Saat ini penggunaan internet sudah meningkat dengan pesat. Penggunanya tidak hanya orang dewasa, melainkan anak – anak, remaja dan juga orang tua. Banyak sekali manfaat dari internet, sehingga hampir semua orang menggunakan.

Dengan internet Anda dapat berkomunikasi dengan mudah, sehingga jarak bukan lagi menjadi alasan untuk tidak bisa berkomunikasi. Jika dulu untuk mengetahui informasi harus melalui koran, radio atau tv. Sekarang Anda sudah dapat mengetahuinya melalui handphone dengan adanya internet.

Tak hanya itu saja, dengan adanya internet Anda juga dapat mendapatkan uang. Begitu banyak sosial media yang membuat setiap orang terhubung dan berkomunikasi.

Hal tersebut dijadikan peluang bagi orang – orang yang ingin mendapatkan uang, yaitu dengan bisnis online atau yang biasa dikenal dengan online shop. Biasanya orang – orang menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram untuk memposting barang yang akan dijual. Tidak perlu tempat untuk berjualan dan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Selanjutnya akan terjadi komunikasi antara penjual dan pembeli. selain media sosial tersebut Anda juga bisa mendapatkan uang melalui Blog

Apa itu Blog dan Pengertian Blog

Apa itu Blog dan Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan yang berasal dari kata Web dan Log(WEBLOG) yang memiliki arti catatan online. Dapat diartikan pula situs web yang berisikan tulisan, artikel atau informasi lainnya yang dapat diakses oleh oleh umum maupun pribadi. Dalam perkembangan zaman, kini blog dapat digunakan untuk menghasilkan uang.

Sejarah Blog

Blog pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com. Blogger.com dimilki oleh perusahaan Pyra Labs dan sebarluaskan pada bulan Agustus 1999. Karena kepopulerannya pada akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Sejak saat itu banyak aplikasi – aplikasi yang bersifat open source yang diperuntukan pada perkembangan para penulis blog.

Macam-Macam Blog

Blog digunakan oleh banyak orang yang memiliki kesenangan dan kepentingan masing – masing. Berikut adalah beberapa dari macam blog yang ada.

  1. Blog Pribadi: berisikan tentang pengalaman seseorang, kuluhan, puisi dan lain – lain.
  2. Blog Kesehatan: berisi tentang berita kesehatan , tips kesehatan, dan hal – hal lain yang berhubungan dengan kesehatan.
  3. Blog AgamaL berisi tentang segala hal mengenai agama.
  4. Blog Bisnis: digunakan oleh seorang pengusaha untuk kegiatan promosi binsis mereka.
  5. Blog Pendidikan: digunakan untuk menulis mengenai pengetahua – pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan.

Itu adalah beberapa dari banyaknya macam – macam blog yang ada. Karena pada dasarnya blog merupakan media yang sangat diminati dan mudah digunakan oleh bermacam – macam kalangan.

Manfaat Blog

Dengan mimiliki blog maka dapat memberikan beberapa manfaat baik untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain. Berikut adalah beberapa manfaat memiliki akun blog.

  1. Dapat digunakan untuk menyalurkan hobi dengan mengisi waktu luang dan kegiatan yang positif.
  2. Dapat digunakan sebagai media untuk berkarya dan aktualisasi diri.
  3. Dapat berbagi software yang berguna seperti foto, film, video, dokumen dan lain – lain.
  4. Dapat saling bertukar pengetahuan antara pembaca, penulis dan juga pengunjung.
  5. Dapat menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain.

Bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot

membuat blog dengan blogspot

Selain memiliki manfaat untuk diri sendiri dan orang lain, membuat blog di blogger bukanlah hal yang sulit. Berikut adalah cara untuk membuat blog di blogger.

  1. Syarat yang pertama untuk membuat blog, Anda harus memiliki alamat email yang aktif,
  2. Selanjutnya kunjungi alamat http://blogger.com
  3. Pilih menu Create Your Blog. Setelah itu Anda akan disuruh untuk memasukan alamat email dan passwordnya
  4. Pada bagian kanan atas terdapat menu bahasa, Anda dapat memilihnya sesuai dengan kemampuan bahasa Anda,
  5. Selain itu dibagian bawah terdapat tombol yang bertuliskan ‘Lanjutkan ke Blogger’, klik tombol tersebut,
  6. Pada bagian kiri atas klik menu ‘Blog Baru’,
  7. Selanjutnya akan keluar form yang harus diisi. Form tersebut berisikan:
  8. Judul: isi sesuai dengan judul blog yang Anda inginkan. Misal “Keren Blog”
  9. Alamat: isi dengan alamat yang Anda inginkan. Misalnya “kerenblog”
  10. Template: terakhir pilih template yang Anda inginkan.
  11. Jika langkah di atas sudah dilakukan klik tombol ‘Buat Blog’
  12. Setelah itu maka blog yang telah Anda buat siap untuk digunakan.

Cara Mendapatkan Uang Melalui Blog

Cara Mendapatkan Uang Melalui BlogBlog merupakan salah satu media yang banyak digunakan oleh berbagai macam kalangan. Membuat blog juga tidak perlu keahlian dan dapat diselesaikan dengan waktu yang sangat singkat.

 

Selain itu cara penggunaanya cukup mudah. Dengan berbagai kelebihan tersebut, ternyata blog juga dapat digunakan untuk mendapatkan uang. Ada beberapa cara yang harus dilakukan. Karena untuk mendapatkan sesuatu tidak bisa dengan cara yang intans. Berikut cara – cara yang perlu diperhatikan.

Tentukan topik dan target pembaca

Sebelum melangkah yang lebih jauh, Anda harus memikirkan topik yang akan dibuat dan siapa target pembacanya. Karena kedua hal tersebut sangat penting untuk keberlangsungan blog yang telah Anda buat.

Isi dengan konten yang berkualitas

Setelah menentukan topik, target pembaca yang harus Anda lakukan adalah mengisi blog dengan konten yang berkualitas. Karena apabila Anda tidak mengisinya dengan sesuatu yang diminati dan dicari orang lain maka blog Anda tidak akan dikunjungi.

Pilih metode monetisasi yang tepat

Setelah membuat dan mengisi blog dengan hal – hal yang berkualitas. Tahap selanjutnya adalah proses memanfaatkan blog yang telah dibangun untuk mendapatkan uang. Proses tersebut dinamakan monetisasi blog.

Terdapat berbagai macam metode monetisasi blog. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih metode yang tepat  untuk blog Anda. Berikut adalah macam – macam metode monetisasi yang dapat Anda pilih.

Memberikan Review

Review merupakan salah satu metode monetisasi dimana Anda akan mendapatkan uang dengan mereview suatu produk atau jasa milik orang lain. Pemilik jasa atau produk harus memberikan sejumlah uang agar produk atau jasanya direview melalui blog yang Anda miliki.

Memasang Iklan

Dalam memasang iklan terdapat 2 metode yang perlu Anda pilih. Pertama yaitu Anda perlu mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan. Advertising Networks adalah sebuah program layanan yang menghubungkan antara pemasang iklan dengan pengguna blog. Sedangkan yang kedua yaitu Direct Advertising, pada metode ini Anda harus menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog Anda.

Menjual produk dan jasa sendiri

Apabila Anda memiliki produk atau jasa sendiri Anda dapat mempromosikan melalui blog Anda. Karena selain Anda tidak mengeluarkan biaya untuk promosi, barang dan jasa Anda dapat mendapatkan penghasilan dari terjualnya barang atau jasa yang Anda miliki.

Jualan Blog

Anda dapat mendapatkan penghasilan dari menjual blog. Jadi Anda dapat membuat blog kemudian menjualnya kepada orang yang membutuhkan.

Mengikuti program afiliasi

Afiliasi merupakan sebuah program yang membantu Anda untuk mempromosikan jasa atau brang milik orang lain. apabila barang atau jasa tersebut berhasil terjual maka Anda akan mendapatkan komisi. Untuk mengikuti program tersebut Anda harus mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai blog. Selain mudah dibuat, ternyata blog juga dapat menghasilkan uang. Jika Anda adalah orang yang suka menulis, Anda dapat menyalurkan hobi tersebut melalui blog sekaligus mendapatkan penghasilan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.