Cari Uang di Internet

Perkembangan Bisnis di era sekarang semakin berkembang pesat. Beberapa fakta yang menarik dimana untuk kategori Indonesia sendiri seperti yang dilansir oleh WeAreSocial.

cari-uang-di-internet

Dari Total populasi di Indonesia yang berjumlah 255.5 juta orang, ada sekitar 72.7 juta pengguna aktif internet. Sehingga sekarang sebuah bisnis yang tidak masuk ke era digital bisa tergerus oleh perkembangan teknologi sekarang. Masihkah Bisnis Anda menjalankan operasionalnya dengan sistem konvensional?

Dalam perkembangannya sendiri, Bisnis Online yang kita kenal ada memiliki beberapa sumber penghasilan dan pada kesempatan ini saya akan membahas 7 Cara Cari Uang di Internet.

1. Blogger ( Google Adsense )

Blogger adalah seseorang yang membuat blog. Di Indonesia sendiri platform yang seringkali digunakan sebagai media membuat blog seperti Blogspot.com atau WordPress.com walaupun masih banyak platform lainnya seperti Tumblr.com, Kirby.com, SquareSpace, PostHaven dan masih banyak lagi.

Kunci dari Blog adalah menghasilkan traffic (pengunjung) kedalam blognya, yang biasanya di monetize (mengubah jadi uang) dengan beberapa sumber penghasilan seperti Google Adsense yaitu menyediakan space-space iklan yang ada dihalaman website mereka. Atau bisa juga menyewakan space-space iklan tersebut kepada pengiklan non Google biasa dikenal dengan Solo Ads.

2. Online Shop ( Toko Online )

Bagi kamu yang malas atau tidak suka dengan blogging, salah satu yang baik dicoba adalah membuat sebuah bisnis atau toko online. Karena ini adalah salah satu cara cari uang di Internet yang cukup mudah (kalau saya katakan.. karena konsepnya cukup mudah dipahami karena hanya berdasarkan prinsip dagang. Walaupun memang kebutuhan teknis untuk mengoptimalkan hasil yang Anda Terima, perlu Anda kuasai…)

Toko online adalah  sebuah toko virtual dimana customer bisa membeli produk yang dijual di toko online tersebut langsung dari websitenya. Saat ini ada banyak pebisnis yang sudah punya toko online sendiri, baik itu menjual produk sendiri ataupun menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropship.

Saya pribadi pernah menjalankan toko online dengan basis dropship atau menjual barang orang lain. Hal yang dilakukan cukup mudah, dimana saya cukup memajang produk-produk orang tersebut kedalam website yang saya promosikan. Setiap dari penjualan dari website saya tersebutlah saya akan menerima komisi atau selisih jual beli.

Namun kekurangan dari jenis bisnis dropship ini menurut saya adalah kredibilitas dari supplier atau rekanan sangat menjadi perhatian. Karena sangatlah menjengkelkan disaat kapasitas supplier Anda ternyata tidak mumpuni. Sehingga banyak terjadi reject order yang berakibat dengan jeleknya nama kita sebagai penjual.

Keuntungannya menurut saya adalah Anda tidak perlu repot melakukan stok barang (berisiko secara materiil), packing barang, melakukan distribusi pengiriman dan berbagai macam hal lainnya.

Terlepas dari keuntungan dan kekurangannya, Tentu Anda sendiri yang paling tahu dan mampu mengukur kemampuan dan kapasitas Anda untuk mau menjalankan model bisnis yang mana bukan?

3. Affiliate Marketing ( Bisnis Affiliasi )

Affiliate marketer adalah orang yang menjual produk orang lain dan mendapatkan komisi dalam beberapa persentase (tergantung pemilik produk) dari setiap penjualan yang dilakukannya. Jenis bisnis ini banyak sekali dilakukan oleh pelaku bisnis online, baik di luar negeri maupun di dalam negeri.

Produk yang dijual cukup beragam mulai dari produk digital, sampai dengan produk fisik atau bahkan keduanya.

Ini adalah sarana yang saya sukai dalam cari uang di internet karena cukup mudah untuk melakukannya… Berikut yang saya promosikan secara aktif, karena memiliki potensi passive income. Yaitu Afiliasi membership online Synergy Elite Track dan SB1M (Sekolah Bisnis 1 Milyar).

SB1M adalah sebuah komunitas tempat belajar internet marketing di Indonesia. Hanya dalam setahun pertumbuhan membernya di Indonesia lebih dari 1400 member. Hal yang meunjukkan minat di sektor baru ini yang potensial di Indonesia.

4. Youtube Publisher ( Google Adsense )

Cara untuk cari uang di Internet yang Anda mungkin tidak asing dengan cara yang satu ini yaitu Youtube… seperti yang Anda ketahui tidak sedikit juga yang menggunakan media Youtube sebagai media penjualan atau mencari uang.

Salah satunya menjadi publisher Google Adsense. Dimana ada 2 jenis, bentuk iklan yang akan muncul dalam video yang kita upload atau publish yaitu skippable ads (iklan yang muncul namun dalam tempo waktu tertentu bisa dilewati oleh pengunjung) dan display ads (iklan pop up dalam video Anda).

Selain daripada Google Adsense, Anda juga mendapatkan traffic yang cukup tinggi dengan bermain annotation atau deskripsi video Anda pada youtube.

5. Online Network Marketing ( Leveling Marketing )

Model online yang telah berkembang sekarang ini. Secara langsung juga berdampak pada dunia Network Marketing.

Network Marketing biasa dikenal dengan MLM di Indonesia, yang punya konotasi negatif di masyarakat Indonesia. Sebenarnya hal ini dikarenakan oknum Money Game yang mengatas namakan MLM dan berujung scam.

Saya pribadi pernah melakukan riset kecil kecilan dalam mengkomparasi model bisnis yang ada. Saya menemukan bahwa model bisnis Network Marketing merupakan model bisnis yang sangat potensial untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak.

Tantangan terberat bisnis ini sebenarnya adalah Leads atau Prospek. Karena bila mengandalkan daftar pribadi Anda akan kehabisan cepat atau lambat.

Sehingga banyak yang tidak tahan dengan model bisnis ini.

Anda akan bisa mendapatkan hasil riset saya tersebut disini…

6. Penyedia Jasa Online

Bagi Anda yang punya kemampuan khusus apapun itu. Anda bisa menjualnya dalam bentuk jasa kepada orang lain.

Anda bisa menjualnya dalam dari website Anda sendiri atau bagi Anda yang belum bisa membuatnya, hal termudah adalah masuk dalam komunitas atau marketplace seperti kaskus.co.id, ads.id dan berbagai macam forum lain.

Hal yang perlu diingat adalah Anda perlu mengutamakan kualitas untuk membangun data pelanggan dan testimonial untuk meningkatkan Brand Anda sendiri.

7. Flipping ( Membalik )

Cari uang dari Internet yang terakhir adalah Flipping yang dimaksudkan membeli sesuatu untuk dijual kembali pada orang lain yang membutuhkannya.

Ada beberapa bentuk yang bisa Anda flipping berdasarkan pengalaman saya pribadi. Yaitu

Flipping Domain, dimana Anda membeli domain potensial yang kemudian dijual kembali. Biasa yang bernilai tinggi adalah brand atau kata kunci utama di niche tertentu.

Flipping Website, dimana Anda memiliki sebuah website niche tertentu yang telah berjalan dan ingin menjualnya kepada orang lain. Banyak aspek yang mampu membuat sebuah website bernilai tinggi.

Flipping Bisnis Online, ini yang mulai ramai diperbincangkan. Bagi pemula yang kesulitan membangun bisnis, sama seperti halnya franchise. Ada orang orang yang menjual Bisnis Online mereka beserta semua manual bisnisnya.

Itulah 7 Cara Cari Uang di Internet yang bisa Anda gunakan…

Ingat! hal terpenting untuk cari uang di Internet adalah Konsistensi, Persistensi (Pantang Menyerah) dan Disiplin yang harus kokoh…


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.