor telepon dan email anda, sehingga orang – orang yang tertarik dengan produk anda bisa langsung menghubungi ataupun mendatangi anda. Selain itu anda juga bisa menawarkan dengan delivery, yang memudahkan para konsumen anda.

Membuat Souvenir dan Kaos Perusahaan

Anda juga bisa membuat souvenir ala perusahaan anda. Misalnya mencetak kalender dan membagikannya ke setiap konsumen anda. Dan juga bisa dengan membuat kaos berlogo perusahaan anda. Buatlah slogan – slogan yang bisa anda tempel di kaos atau kalender yang yang akan di bagikan kepada para konsumen. Cari kata – kata yang tepat dan menarik. Untuk menarik perhatian orang – orang yang belum mengetahui keberadaan perusahaan serta produk anda. Tentunya itu sangat berguna sekali, kita tidak tahu bagaimana si konsumen berhubungan dengan orang – orang di sekitarnya. Bisa jadi anda mendapatkan konsumen baru dari masing – masing pelanggan anda.

Menyelenggarakan Event atau Kontes

Cara promosi makanan ringan berikutnya adalah dengan membuat even. Sangat menarik jika anda bisa mengadakan sebuah event atau semacam sayembara yang berlabelkan perusahaan anda. Buatlah yang berkaitan dengan produk anda, sehingga orang – orang pun melihat kegunaan serta keuntungannya. Ketika event atau sayembara berhasil dilakukan, akan banyak sekali orang – orang yang melirik perusahaan ataupun produk anda. Dan kemungkinan beberapa waktu setelah itu anda akan mendapatkan sebuah pesan atau surat pengajuan kerja sama atau semacamnya. Tergantung seberapa menarik event atau sayembara yang anda buat.

Membuat Daftar Produk

Buatlah daftar produk anda dengan lengkap, dan sertakan dengan gambar – gambar yang berkaitan. Seperti foto – foto makanan ringan yang anda produksi, foto dengan bentuk yang menarik. Dengan sendirinya orang – orang akan tergiur melihat apa yang anda sajikan.  Buatkah daftar produk anda secara keseluruhan.

Pasang Papan Iklan

Anda bisa mulai memasang papan iklan di rekalame, halte bus dan tempat – tempat yang cukup strategis. Dari situ orang tentu yakin bahwa perusahaan serta produk anda sangat jelas. Ketika orang – orang melihat iklan di jalan, tentunya akan teringat sampai di rumah dan timbul ketertarikan untuk mencoba.

cara promosi makanan ringan

Nah, itulah beberapa cara promosi makanan ringan yang bisa dipraktekan. Tentunya sebelum anda mempromosikan produk anda, sangatlah perlu keyakinan dan tekad yang kuat. Karena dalam berbisnis, tentunya akan banyak kesulitan yang akan anda dapatkan. Di Indonesia sendiri sangat banyak orang – orang yang hidup dengan berbisnis. Mungkin saja anda adalah orang yang sangat baru dalam berbisnis. Jadi pelajari setiap hal yang berkaitan dengan produk anda. Baik itu asal muasal, sifat –sifatnya, cara pemasaran dan lain sebagainya. Agar setiap jalan yang di tempuh akan mudah melewatinya. Selamat mencoba dan semoga sukses untuk setiap hal yang anda lakukan. Baca juga cara promosi lewat google


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.