Inilah Cara Berbisnis Laundry dengan Mudah!

CARA BERBISNIS LAUNDRY

Cara Berbisnis LaundryDengan berkembangnya zaman saat ini, dan dengan segala kesibukan manusia yang menuntut untuk bekerja keras membuat orang semakin malas.

Terutama aktivitas mencuci pakaian. Pakaian yang setiap hari harus kita pakai pastinya juga harus dalam keadaan yang bersih.

CARA BERBISNIS LAUNDRY

Maka dari iut, salah satu peluang bisnis yang bisa kita lakukan adalah bisnis laundry. Ini akan menjadi peluang bisnis yang bagus, apabila kita pintar membaca situasi dan kondisinya.

Jenis usaha yang satu ini biasanya yang melakukannya adalah ibu rumah tangga yang belum mempunyai aktifitas kerja selain di dalam rumah. Cuman memang tidak menutup kemungkinan bukan hanya ibu rumah tangga.

Cara Berbisnis Laundry

Untuk mengawali jenis usaha yang satu ini sebenarnya sangatlah mudah. Untuk tahap awal, yang biasanya harus digarap adlaah modal awal dan tempat untuk buka bisnis laundry. Untuk awal-awal biasanya estimasi danan yang dibutuhkan adalah sekitar Rp. 9-10 juta saja.

Dengan modal yang cukup ini, kamu nanti bisa mendapatkan perlatan yang dibutuhkan untuk usaha laundry. Peralatan-peralatan tersebut seperti, 3 buah mesin cuci yang dilengkapi dengan detergen, pewangi, seterika, papan seterika, keranjang baju box, plastik kresek, stempel, spanduk, kartu nama, dan lain-lainnya.

Apabila bisnis tersebut sudah berjalan, maka kamu untuk berikutnya tidak perlu repot-repot untuk mengeluarkan biaya bulanan lagi. Kamu hanya cukup belanja kebutuhan harian untuk laundry, seperti pewangi, pelican, pengharum, plastik roll, biaya untuk listrik dan untuk karyawan jikalau ada. Saran saya sebaiknya ada pegawainya meskipun hanya satu. Gaji pegawai laundry biasanya sekitar Rp. 400.000 sampai dengan Rp. 500.000.

Selanjutnya yang harus kamu fikirkan adalah tempat untuk membuka laundry. Tempat sangat menjadi penentu untuk pemasarannya.

Kamu bisa memilih tempat-tempat yang strategis untuk laundry seperti lokasi dekat kampus yang dekat dengan lokasi kos mahasiswa, kemudian di sekitar perumahan-perumahan elit.

Lokasi-lokasi ini biasanya merupakan lokasi yang dipenuhi oleh orang-orang yang kurang memiliki waktu.mahasiswa biasanya sangat sibuk dengan belajarnya, tidak hanya belajar di dalam kelas maksudnya.

Kemudian dalam perumahan elite, tentunya disini kebanyak orang-orang kantoran, PNS, Wirausahawan yang memiliki kerja target waktu. Sehingga ketika mereka pulang kerumah itu hanya dimanfaatkan untuk beristirahat saja.

Dari bisnis laundry ini kamu akan mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Disini saya akan memberikan contoh estimasi dalam bisnis laundry.

Dalam jangka satu bulan, apabila bisnis laundry kamu berjalan dengan lancar setidaknya minimal pakaian kotor yang masuk dalam usaha laundry kamu adalah 30 kg perhari. Rata-rata harga satu kilo laundry adalah 5 ribu sampai dengan 6 ribu.

Maka, apabila kita hitung dalam satu bulannya adalah 30 x 6.000 = 180.000 x 30 = 5.400.000. Jadi kira-kira laba keseluruhan yang masuk adalah sekitar Rp. 5.400.000 itu.

Usaha laundry adalah salah satu jenis usaha yang tidak biasa seperti usaha laundry sekedarnya saja.

Namun, usaha laundry ini juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Dengan modal yang dibutuhkan cukup besar tersebut, ini menjadi salah satu usaha yang memiliki potensi untuk dikembangkan dan memiliki pendapatan yang bagus.

Apabila modal kamu belum bisa mencapai 10 juta, maka kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan satu buah mesin cuci terlebih dahulu. Jangan ragu untuk mencoba peluang bisnis ini.

Demikian tadi artikel tentang Cara Berbisnis Laundry.

Related Articles