5 Ide Tema & Topik Post Untuk Instagram

5 Ide Tema & Topik Post Untuk Instagram

Platform media sosial paling terkenal, Instagram, mungkin sebagian besar pembaca mengenalnya. Pada medsos tersebut, kamu bisa menjumpai berbagai topik post untuk Instagram yang menarik dan sangat atraktif.

Ketika melihat ragam konten influencer yang berseliweran di Instagram mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana bisa mereka mendapat ribuan bahkan jutaan likes? Padahal “mungkin” saja, desain konten mereka jauh dari kata estetik dan terlihat sederhana.

Kuncinya ada pada tema atau topik post yang sedang dibahas. Para influencer biasanya merumuskan strategi konten Instagram agar mereka memperoleh jumlah viewers, likers, atau followers yang banyak dalam waktu singkat.

Memang ada banyak sekali ide tema atau topik yang bisa kamu gunakan untuk membuat konten, terutama bagi akun yang memiliki goals tertentu. Jadi, seperti apa sih tema atau topik feed Instagram yang paling menarik?

Topik Instagram Menarik, Tidak Kalah dengan Influencer

Bagi kamu yang penasaran apa saja topik posting-an Instagram paling menarik dan atraktif hingga saat ini, berikut ini di antaranya :

Topik tentang “Motivasi”

Banyak sekali topik mengenai motivasi yang diunggah di media sosial seperti Instagram, dan konten seperti ini memang sangat disukai oleh para user.

Sebuah konten Instagram yang bertemakan motivasi seringkali dengan mudah mendapatkan follower baru dalam sekejap.

Hal ini dikarenakan topik motivasi dianggap sebagai topik yang sangat baik jika dijadikan konsumsi otak sehari-hari.

Penelitian menyatakan jika kalimat yang baik sangat berpengaruh terhadap diri seseorang dibandingkan kalimat yang buruk (East et al, 2007).

Motivasi yang dibuat konten pun ada banyak, mulai dari motivasi tentang kehidupan, motivasi tentang cinta, hingga tentang bisnis serta cara untuk sukses.

Selain memberikan manfaat bagi orang lain, jenis konten seperti ini bisa meningkatkan interaksi dengan para followers.

Topik tentang “Ekonomi”

Belakangan ini para ahli ekonomi dunia juga menjarah Instagram sebagai media posting mereka selain Youtube atau website. Para influencer yang memang ahli di bidang ekonomi dengan bebas memberikan insight bagi para audiens di akun Instagram mereka.

Topik ini seringkali digunakan konten kreator untuk memberi wawasan terkait perekonomian, seperti isu yang mempengaruhi harga saham, cara mengatur keuangan, dan lainnya.

Bagi kamu yang membutuhkan saran di bidang ekonomi serta keuangan, bisa mulai mencari topik yang relevan pada media sosial Instagram.

Biasanya konten kreator yang membagikan ilmu mengenai perekonomian di akun Instagram, mereka selalu update dengan perkembangan ekonomi dunia.

Hal ini tentunya memicu akun tersebut untuk menarik jumlah followers baru secara alami.

Topik tentang “Pengetahuan”

Pengetahuan umum juga seringkali menjadi topik postingan Instagram keren yang banyak dijumpai di platform medsos berlambang kamera tersebut. Konten kreatif dengan tema pengetahuan biasanya menarik rasa penasaran audiens.

Ragam pengetahuan yang dihadirkan biasanya tergolong dari pengetahuan umum, kebahasaan, sains, kebudayaan, sejarah, dan pengetahuan akan hal unik lainnya.

Konten yang berisi tentang pengetahuan dan disertai dengan desain yang menawan pasti akan menarik perhatian.

Selain itu topik konten Instagram berupa pengetahuan juga bisa berisi berbagai macam permasalahan yang sering terjadi di lingkungan sekitar.

Dengan memberikan solusi, para audiens tidak akan merasa telah membuat waktu sia-sia dengan melihat konten tersebut.

Para pemilik akun Instagram yang ingin mengunggah konten bertemakan pendidikan hendaknya tidak mengunggah sesuatu yang termasuk hoaks. Karena ilmu pengetahuan yang tidak berdasar fakta bisa menyesatkan banyak orang.

Topik tentang “Pembuktian Diri”

Bagi para public figure, pembuktian diri bisa dijadikan topik konten yang akan diunggah ke akun Instagram. Social proof atau pembuktian diri bisa menjadi topik posting sebuah brand ataupun perorangan.

Misalnya kamu merupakan seorang penulis yang telah berhasil meraih gelar “Penulis Terbaik” tingkat nasional lalu mengunggah foto penyematan penghargaan. Konten tersebut termasuk dalam konten social proof dalam ranah perorangan.

Dengan mengunggah foto tersebut, para penggemar serta followers kamu bisa lebih kagum ketika melihat pencapaianmu.

Selain itu bagi brand, penting juga mengunggah jenis konten seperti ini untuk meningkatkan citra merek.

Semakin banyak konten berkonotasi positif dan berisi tentang pencapaian diri, maka semakin besar pula rasa percaya klien pada brand tersebut.

Jadi hal ini bisa berpengaruh pula terhadap target penjualan yang diperoleh perusahaan pembuat brand.

Topik tentang “Entertainment”

Sekarang ini Instagram dianggap sebagai sumber hiburan yang sangat menarik, karena membuat berbagai gambar serta video lucu.

Sebagian konten memang merupakan konten asli dari pemilik akun, dan sebagian lainnya merupakan hasil repost.

Topik mengenai entertainment atau hiburan seringkali dicari sebagai pereda stres para user Instagram.

Akun-akun Instagram yang bertemakan hiburan pasti dengan mudah meningkatkan jumlah followers mereka walau tak terlalu sering melakukan paid promote.

Tak jarang pemilik akun Instagram yang bertemakan hiburan banyak yang meraih pendapatan tinggi dengan mengadakan paid promote karena jumlah viewers yang membludak.

Dari kelima topik tersebut, kamu bisa memilih salah satunya agar bisa memperoleh perhatian dari para user Instagram.

Namun begitu, setelah memilih salah satu topik atau tema, kamu tak bisa sembarangan mengunggah postingan.

topik post untuk Instagram

Kalau kamu memang ingin belajar lebih dalam lagi mengenai bagaimana cara mengembangkan Instagram secara optimal, kamu bisa mulai dulu dengan mengikuti Webinar Gratis berikut ini…

Tips Membuat Konten Instagram Paling Menarik

Jika kamu ingin melakukan social media marketing, pemilihan topik konten memang sangat penting. Namun ada hal-hal lain yang lebih penting dari sekedar tema. Berikut ini di antaranya :

Menentukan jenis konten

Setelah menentukan topik konten yang akan dijadikan postingan di Instagram, selanjutnya kamu harus tentukan jenis konten yang diunggah. Jenis-jenis yang bisa kamu pilih yaitu foto, video, InstaStory, atau data infografis.

Tema hiburan, pendidikan, social proof, dan motivasi bisa diunggah dalam bentuk postingan foto, video, atau InstaStory. Namun yang bertemakan ekonomi biasanya bisa diunggah dengan kelengkapan data infografis.

Tentukan caption terbaik

Bagian caption adalah bagian lain dari tubuh konten postingan Instagram yang memperoleh banyak sekali perhatian dari para audiens. Caption yang ditulis hendaknya mencakup bagian judul (untuk menarik minat baca) dan isi.

Bagian isi dibuat sedetail mungkin agar tidak terjadi kesalahpahaman oleh para pembaca akibat isi konten yang kurang jelas. Selain itu, pada bagian caption bisa ditambahkan hashtags (#) yang relevan untuk meningkatkan visibilitas konten.

Buat desain yang menarik

Dari sisi visual, postingan yang cukup estetik akan sangat menggugah minat baca serta repost para user. Kamu bisa mencari inspirasi desain konten Instagram yang menarik di internet agar bisa membuat konten otentik yang menawan.

Pemilihan warna, garis, jenis dan warna font, hingga ukuran tulisan bisa mempengaruhi ketertarikan para user untuk memperhatikan isi konten.

Tentu saja konten dengan desain yang apik dan pemilihan warna tepat dan tak terlalu mencolok lebih disukai oleh pengguna Instagram.

Kesimpulan

Dengan pemilihan tema post yang paling tepat, kamu bisa meningkatkan jumlah followers serta brand awareness dari jutaan pengguna Instagram. Selain itu, pengaplikasian berbagai tips yang kami berikan bisa memaksimalkan hasil unggahan di akun terkait.

Jadi, mana topik post untuk Instagram yang ingin kamu pilih nantinya untuk diunggah di Instagram? Jangan lupa untuk memilih salah satu tema terbaik yang relevan dengan tren masa kini, ya!

Jangan lupa! Ikuti juga Webinar Gratis tentang cara mengembangkan Instagram kamu hingga 10,000 follower pertama…

Related Articles