14 Cara Promosi Sekolah Untuk Mendapatkan Siwa Baru Yang Efektif!

cara promosi sekolah

Cara promosi sekolah akan sangat dibutuhkan para guru dalam mendapatkan banyak diswa baru terutama untuk tahuran ajaran baru.

Melakukan promosi sekolah memang akan menjadi salah satu cara agar banyak orang yang akan tertarik untuk sekolah yang telah melakukan promosi sekolah tersebut.

Tahun ajaran baru memang masih beberapa bulan lagi, namun sudah banyak sekolah yang memasang baner promosi sekolah untuk tahun ajaran baru yang akan datang beberapa bulan lagi.

Dalam menemukan siswa baru dari sebuah sekolah, memang akan ada banyak cara yang akan dilakukan sekolah untuk bisa mendapatkan siswa baru yang akan sekolah di sekolah tersebut.

Cara yang paling sering dilakukan sekolah untuk mendapatkan banyak siswa baru biasanya adalah dengan menggunakan banner, baliho, poster, ataupun juga menggunakan spanduk.

Selain menggunakan selebaran, banyak sekolah juga yang akan memanfaatkan radio dan juga televisi untuk melakukan promosi sekolah agar banyak siswa baru datang ke sekolah tersebut.

Karena persaingan sekolah dalam mendapatkan siswa baru sangat ketat, ada beberapa sekolah yang membuka pendaftaran siswa baru lebih cepat dibandingkan dengan ketentuan yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan.

cara promosi sekolah

Cara promosi sekolah memang tidak akan kita butuhkan kalau kita bekerja di sekolah negeri atau sekolah yang ada dibawah naungan pemerintah.

Namun, ketika kita bekerja di sekolah swasta, maka cara untuk mempromosikan sekolah akan sangat kita butuhkan agar sekolah yang kita punya tersebut akan mendapatkan banyak siswa di tahun ajaran sekolah yang baru.

Kalau kita kerja di sekolah negeri, calon siswa memang akan datang ke sekolah untuk mendaftar sesuai dengan pendaftaran siswa baru. Kita juga tidak akan memikirkan berapa banyak biaya yang akan kita keluarkan kalau banyak bangku kosong di sekolah kita bekerja.

Tanpa melakukan usaha keras dalam mendapatkan siswa di sekolah negeri memang akan ada banyak siswa yang datang sendiri ke sekolah untuk melakukan pendaftaran siswa baru.

Bahkan ada beberapa siswa yang ingin sekolah di sekolah negeri yang bahkan ditolak oleh pihak sekolah karena bangku yang ada di sekolah tersebut sudah penuh.

cara promosi sekolah

Berbeda hal memang kalau kita bekerja di sekolah swasta, kalau kita bekerja di sekolah swasta, maka cara promosi sekolah akan sangat kita butuhkan untuk mendapatkan siwa bbaru di sekolah swasta tersebut.

Beberapa sekolah swasta memang tidak hanya akan melakukan promosi sekolah pada waktu mendekati pendaftaran siswa baru saja, kebanyakan sekolah swasta memang akan melakukan promosi sekolah mereka sepanjang tahun, jadi tidak hanya akan mendekati pendaftaran siswa baru saja sekolah swasta akan melakukan promosi sekolah.

Banyak sekolah swasta yang memang akan mencari sebanyak mungkin siswa yang akan sekolah di sekolah swasta tersebut, karena memang dalam sekolah swasta seluruh biaya sekolah akan ditanggung dari kantong sendiri bukan dibantu oleh pemerintah.

Banyak sedikiitnya siswa yang akan sekolah di sekolah swasta akan sangat mempengaruhi keuangan sekolah dalam hal untuk membayar gaji guru yang ada di sekolah tersebut maupun untuk melengkapi berbagai fasilitas yang ada di  sekolah tersebut.

Sebagaimana kita memasarkan sebuah produk, dalam melakukan promosi sekolah juga akan sangat membutuhkan strategi dalam melakukan promosi sekolah.

Semakin bagus promosi sekolah yang akan kita lakukan, maka akan semakin banyak siswa dan juga orang tua siswa yang akan datang ke sekolah swasta yang menjadi sekolah yang kita promosikan tersebut.

cara promosi sekolah

Sebetulnya untuk cara promosi sekolah memang akan ada banyak pilihan cara untuk melakukan promosi sekolah yang bisa kita lakukan.

Namun kita juga harus memperhitungkan apakah promosi sekolah yang kita lakukan itu akan efektif atau tidak untuk menjadi media promosi sekolah.

Kalau promosi sekolah yang kita punya menarik, maka mungkin saja hasil  dari promosi sekolah yang telah kita lakukan akan sesuai dengan harapan kita dalam melakukan promosi sekolah.

Namun kalau kita gagal dalam melakukan promosi sekolah, maka hasil dari promosi sekolah yang telah kita lakukan tidak akan sama dengan target dalam melakukan promosi sekolah.

Dalam melakukan promosi sekolah memang akan ada banyak hal yang harus kita perhatikan dalam melakukan promosi sekolah. Hal yang harus kita perhatikan dalam melakukan promosi sekolah diantaranya adalah promosi sekolah harus menggunakan strategi promosi sekolah yang tepat.

Ketika kita akan melakukan promosi sekolah, maka promosi sekolah yang kita lakukan harus berbeda dengan promosi sekolah yang telah dilakukan banyak orang.

Dalam melakukan promosi sekolah kita juga akan membutuhkan SDM yang paham dengan cara untuk melakukan promosi sekolah yang menarik.

Untuk lebih memudahkan kita dalam melakukan promosi sekolah, maka kita juga akan memerlukan banyak modal promosi sekolah yang perlu kita siapkan sebelum kita akan melakukan promosi sekolah.

cara promosi sekolah

Semua cara promosi sekolah memang akan dilakukan untuk melakukan promosi sekolah. Namun, yang akan menjadi kenyataan di lapangan adalah tidak semua sekolah mampu untuk melakukan promosi sekolah dengan baik.

Kebanyakan promosi sekolah yang paling banyak berhasil adalah promosi sekolah yang membutuhkan modal promosi sekolah yang banyak. Kalau sekolah menggunakan modal promosi sekolah yang banyak, maka promosi sekolah kemungkinan akan bisa berhasil.

Kebanyakan sekolah yang mempunyai dana atau modal promosi sekolah yang rendah biasanya dalam melakukan promosi sekolah akan mengalami kegagalan dan kalah dengan promosi sekolah yang dilakukan sekolah yang mempunyai dana atau modal promosi sekolah yang lebih besar.

Selain modal promosi sekolah yang akan menentukan keberhasilan promosi sekolah, masih ada beberapa teknik lain dalam melakukan promosi sekolah yang bisa dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

cara promosi sekolah

Teknik Melakukan Promosi Sekolah

  1. Dalam melakukan promosi sekolah kita bisa menggunakan sebuah tim marketing yang solid untuk bisa mempermudah melakukan promosi sekolah nantinya.
  2. Dalam melakukan promosi sekolah, akan sangat bergantung kepada ide kreatif dari tim marketing dalam menentukan ide promosi sekolah yang unik dan berbeda dengan promosi sekolah yang lainnya.
  3. Dalam melakukan promosi sekolah, sekolah juga harus menggunakan chanel untuk mempermudah dalam melakukan promosi sekolah.
  4. Dalam melakukan promosi sekolah kita juga harus menentukan berapa banyak pintu yang akan kita datangi dalam melakukan promosi sekolah.
  5. Dalam melakukan promosi sekolah, sekolah juga bisa menggunakan orang tua siswa dalam melakukan promosi sekolah.
  6. Dalam melakukan promosi sekolah, sekolah juga harus memperhitungkan informasi riil yang ada di promosi sekolah terhadap sekolah yang sebenarnya.
  7. Dalam melakukan promosi sekolah, sekolah juga harus menentukan waktu yang akan digunakan untuk melakukan promosi sekolah.
cara promosi sekolah

Selain teknik promosi sekolah yang memang harus diperhatikan dalam cara promosi sekolah, masih ada cara efektif dalam melakukan promosi sekolah yang akan bisa membuat sekolah bisa melakukan promosi sekolah yang efektif, diantaranya adalah sebagai berikut ini :

Cara Efektif Promosi Sekolah

  1. Dalam melakukan promosi sekolah, maka sekolah bisa melakukan promosi sekolah dengan mengundang berbagai segmen baik itu SD maupun SMP untuk dikumpulkan dalam satu even promosi sekolah yang kita lakukan.
  2. Dalam melakukan promosi sekolah, sekolah juga bisa menggunakan promosi sekolah berupa pemasangan baliho yang mencantumkan foto sekolah dan juga kegiatan yang ada di sekolah tersebut.
  3. Melakukan promosi sekolah juga bisa kita lakukan dengan cara membuat brosur yang berisi tulisan dan juga gambar yang menarik.
  4. Melakukan promosi sekolah juga bisa dilakukan sekolah dengan memberikan potongan harga untuk pendaftar pertama.
  5. Dalam melakukan promosi sekolah, sekolah juga bisa memberikan diskon kepada calon siswa yang berprestasi.
  6. Dalam melakukan promosi sekolah, sekolah juga bisa menggunakan cara melakukan promosi sekolah dengan memanfaatkan media sosial.
  7. Dalam melakukan promosi sekolah, sekoalh juga bisa menggunakan cara melakukan promosi sekolah melalui mulut ke mulut.
cara promosi sekolah

Dari beberapa cara promosi sekolah yang ada diatas memang akan ada beberapa cara melakukan promosi sekolah yang paling efektif.

Namun untuk promosi sekolah yang paling banyak digunakan atau promosi sekolah yang paling efektif adalah dengan menggunakan istilah mulut kemulut atau word of mouth.

Yang artinya kita harus benar-benar membangun dan memberikan kualitas terbaik pada sekolah, sehingga orang akan semakin senang mempromosikan sekolah kita, tanpa harus membayar sedikitpun.

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *