Panduan Bisnis Jual Beli Mobil Untuk Pemula

panduan bisnis jual beli mobil

Panduan Bisnis Jual Beli Mobil Untuk Pemula – Salah satu bisnis yang bisa memberikan keuntungan yang besar adalah bisnis jual beli mobil, bisnis jual beli mobil yang dilakukan dengan benar dan ditekuni akan menjadi sebuah bisnis yang sangat potensial. Melihat pengguna kendaraan di Indonesia terus meningkat, dan penduduk yang semakin padat kebutuhan akan kendaraan seperti mobil mengalami peningkatan.

Mobil bekas memiliki peminat tersendiri, kebanyakan orang mencari mobil bekas karena ingin memiliki mobil tanpa hutang, dengan memiliki mobil tanpa hutang tentu akan lebih tenang dan nyaman dalam menggunakannya. Selain dari alasan tersebut, biasanya orang membeli mobil bekas tahun produksi tua sebagai koleksi. Sehingga bisnis jual beli mobil bekas akan terus menguntungkan.

panduan bisnis jual beli mobil

Namun ada beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis jual beli mobil bekas, selain sebelum memulai bisnis ini dalam mengelola dan membesarkan bisnis jual beli mobil butuh strategi yang tepat. Berikut beberapa cara dan panduan bisnis jual beli mobil untuk pemula.

Panduan bisnis jual beli mobil untuk pemula

Lokasi showroom mobil bekas

Hal paling pertama yang harus dilakukan adalah mencari dan memiliki showroom dengan lokasi yang strategis. Dalam bisnis jual beli mobil, semakin jelas terlihat dan dapat diakses orang banyak mobil-mobil bekas yang Anda jual tentu akan semakin besar pula kemungkinan terjadi penjualan.

Showroom harus berada di daerah perkotaan dan dekat dengan akses jalan besar. Sehingga mudah untuk diperhatikan banyak orang yang berlalu lalang. Jika mengharuskan untuk menyewa lokasi yang strategis jangan lupa mempertimbangkan harga sewa dan keuntungan yang akan didapatkan jika berjualan dilokasi tersebut.

Tidak mengambil keuntungan yang sangat tinggi

Bisnis jual beli mobil adalah salah satu bisnis yang bisa memberikan keuntungan yang tinggi, apalagi bisnis ini dlakukan dikota yang belum memiliki banyak persaingan mobil bekas. Beberapa showroom mungkin akan mengambil untuk jual mobil bekas hingga 5-10 juta.

Jika Anda bersaing dengan banyak pebisnis jual beli mobil bekas, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan tidak mengambil untung yang sangat besar, dengan cara ini showroom Anda akan lebih mudah terkenal dan lebih cepat menjual mobil bekas. Semakin cepat terjual tentu akan semakin baik, mengingat bisnis mobil memiliki umur, yang artinya semakin lama harga bisa semakin turun.

bisnis jual beli mobil

Beli mobil yang banyak peminat

Untuk membeli mobil bekas, pastikan mobil bekas tersebut adalah mobil bekas yang memiliki banyak peminat dikota showroom Anda berada semakin besar peminat mobil yang akan Anda jual semakin besar pula kemungkinan mobil akan terjual. Untuk mengetahui banyak atau tidaknya peminat, Anda bisa melakukan survey kecil-kecilan di jalanan.

Mobil pabrikan dan merek apa yang sangat ramai dijalan dengan plat nomor lokal daerah tersebut. Atau jika memungkinkan mendapatkan kenalan di dealer-dealer mobil resmi tentu akan lebih baik lagi jika mengetahui mobil tipe apa yang sangat laris. Sehingga bisa menjadi pertimbangan saat ingin menerima mobil bekas.

Menjaga kebersihan mobil

Hal yang sangat penting berikutnya adalah menjaga tampilan mobil bekas agar tetap terlihat bersih dan mengkilap. Dengan cara ini Anda bisa menarik hati para calon pembeli. Mobil bekas harus terus dilakukan perawatan interior dan eksterior agar selalu terlihat optimal.

Jika memungkinkan untuk memperbaiki komponen-komponen mobil yang masih di jangkau tentu akan lebih baik, hal ini dapat menaikan nilai jual mobil tersebut.

panduan bisnis jual beli mobil

Perhatikan kelangkapan mobil

Kualitas mobil yang dibeli haruslah yang masih memiliki nilai jual yang tinggi, mobil yang terlalu banyak customize akan lebih sulit laku dibandingkan mobil yang masih memiliki intertior dan eksterior yang original. Mobil yang memiliki interior dan eksterior yang original lebih banyak diminati pembeli khususnya orang-orang yang profesional.

Sehinga memperhatikan kualitas mobil bekas saat membeli untuk di jual lagi adalah hal yang sangat penting. Selain dari kualitas luar dalam hal yang tidak kalah penting adalah kelengkapan surat-surat pembelian dan surat dari kepolision seperti STNK dan BPKB.

Demikian beberapa tips dan panduan bisnis jual beli mobil. Semoga bermanfaat, baca juga panduan bisnis bagi pemula agar cepat sukses

 

Related Articles