5 Panduan Bisnis Amazon dan Cara Memulai Untuk Pemula – Amazon adalah salah satu pasar online terbesar di dunia, ada ribuan perusahaan yang memasok barang mereka di gudang amazon, amazon juga merupakan toko online raksasa dunia yang sudah terpercaya. Sehingga berjualan di amazon adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan banyak uang di internet.

Amazon menawarkan 2 jenis program kerja sama, yaitu kita sebagai seller atau penjual dan selaku pemilik produk, dan juga affiliate sebagai pemasar produk-produk di amazon. Sebagai seorag seller atau merchant di amazon tentu akan membutuhkan verifikasi produk dan perusahaan agar bisa bergabung sebagai merchant.

Dengan beberapa syarat ketat yang harus dipenuhi agar bisa menjadi merchant di amazon, sehingga untuk menjadi merchant ini butuh lebih banyak lagi tenaga dan profesionalitas dalam berbisnis.

Namun bagi Anda yang belum siap untuk menjadi merchant, masih ada cara lain agar bisa mendapatkan penghasilan di amazon yaitu dengan menjadi affiliate. Tugas affiliate adalah memasarkan produk amazon sebanyak-banyaknya tanpa melanggar TOS dari amazon, sehingga komisi bisa cair setiap bulannya.

 

panduan bisnis amazon

Menjadi affiliate amazon tidaklah begitu sulit, ada banyak orang di luar sana sudah berpenghasilan ratusan hingga ribuan dollar perbulan dari amazon, dengan cara yang benar tidak menutup kemungkinan Anda juga dapat menghasilkan uang ratusan hingga puluhan ribu dollar atau jika di rupiahkan bisa hingga senilai puluhan juta perbulan.

Berikut artikel ini akan memberikan panduan bisnis amazon untuk meraih penghasilan dollar perbulan.

Panduan bisnis amazon untuk pemula

Mendaftar diprogram amazon

Mendaftar diprogram affiliasi amazon tidak begitu sulit dan tidak memerlukan biaya apapun, mendaftar hanya dengan menggunakan alamat email seperti mendaftar di sosial media yang semua orang sudah bisa melakukannya. Mendaftar di amazon juga tidak mengharuskan memiliki website yang bertrafik tinggi seperti mendaftar di program Adsense. Silakan Anda mendaftar di: affiliate-program.amazon.com

Membuat website review produk amazon

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan produk amazon dengan modal yang kecil adalah dengan menggunakan website review, kita membuat sebuah website review untuk suatu produk atau kategori produk tertentu di amazon.

Kelebihan dari menggunakan website review adalah konversi penjualan bisa sangat besar, karena orang yang mencari review produk adalah orang yang memiliki keinginan untuk membeli namun berusaha mencari informasi lebih detail  mengenai produk tersebut. Setelah mereka mendapatkan informasi yang mereka butuh mereka akan memutuskan untuk membeli produk tersebut, disinilah kita akan mendapatkan keuntungan atau komisi penjualan.

cara bisnis amazon

Menentukan topik web

Langkah awal sebelum membuat website amazon adalah dengan menentukan topik website, topik web ini akan menjadi topik produk yang akan kita review di website kita. Amazon memiliki ratusan topik produk yang bisa kita tentukan. Misalnya kita menentukan topik produk LCD monitor, maka website kita adalah web yang melakukan review LCD monitor.

Secara sederhana menentukan topik web bisa dilihat dari produk yang tren saat ini, dan melakukan riset trend di google trend. Trend yang harus dilihat tidak lebih dari satu tahun.

Menulis artikel review

Setelah Anda menentukan topik web tahap selanjutnya adalah dengan mulai menulis artikel review, artikel review ini bisa kita lihat dari review pembeli produk tersebut, karena produk-produk yang laris memiliki review dari pembeli produk tersebut, disini Anda hanya perlu melakukan tulis ulang dari review-review mereka.

Anda juga bisa menulis tentang kelebihan atau fitur-fitur produk tersebut yang bisa Anda dapatkan dideskripsi produk, karena merchant pasti akan memberikan fitur-fitur produk yang lengkap. Jangan lupa juga untuk menambahkan foto-foto dari produk tersebut.

review produk amazon

Melakukan optimasi SEO

Setelah menentukan topik web, menulis artikel hal yang berikutnya yang tidak boleh lupa adalah membuat web yang SEO friendly, dengan cara melakukan optimasi SEO baik itu SEO onpage maupun SEO offpages. Membuat web kita lebih SEO friendly diperuntukan agar web kita bisa ranking di halaman 1 google dan mendapatkan pengunjung dari sana.

Misalnya orang-orang yang mengetikan nama produk + kata review, harapannya web kita bisa berada di halaman 1 dengan urutan teratas.

Optimasi onpages adalah optimasi dari segi dalam web kita, meta tag, title, deskripsi web atau tulisan dan lainnya. Sedangkan optimasi offpages adalah optimasi SEO yang kita lakukan di luar web kita seperti membangun links yang menuju ke web kita, tentu dilakukan dengan benar sesuai dengan ilmu SEO whitehat

Demikian panduan bisnis amazon secara sederhana, untuk lebih lanjut Anda bisa mencari ilmu untuk setiap tahapan diatas sehingga semakin besar kemungkinan kita akan mendapatkan banyak uang dari amazon. Baca juga cara menjual produk di internet


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.