Peluang Bisnis Properti

Peluang Bisnis Properti 2

Peluang bisnis properti terbuka lebar bagi siapa saja. Keahlian menjadi broker di bisnis ini adalah sesuatu yang bisa dipelajari. Anda tidak harus menempuh pendidikan khusus untuk menjalankan bisnis. Tapi tentu ada dasar-dasar yang perlu anda pelajari agar bisa semakin meningkatan profit. Di Indonesia masih banyak orang yang belum memiliki rumah pribadi. Bahkan pasangan yang sudah menikah pun banyak yang masih menumpang di rumah mertua karena belum sanggup membeli atau membangun rumah sendiri.

Peluang Bisnis Properti

Saat ini ada banyak opsi untuk memiliki rumah, salah satunya adalah dengan sistem KPR. Memiliki rumah dengan sistem cicilan dirasa lebih meringankan ketimbang harus membayar sekaligus. Jika anda ingin menjual properti dengan sistem seperti ini, maka anda harus paham dengan pengelolaan dan manajemen resiko. Meski harga tanah dan bangunan selalu meningkat, tapi resiko rugi tetap ada. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah harga properti yang dijual tidak sesuai dengan harapan.

Perlu modal untuk berbisnis properti. Sebagai investor, kita tentu berharap Return Of Investment yang cepat. Bahkan kalau bisa untung yang didapatkan juga besar. Peluang bisnis properti masih sangat potensial. Ada banyak jenis bangunan yang bisa diperjualbelikan, seperti rumah kontrakan, kos, ruko, penginapan, dan yang lainnya. Semuanya punya segmen pasar yang berbeda. Terlepas dari jenis bangunan apa yang ingin anda kelola, potensi keuntungan tetap besar sebab orang butuh berbagai macam properti. Mengapa peluang bisnis properti sangat bagus?

Peluang Bisnis Properti 2

Harga terus naik

Karakteristik dari properti adalah nilai  jualnya yang terus bertambah. Properti terutama di lokasi-lokasi strategis akan menjadi incaran banyak orang. Harganya bisa naik berlipat-lipat hanya dalam hitungan tahun. Berinvestasi properti adalah pilihan yang tepat untuk jangka panjang. Ketahuilah bagaimana cara mencari properti di tempat-tempat strategis. Anda bisa memprediksi bagaimana kira-kira perkembangan bangunan di sebuah lokasi. Misalnya saja, tanah yang berlokasi di sisi jalan raya harganya akan lebih cepat naik dibanding tanah yang letaknya jauh ke dalam. Tapi anda juga harus siap mengeluarkan dana cukup besar jika ingin membeli tanah atau bangunan di lokasi seperti ini. Yang penting jangan takut rugi sebab dalam beberapa tahun ke depan, harganya akan meningkat.

Properti mudah jadi jaminan

Properti adalah salah satu jaminan yang memudahkan kita mencari pinjaman dimana saja. Peminjam tidak akan ragu mengucurkan dana jika mereka tahu anda punya banyak aset properti. Maka dari itu, jika bisnis sedang kekurangan cash flow, anda bisa menggadaikan sertifikat tanah untuk mendapatkan kucuran dana segar. Itu bisa dipakai untuk menutup berbagai pengeluaran di dalam menjalankan usaha.

Pendapatan rutin

Salah satu keuntungan memulai bisnis properti adalah anda bisa mendapatkan income rutin. Transaksi di dalam bisnis properti tidak hanya jual-beli saja, tapi juga sewa-menyewa. Jika anda berhasil membeli properti dengan harga murah di pusat kota, mengapa tidak dikontrakkan saja untuk sementara waktu hingga nilainya meningkat? Dengan menyewakannya kepada orang lain, anda akan mendapatkan income pasif setiap bulan atau tahun. Dan jika sudah saatnya dijual karena harga yang ditawarkan cocok, keuntungan anda akan berlipat-lipat.

Aset yang dimiliki terus berkembang

Untung di bisnis properti sangat besar, apalagi jika anda pandai mencari properti berkualitas dengan harga minimal. Tapi dengan modal sedang pun bisnis ini bisa tetap jalan. Misalnya anda memulai dengan 2 buah ruko. Anda bisa menyewakan ruko tersebut selama beberapa tahun. Itu akan menjadi passive income buat anda. Kemudian setelah dijual dengan harga tinggi, anda bisa membeli kembali ruko di lokasi lain. Bahkan mungkin anda bisa mendapatkan 2 ruko sekaligus dari hasil penjualan tersebut. Nah, sekarang anda tahu kan betapa besarnya peluang bisnis properti.

Related Articles