Cara Bisnis Tanpa Modal banyak sekali dicari-cari oleh orang. Karena yang sering kita tahu untuk memulai sebuah bisnis tentulah kita butuh modal yang besar.

cara bisnis tanpa modal

Contohnya saja untuk membuat sebuah toko kita butuh sewa tempat, butuh produk, butuh karyawan dan lain sebagainya yang kesemuanya itu tentu saja butuh uang. Lalu pertanyaannya adalah… adakah bisnis yang tanpa modal?

Memang ada beberapa bisnis yang tidak butuh modal secara materiel, contohnya saja ikut program dropship, menulis artikel untuk blog atau web orang lain, menyediakan sebuah jasa backlinks, dan lain sebagainya.

Akan tetapi untuk melakukan promosi, tetaplah mengeluarkan biaya meski memang tidak banyak. Jadi intinya, untuk menjalankan sebuah bisnis perlu mengeluarkan modal meski tidak besar.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh bisnis yang tanpa modal besar dan bisa dikerjakan siapa saja yang ingin memperoleh penghasilan tambahan.

  1. Menjadi Penulis Lepas

Cara Bisnis Tanpa Modal besar yang pertama yaitu menjadi penulis lepas. Ini sangat cocok bagi anda yang suka dan memiliki kemampuan menulis. Untuk menjalankan profesi ini, maka kamu hanya butuh laptop dan koneksi internet. Setiap bulan pemilik website yang menggunakan jasa anda akan mengirimkan pembayaran atas tulisan-tulisan yang kamu buat, nilainya memang tidaklah besar akan tetapi lumayan untuk uang tambahan. Dan jika anda sudah jadi penulis yang profesional, maka bayaran anda akan semakin tinggi.

  1. Menjual Produk Orang Lain

Cara Bisnis Tanpa Modal besar selanjutnya yaitu dengan menjual produk orang lain yaitu bisa dropship maupun reseller. Keuntungan dari seorang reseller yaitu kita tidak perlu pusing dalam membuat produk yang akan dijual. Kita hanya butuh fokus pada proses pemasaran dan penjualan dari produk orang lain, dan tentunya kita juga harus memastikan kalau produk yang mau kita jual memang bagus.

menjual produk orang lain

Kesempatan menjadi reseller maupun dropship sangatlah banyak kita temukan. Akan tetapi untuk dapat menjalankan bisnis reseller ataupun dropship, kita harus punya sebuah website ataupun blog yang kita gunakan sebagai sebuah etalase ataupun tempat display untuk barang yang akan kita jual.

Website ataupun blog tersebut dapat dibuat dengan gratis menggunakan Blogger ataupun WordPress. Namun supaya terlihat lebih profesional, maka ada baiknya untuk membuat website ataupun blog dengan menggunakan nama domain sendiri, hal ini tidak gratis akan tetapi modal yang diperlukan untuk membeli domain sangatlah kecil jika dibandingkan dengan menyewa tempat untuk berjualan. Hal itu tergantung pada pilihan kita sendiri.

  1. Menjadi Broker atau Agen

Jika Anda mempunyai kemampuan marketing yang cukup baik, maka Anda dapat mencoba menjadi broker ataupun agen. Contohnya menjadi agen penjual property. Adapun keuntungan menjual property bisa berasal dari dua pihak, baik dari pemilik property maupun dari pembeli property.

  1. Menjadi Seorang Blogger

Ada banyak blogger yang punya penghasilan rutin dari sebuah blog yang telah dia kelola. Jika kita punya blog ataupun website yang punya trafik pengunjung tinggi maka dapat dipastikan blog tersebut dapat memberikan penghasilan rutin. Adapun beberapa cara untuk memperoleh penghasilan dari sebuah blog dengan yaitu lewat space iklan yang dapat disewakan, lewat program pay per click (Google adsense), lewat program PPL atau pay per lead.

cara bisnis dari rumah

Akan tetapi perlu anda tahu untuk membuat blog dengan trafik tinggi serta disukai pengunjung bukanlah hal mudah. Untuk mencapai semua itu, kita perlu memiliki sebuah kemampuan khusus, baik itu sebagai seorang webmaster, sebagai seorang penulis konten, maupun seorang pebisnis online. Namun semua itu mungkin saja anda lakukan jika anda terus belajar dan berusaha.

Jadi bisa saya simpulkan bahwa, tidak ada bisnis yang tanpa dengan modal sama sekali, tapi saya lebih setuju apabila menyebutnya sebagai bisnis dengan modal yang kecil. Jika kita menggali peluang usaha yang ada di sekitar kita, sesungguhnya ada banyak kita temukan bisnis yang tanpa menggunakan modal besar.

Demikianlah informasi mengenai Cara Bisnis Tanpa Modal yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat!


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.