Panduan Bisnis Bimbingan Belajar dan Strategi Pemasaran – Salah satu bisnis yang sangat cepat berkembang di daerah perkotaan adalah bisnis bimbingan belajar, banyak sekali orang tua yang ingin anaknya memiliki kemampuan akademis yang lebih baik, sehingga pada orang tua di daerah perkotaan sadar bahwa pendidikan formal saja tidak mencukupi untuk bisa menguasai materi atau pelajaran sekolah.

Tidak sedikit orang tua yang ingin anaknya berprestasi menambah jam belajar anak setiap minggu dengan cara memasukan anak di lembaga bimbingan belajar. Sehingga bisnis bimbingan belajar akan sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik dan penuh strategi.

Selain dari keinginan orang tua yang ingin anaknya lebih berprestasi dan memiliki kemampuan akademik yang tinggi, kesibukan orang tua akan pekerjaan mereka membuat mereka tidak dapat mendampingi anak-anaknya untuk belajar di rumah, sehingga mempercayakan bimbingan belajar untuk memberikan kemampuan akademik pada anak-anak mereka

Bisnis bimbingan belajar juga bisa dibilang bisnis yang tidak memerlukan banyak modal dan persiapan, sederhananya hanya membutuhkan tempat yang nyaman, guru yang kompeten dan jadwal atau kurikulum yang akan dipelajari.

panduan bisnis bimbingan belajar

Dengan 3 persiapan tersebut bisnis bimbingan belajar bisa dimulai, bahkan jika Anda belum memiliki uang lebih untuk menggaji pengajar, Anda bisa mengajak teman untuk bisa bekerja sama mengajar, dan akan di bayar setelah semua siswa membayar uang pendaftaran untuk belajar di bimbel.

Terlihat mudah namun bisnis bimbingan belajar tetap memerlukan strategi untuk membuat bisnis bimbingan belajar cepat laris dan mudah di kenal orang. Berikut beberapa tips membangun bisnis bimbingan belajar beserta strategi yang tepat agar bisnis ini cepat berkembang.

Panduan bisnis bimbingan belajar dan strategi pemasaran

Persiapan bisnis bimbel

Sebelum memulai berbisnis bimbingan belajar akan jauh lebih baik jika mempersiapkan persiapan-persiapan penting. Yang paling mendasar adalah persiapan guru atau tenaga pengajar berpengalaman dan memiliki ilmu yang cukup.

Jika memang belum bisa untuk merekrut tenaga pengajar dan Anda memiliki kemampuan untuk memberikan ilmu dengan baik, Anda bisa memulai bisnis bimbingan belajar dengan tenaga sendiri, sembari mengembangkan dan membuat bisnis bimbingan Anda terkenal.

Persiapan selanjutnya setelah persiapan tenaga pengajar adalah fasilitas ajar, seperti ruang belajar yang nyaman, kursi, meja dan alat tulis lainnya. Jika Anda membuka bisnis bimbingan belajar untuk tingkat SMP dan SD akan jauh lebih baik jika ruang kelas di buat cerah dengan suasana ceria, misalnya dengan menempelkan stiker dinding yang dapat berpengaruh pada kenyamanan belajar.

Setelah dua hal tersebut Anda siapkan, hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah kurikulum dan materi ajar untuk peserta didik Anda. Pastikan untuk menyesuaikan bahan ajar dengan materi pelajaran di sekolah.

panduan bisnis bimbingan belajar

Strategi pelaksanaan bisnis bimbingan belajar

Panduan bisnis bimbingan belajar berikutnya adalah strategi pelaksanaan bisnis bimbingan belajar, meskipun pelaksanaan terkesan sederhana karena terkesan hanya langsung jalan saja, tapi persiapan ini perlu di pertimbangkan dan juga perlu ada strategi.

Yang paling penting dalam pelaksanaan adalah, bagaimana membuat siswa atau anak ajar benar-benar memahami materi yang kita sampaikan, hal ini sangat erat hubungannya dengan kemampuan komunikasi, jika Anda memulai bisnis bimbingan belajar secara pribadi yang artinya belum merekrtu tenaga pengajar, Anda harus bisa berkomunikasi dengan baik dan mudah di pahami dalam menjelaskan materi pelajaran.

Jika Anda merekrut tenaga pengajar tentunya akan jauh lebih baik jika tenaga pengajar yang direkrut telah memiliki pengalaman dalam mengajar, dan memiliki keterampilan dalam menyampaikan pelajaran sehingga lebih mudah untuk dipahami

cara berbisnis bimbingan belajar

Strategi pemasaran bisnis bimbingan belajar

Selanjutnya jika persiapan awal, persiapan pelaksanaan sudah siap strategi selanjutnya adalah stratrgi pemasaran bimbingan belajar. Saat ini strategi pemasaran yang sangat potensial adalah strategi pemasaran melalui media internet, seperti menggunakan facebook fanpage, instagram dan lainnya.

Strategi lain selain dari menggunakan sosial media adalah dengan menggunakan teknik optimasi SEO pada website bimbingan belajar Anda, untuk kota-kota besar banyak masyarakat yang sangat bergantung pada hasil pencarian google. Sehingga akan sangat baik untuk menggunakan teknik pemasaran dengan optimasi hasil pencarian google.

Demikian beberapa panduan bisnis bimbingan belajar yang bisa dipraktekan, semoga bermanfaat. Baca juga panduan bisnis bagi pemula


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.