Cara Promosi Barang – Satu usaha atau perusahaan yang bisa bertahan ditengah persaingan dengan perusahan lainnya, itu tidak terlepas dari strategi promosi para karyawan atau orang yang bergerak dibidang promosi. Sebuah barang yang berkualitas dari perusahan besar tanpa adanya orang hebat yang memasarkan akan percuma saja. Sebab para konsumen tidak mengetahu barang-barang berkualitas tersebut yang sedang dipaasarkan. Usaha melakukan promosi sangat begitu penting untuk pemertahan satu usaha. Simak, artikel ini akan memberikan gambaran mengenai cara promosi barang. Jika anda berniat untuk melakoni usaha promosi, ikuti terus artikel ini.

Sudah barang pasti, suatu produk yang berkualitas akan memerlukan alat bantu supaya bisa dikenal orang banyak, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk. Sarana itu disebut cara promosi barang.Promosi bertujuan untuk memberikan informasi, memengaruhi, membujuk, dan mengingatkan pelanggan tentang perusahaan dan bauran pemasarannya. Jadi, promosi adalah cara perusahaan atau produsen mengenalkan sebuah produk baru kepada konsumen agar konsumen mengetahui kelebihannya dan membeli produk tersebut. Promosi adalah sesuatu yang mutlak dilakukan dalam dunia bisnis.

cara promosi barang

Nah, sekarang inilah beberapa cara yang bisa Anda tempuh dalam usaha promosi barang jualan Anda. Dengan mengikuti cara berikut promosi Anda akan berhasil dan produk Anda kan diserbu oleh para konsumen.

Cara Promosi Barang Agar Cepat Laku Dengan Mudah!

Manfaatkan Penggunaan Iklan dengan Baik.

Saat ini, strategi promosi barang melalui iklan sangat banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha. Sebagai informasi. Periklanan adalah suatu cara promosi untuk meningkatkan permintaan suatu produk, jasa, atau lembaga penjualan melalui surat atau menggunakan media sebagai perbandingan. Jenis promosi ini bersifat non personal karena menggunakan media, sehingga produsen tidak berinteraksi langsung dengan konsumen, namun tetap bertujuan untuk meningkatkan daya tarik konsumen terhadap suatu produk. Promosi seperti ini memerlukan biaya, sehingga tidak jarang ada yang bersedia menjadi sponsor.

Strategi Penjualan Secara Langsung kepada Konsumen.

Umunya, Promosi barang dari satu perusahaan dengan memakai cara ini dibantu oleh pegawai khusus. Orang khusus menangangani promosi dengan melakukan kontak langsung dengan konsumen. Personal selling adalah salah satu bentuk promosi secara personal atau bertatap muka, dan disampaikan dalam presentasi lisan kepada calon konsumen untuk mengenalkan dan mengajak secara persuasif agar mereka mau membeli produk di saat yang bersamaan atau pun di kemudian hari. Dengan bertemunya wiraniaga dan konsumen, diharapkan terjadi komunikasi dua arah yang efektif.

cara promosi barang

Pergunakan Publisitas.

Publisitas adalah promosi yang bersifat nonpersonal terhadap permintaan suatu produk atau jasa yang bersifat komersial di dalam media yang dipublikasikan melalui televisi atau radio, namun pembayarannya berasal dari dana produsen, bukan sponsor,  Maksudnya adalah promosi mengenai pelayanan, kepuasan konsumen, dan informasi tentang suatu produk dalam sebuah liputan berita di televisi atau radio, agar banyak orang yang mengetahuinya.

Gunakan Promosi Penjualan

Promosi penjualan adalah berbagai jenis promosi yang lain untuk melengkapi tiga jenis promosi di atas di dalam dunia bisnis, supaya lebih efektif dalam meningkatkan penjualan produk. Berdasarkan definisi tersebut, promosi penjualan juga dapat digunakan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis, yaitu: Trade promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk meningkatkan daya beli dari pedagang grosir, retail, eksportir, dan importir untuk memperdagangkan barang atau jasa dari produsen. Customer promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk menarik lebih banyak costumer atau pembeli untuk membeli produk yang ditawarkan.

cara promosi barang

Business promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk mempertahankan pembeli agar loyal terhadap perusahaan atau produsen, meraih pelanggan baru, mengenalkan produk baru jika ada, dan membuat pelanggan membeli produk baru dan tetap membeli produk lama. Intinya adalah, bagaimana menjaga bisnis tetap terjaga dengan baik, secara kualitas dan tren pembeli yang meningkat. Sales-force promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk memaksimalkan komponen pendukung penjualan agar permintaan sebuah produk meningkat.

Dengan memahami gambaran diatas, Anda tidak hanya mengandalkan satu jenis promosi, namun mengombinasikan berbagai jenis promosi yang sesuai dengan target pasar, sehingga lebih menarik minat konsumen. Apalagi di zaman milenium yang serba canggih ini. Anda harus semakin kreatif karena Anda harus membuat promosi produk yang unik supaya konsumen langsung terpaut hati dan pikirannya, saking uniknya iklan yang Anda buat.

cara promosi barang

Promosi produk juga harus inovatif, menggunakan cara promosi yang baru dan lain daripada yang lain. Adaptif maksudnya adalah cara promosi produk yang sesuai dengan target pasar dan perkembangan zaman. Baiklah, jika pikiran Anda masih remang-remang memahami konsep promosi dalam bisnis, sekarang akan kami bagikan detail 26 cara promosi produk yang efektif. Simak dengan baik, ya.

Optimalisasi Pemakaian Media Sosial

Arus globalisasi melalu media kini tersebar ke saentero dunia. Satu masa kehidupan dalam era digital, tempat orang lebih banyak bertemu dan berbicara di dunia maya. Untuk itu, buatlah akun di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Line misalnya, untuk mengoptimalkan promosi produk Anda. Anda bisa menggunakan Facebook Ads atau menambah follower menggunakan jasa internet marketing. Aktif di sosial media, selain mengenalkan produk dengan menarik, juga dapat menjalin percakapan langsung dengan konsumen, sehingga cara ini sangat ampuh dalam meningkatkan penjualan produk Anda.

cara promosi barang

Manfaatkan Konsumen Sebagai Agen Promosi

Inilah alasannya mengapa kepuasan konsumen harus dijaga. Karena ketika konsumen berpuas hati terhadap produk yang Anda keluarkan, maka secara tidak langsung Anda akan mendapatkan agen promosi. Konsumen akan dengan sukarela melakukan personal marketing dari mulut ke mulut dengan menceritakan betapa dia puas dengan produk Anda, dan membeberkan berbagai kelebihannya. Dapat dibayangkan, bagaimana jika Anda dapat menjaring hati konsumen yang ternyata pintar seperti salesman? Grafik penjualan Anda pasti meningkat!

cara promosi barang

Jangan takut sesekali memberi harga Murah

Siapa sih, yang tidak tertarik dengan tulisan diskon yang besar dan berwarna merah saat berbelanja? Anda sebagai produsen dapat menggunakan cara ini sebagai salah satu cara promosi yang efektif. Konsumen akan lebih dulu mendatangi area berdiskon dibandingkan produk yang sama dengan harga biasa. Ini adalah tanda pertama bahwa produk Anda akan dibeli oleh konsumen.

Bangun Kerjasama dengan Perusahaan

Membangun jaringan kemitraan dengan perusahaan atau produsen yang bukan pesaing produk kita, juga merupakan salah satu cara jitu untuk menarik pembeli. Anda bisa mendapatkan akses bisnis berupa pelanggan baru dan saling membantu sesama pengusaha yang sedang merintis dalam dunia bisnis.

cara promosi barang

Adakan Kompetisi mengenai produk Anda.

Mengadakan kompetisi dengan konten produk sekaligus promosi. Anda bisa membuat kompetisi sederhana seperti “tag and win” di media sosial atau review produk berhadiah produk Anda. Selain itu, bisa juga mengadakan event kompetisi besar, seperti kontes wirausaha muda tempat perusahaan Anda menjadi sponsornya.

Beritakan Produk Anda

Anda bisa mengisi kolom di surat kabar mengenai profil Anda atau perusahaan, beserta penjelasan dan kelebihan produk pada surat kabar yang pembacanya sesuai dengan target pasar yang Anda cari. Jangan lupa, sertakan pula informasi yang jelas tentang bagaimana cara mendapatkan produknya.

Pergunakan Website

Website atau blog dengan SEO akan meningkatkan traffic kunjungan konsumen terhadap website Anda. Selain tampilan yang menarik, tentunya konten web dengan SEO yang baik akan meningkatkan penjualan produk. Anda bingung mengenai konten SEO? Jangan khawatir, kini telah banyak jasa penulisan konten SEO yang tepercaya kualitasnya, seperti kontenesia.com.

cara promosi barang

Manfaatkan Akun Email Anda

Lagi-lagi internet adalah cara promosi produk yang sangat efektif. Dengan email, Anda dapat mengantarkan detail produk, informasi diskon terbaru, atau paket promosi kepada jutaan calon pembeli hanya dengan sekali menekan tombol kirim dalam fitur email. Data email pelanggan didapatkan dari kolom yang diisi oleh customer. Anda dapat memfollowupnya secara berkala.

Pergunakan  Media TV atau YouTube

Membuat iklan dengan audio visual yang menarik akan jauh berbeda hasilnya jika hanya memasang iklan baris di surat kabar. Jika biaya tayang di televisi masih terlalu mahal, Anda bisa memanfaatkan YouTube atau akun lain yang bisa mempromosikan iklan audio visual. Melalui iklan ini, biasanya akan lebih mudah untuk diingat konsumen.

Kira-kira seperti itulah cara melakukan promosi barang yang mungkin cocok Anda ikuti. Semoga artikel kali ini bermanfaat buat Anda semua, khususnya yang ingin bergelut dengan dunia usaha promosi barang. Baca juga cara bisnis t-shirt printing.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

    1 Response to "13 Cara Promosi Barang Agar Cepat Laku Dengan Mudah!"

    • Jauharotun Navisa

      Saya ingin bergabung

Leave a Reply

Your email address will not be published.