Panduan Bisnis Minimarket Sendiri Bukan Waralaba – Salah satu bisnis yang sangat menjamur didaerah perkotaan adalah bisnis minimarket, hampir setiap kota-kota kabupaten atau kecamatan berkembang memiliki bisnis ini, dan selalu mendapatkan pengunjung yang sangat ramai. Kelengkapan barang jual, dan juga kenyamanan dalam berbelanja adalah konsep yang sangat ideal yang ditawarkan oleh bisnis minimarket ini.

Bisnis minimarket sebenarnya mirip seperti bisnis toko kelontong, namun bisnis minimarket lebih modern, profesional dan juga lebih memberikan kenyamanan untuk berbelanja. Sehingga bisnis minimarket adalah salah satu binis yang memiliki potensi keuntungan yang sangat besar.

Artikel ini akan membahas secara singkat bagaimana cara atau panduan bisnis minimarket yang sukses

panduan bisnis minimarket

Panduan bisnis minimarket sendiri bukan waralaba

Menenal target pasar

Hal pertama yang dikakukan adalah mengenal target pasar kita, jika kita berada didaerah perkotaan kita bisa membuka minimarket khusus alat-alat kantor dan fasilitas kantor lainnya, seperti kursi, meja dan ATK. Hal ini akan lebih mudah bisnis kita dikenal oleh banyak orang yang bekerja didaerah perkantoran tersebut. Bisa kita lihat dari minimarket alat kantor juga mulai banyak terdapat di kota-kota berkembang.

Target pasar akan menentukan ide dan strategi kita dalam melakukan bisnis minimarket, dengan demikian kita bisa mengembangkan bisnis ini lebih cepat dan lebih besar.

Jika kita akan membuka bisnis minimarket yang berada di daerah perkembangan kotanya semakin pesat dan sangat ramai pembangunan. Akan jauh lebih baik jika kita membuka bisnis minimarket khusus perlengkapan bangunan, dengan demikian bisnis minimarket kita akan selalu dikunjungi karena banyaknya permintaan pasar akan bahan bangunan di kota tersebut.

bisnis minimarket

Lokasi bisns minimarket

Setelah mengetahui bagaimana demografi dari penduduk sekitar lokasi yang akan kita bangun bisnis minimarket, selanjutnya adalah menentukan lokasi yang strategis untuk mendirikan minimarket. Sebisa mungkin untuk mendirikan bangunan ini didepan jalan besar yang sangat mudah orang menjangkaunya dengan akses masuk kendaraan mobil yang luas.

Apabila di jalan-jalan utama sudah banyak bisnis minimarket franchise, Anda bisa juga mencari jalan lain yang ramai lalu lintas kendaraan namun tidak berdekatan dengan bisnis minimarket franchise, karena bisnis minimarket franchis sudah memiliki nama dan pelanggan yang besar.

Kita bisa saja ikut bersaing diantara pebisnis minimarket franchise namun perlu meningkatakan kualitas dari bisnis minimarket kita, juga pelayanan yang maksimal agar bisa bersaing dan merebut hati banyak pelanggan.

cara bisnis minimarket

Mepersiapkan bangunan minimarket

Bangunan minimarket identik dengan bangunan yang modern dengan luas yang cukup dan penataan yang rapi, sebisa mungkin membuat bangunan minimarket yang sangat modern dengan pencahayaan yang cukup sehingga akan semakin mudah orang melihat ke bagian dalam minimarket. Minimarket dengan full dinding kaca di bagian depan bangunan akan semakin mempermudah orang untuk melihat dan tertarik untuk berbelanja diminimarket kita.

Untuk itu buat desain yang modern dan juga pencahayaan yang bagus sehingga orang-orang sangat nyaman berbelanja di minimarket kita.

Selain bangunan yang besar, jangan lupa untuk menyediakan lahan parkir yang luas, karena jika lahan parkir tidak mencukupi orang akan enggan untuk mendatangi minimarket kita apalagi jika lahan parkir penuh di jam-jam tertentu. Untuk itu lahan parkir ini perlu di pertimbangkan, untuk kapasitas beberapa buah mobil dan motor yang tidak sempit.

Menyiapkan sarana prasarana minimarket

Minimarket identik dengan pasar lengkap, sehingga menyiapkan sarana prasarana yang lengkap pula akan jauh lebih baik untuk bisnis minimarket kita. Lemari dan rak jualan harus tertara dengan rapi dan baik. Memisahkan barang-barang sesuai dengan kebutuhannya adalah salah satu cara membuat orang nyaman dalam berbelanja

Sarana tempat duduk yang nyaman bagi orang yang ingin beristirahat setelah berbelanja juga bisa menjadi bahan pertimbangan, menyediakan toilet yang bersih juga salah satu sarana yang jarang banyak minimarket sediakan. Karena bisa saja dalam keadaan tertentu orang membutuhkan toilet sebelum berbelanja.

Jika minimarket kita menyediakan teras khusus untuk bersantai, dan memesan minuman sekelas kafe. Bisa dipikirkan untuk memberikan koneksi internet gratis, atau bisa juga dengan menjual koneks wifi.id.

Demikian beberapa panduan bisnis minimarket yang menguntungkan. Baca juga panduan bisnis tanaman hias


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.