Membangun Bisnis MLM dengan Mudah dan Cepat Sukses

Berbicara mengenai dunia bisnis di tahun 2018 ini memang tidak ada habisnya, mengingat saat ini kebutuhan manusia semakin meningkat sehingga mengakibatkan manusia berlomba-lomba mencari penghasilan. Banyak sekali manusia yang menginginkan mempunyai sebuah bisnis dengan omzet yang besar, namun tidak semuanya berani mencoba untuk memulai atau bahkan melakukan sebuah bisnis di karenakan beberapa ketakutan seperti tidak ada modal usaha, resiko usaha bisnis collabs, hingga takut menjadi korban penipuan.

Bagi kamu yang sedang ingin memulai sebuah bisnis baru atau bahkan sudah menjalani bisnis dalam waktu yang cukup lama, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah MLM (Multi level Marketing). MLM merupakan sebuah angin baru bagi dunia bisnis pasalnya MLM ini adalah sebuah strategi dalam pemasaran yang bentuknya berantai.

Maksudnya adalah sebuah strategi pemasaran dimana seorang penjual atau kita sebut sales tidak hanya mendapatkan hasil usaha/kompensasi atas penjualan yang telah berhasil mereka dagangkan, namun mereka mendapatkan kompensasi juga atas hasil penjualan dari sales lain yang mereka rekrut. Salah satu hal yang membuat bisnis ini menarik adalah kamu tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. Gimana, berminat apa masih bingung?

Pengertian Bisnis MLM (Multi Level Marketing)

Jadi begini, dalam dunia MLM kita mengenal dua istilah popular dalam keanggotaannya, yaitu upline dan downline. Jadi upline adalah seorang yang terlebih dahulu masuk di sebuah firma atau perusahaan bisnis yang dimaksud dan akan menjadi mentor bagi para downline. Sementara downline adalah orang yang baru masuk dalam bisnis yang akan menjadi anak didik dari upline. Jadi tugas upline selain itu adalah mencari downline sebanyak-banyaknya agar mendapat bonus berlipat dan mengajari mereka (para downline) bagaimana cara kerja bisnis di perusahaan tersebut.

Sudah ada gambaran kan?

Saat ini bisnis MLM sudah mulai bermunculan di berbagai aspek, mayoritas tujuan bisnis MLM ini adalah memasarkan sebuah produk. Dalam memasarkan produknya banyak sekali cara yang kita jumpai, seperti promosi produk secara face to face. Mungkin kamu pernah mengalaminya ketika sedang berjalan di mall dan menemui seorang sales menawarkan produk dengan memberikan brosur dan tawaran bonus menggiurkan.

Nah, mengingat saat ini adalah era digital. Ada untungnya bagi para pelaku bisnis, mereka dimudahkan dalam mengembangkan bisnisnya, seperti mudahnya melakukan transaksi secara online dan bahkan melakukan promosi secara massive dengan media online. Sehingga tak sedikit pelaku bisnis MLM yang tidak lagi memasarkan produknya secara face to face namun memilih menggunakan media sosial, terlebih mengingat dengan adanya ide tersebut maka pekerjaan bisa dilakukan secara part time atau di kerjakan di rumah.

Sering kita menemukan sebuah promosi di blog, website atau forum-forum tertentu terkait promosi sebuah produk. Nah,  dalam bisnis MLM kita juga mengenal strategi pemasaran online yang selanjutnya disebut strategi digital marketing. Tujuan dari strategi ini adalah meningkatkan tingkat penjualan produk dan sebagai cara efektif menggaet para pegiat bisnis baru agar bersedia bergabung dalam bisnis MLM yang kita miliki.

Tips Membangun Bisnis MLM

Kamu penasaran? Yuk kita simak beberapa tips dan informasi dalam melakukan digital marketing untuk bisnis MLM.

  1. Bangunlah Channel sosial media dan sebuah website profesional

Jika kamu adalah pelaku bisnis MLM, alangkah baiknya kamu memperhatikan poin pertama ini, langkah pertama bangunlah sebuah channel media sosial seperti official facebook, instagram, twitter dll. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu dalam mempromosikan bisnis MLM kamu dan melakukan pemasaran online. Yang kedua jangan lupa untuk membangun sebuah website profesional. Karena biasanya seseorang akan mencari terlebih dahulu informasi tentang suatu penawaran bisnis di internet,  jika website yang kamu milik asal-asalan seperti hanya sebuah blog berdomain gratis, kemungkinan orang juga akan ragu bergabung dalam bisnis MLM yang kamu miliki.

Cobalah untuk membuat sebuah website profesional yang berisi informasi lengkap mengenai penawaran bisnis MLM yang kamu berikan beserta informasi produk yang akan kamu pasarkan. Oiya. jangan lupa untuk menjadikan landing page website kamu sebagai magnet bagi pembaca agar lebih yakin dan tertarik menjadi anggota dalam bisnis yang kamu tawarkan.

Satu lagi hal yang perlu di perhatikan adalah, rajinlah mengisi website kamu dengan informasi yang berupa artikel yang bermanfaat dan berkualitas. Content website memang salah satu elemen penting dalam membangun sebuah website profesional. Jadi buatlah sebuah artikel semenarik mungkin yang isinya persuasif guna untuk mengajak para pembaca menjadi anggota dalam bisnis MLM yang sedang kamu bangun.

  1. Lakukan Email Marketing melalui website

Email marketing dipercaya menjadi salah satu hal yang menjadikan pemasaran kamu bertambah dan sukses dalam menggaet konsumen secara massive. Email marketing adalah daftar dari email para pembaca/konsumen yang dirasa potensial dan solid yang kemudian caranya bisa kamu dapatkan dari pihak ketiga atau dari pengunjung yang memasukan alamat email mereka ke dalam website melaui kotak menu yang telah disediakan yang biasanya berbentuk pop up  pada website kita.

Cara ini efektif untuk menyebarkan informasi secara massive ke dalam email pembaca yang dilakukan secara rutin. Dengan cara ini, pembaca yang mendapatkan email akan terus update informasi dari penawaran bisnis MLM dan informasi produk yang kamu kirim, jika mereka penasaran dan cukup tertarik, mereka akan follow up dengan membalas email kamu atau mengubungi kontak lain yang bisa dihubungi. Mudah kan?

 

  1. Optimalkan dengan Search Engine Marketing

Nah, pasti kamu ingin website kamu berada di urutan teratas ketika topik bisnis MLM dicari oleh user dari serach engine semisal google. Cara ini juga relatif cepat dalam membuat website kamu popular dan rame pengunjung, karena pada dasarnya seseorang ketika berselancar di dunia internet, akan membuka dan membaca informasi dari hasil pencarian pertama di search engine.

Cara ini lumayan sulit, kamu bisa mempelajarinya sendiri dengan meningkatkan search engine optimization (SEO) pada website kamu atau kamu juga bisa menggunakan bantuan Google adword yang berbayar itu. Namun tidak ada salahnya kamu mengeluarkan kocek tak seberapa demi mendapatkan apa yang kamu mau. Kamu mendapatkan income dari visitor website kamu, mendapatkan banyak downline baru bagi bisnis MLM kamu atau memasarkan online produk kamu.

4.        Mencoba ranah promosi dengan Influencer marketing

Berada diantara lingkungan para millenials, tentu kamu tahu bahwa banyak sekali social media influencer yang lahir belakangan ini. Banyak anak muda yang menggilai sosok tersebut karena kecantikannya, skill nya atau bahkan karena kontroversinya. Nah, bagi kamu pemilik bisnis MLM tidak ada salahnya mencoba menggunakan strategi ini dengan menggunakan influencer tersebut untuk mempromosikan bisnis kamu dalam bentuk endorsment.

Memang cara ini perlu mengeluarkan kocek dari kantong kamu. Namun cara ini di percaya cepat dalam mengembangkan bisnis kamu, dijamin modal kembali. Mulailah menggunakan cara ini dengan menggaet selebgram atau youtuber yang memiliki jumlah follower banyak di sosial medianya sehingga target utama kamu adalah menggaet follower tersebut agar tertarik dan menjadi anggota bisnis MLM yang kamu miliki. Cukup mudah kan?

Nah diatas adalah beberapa infromasi yang dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis MLM dengan menggunakan strategi pemasaran online atau digital marketing. Memang saat ini kita harus mulai berkaca dan menyesuaikan perkembangan jaman yang dinamis, jika kita tidak mengikutinya dan masih mengikuti cara konvensional, kemungkinan bisnis kita juga sulit untuk berkembang. Nah, selamat mencoba, cherrs!

Related Articles

Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *