Cara Membuat Blog Yang Menarik – Mempercantik blog bisa diibaratkan seperti memperindah rumah , jika di rumah itu di hias dengan pernak pernik dan pengaturan penempatan peralatan yang tertata rapi dan bagus sedangkan kalau blog dapat menggunakan kode, script yang di atur sehingga terlihat menarik.

Memiliki blog yang menarik itu masih kurang memuaskan untuk seorang blogger jika belum menjadi unik. Jadi selain menarik, maka blog itu harus dapat terlihat unik karena blog yang unik akan menjadi karakter yang terkesan tidak menjiplak mentah-mentah karya dari blog orang lain dan kreatif.

Dalam membuat blog, para blogger biasanya memiliki karakter tersendiri. Contohnya sangatlah banyak anda temukan di internet, tampilan blog mereka akan berbeda-beda meskipun dari author yang sama. Cara membuat blog yang menarik dan unik ini tidak sulit.

Anda dapat merubah sedikit-sedikit kode-kode yang anda dapatkan di tutorial blogger yang didapatkan di internet tanpa harus merubah kode dasarnya. Yang berarti anda tidak tanpa harus mengarang kode sendiri. Berikut ini beberapa cara membuat blog yang menarik dan unik:

Tips #1 : Mengganti template yang keren dan unik.

cara membuat blog yang menarik

Template merupakan solusi tercepat untuk merubah tampilan blog jadi dalam hitungan detik maka tampilan baru langsung terlihat, dengan mengubah template blog maka akan tampil seperti baru, anda dapat mencari koleksi template cantik dan keren di internet yang mungkin dapat anda jadikan koleksi untuk merubah tampilan blog anda.

Akan tetapi perlu di ingat untuk template sobat yang sudah lama tidak diganti, sebaiknya janganlah merubah kode yang ada di bawah <head> seperti meta tag, keyword, deskripsi blog dan yang lain. Karena hal ini akan berpengaruh di serp search engine.

Tips #2 : Menambah widget blog.

Cara Membuat Blog Yang Menarik Dan Unik

Gadget/ Widget itu dapat berguna juga dapat merugikan blog , contohnya widget yang bermanfaat untuk blog seperti Fans page yang dapat mendatangkan visitor, subcribe email yang dapat menghubungkan antara pembaca dan penulis lewat email, popular post yang bermanfaat untuk menambah pagevies dan dapat berguna sebagai backlink blog, label yang dapat mempermudah index search engine dan yang lain nya.

Sedangkan widget yang tak berguna seperti widget flag counter, widget lagu, jam, kalender dan lain sebagainya yang tak perlu dipasang di blog karena selain memperberat loading pada blog, fungsi dari widget tersebut tak begitu di anggap penting oleh para pengunjung atau pembaca blog.

Tips #3 : Memasang artikel terkait/ related post.

memasang related post

Related post ini berguna untuk menarik perhatian pembaca blog supaya mereka mau membaca artikel lain yang masih berhubungan dengan artikel sebelumnya.

Related post juga hampir digunakan oleh semua blogger guna menaikkan pageviews halaman .

Tips #4 : Membuat artikel yang menarik.

cara membuat artikel menarik

Blog dengan tampilan yang menarik dan unik namun isinya tidak bermanfaat maka tidak akan berguna dengan maksimal.

Untuk membuat artikel yang menarik memanglah membutuhkan bakat dan juga belajar akan tetapi jika sobat kurang pede atau tak ada waktu untuk menulis, maka anda dapat menggunakan jasa penulis artikel atau copywriting yang dapat anda cari di google.

Tips #5 : Menambah menu blog.

cara membuat artikel menarik

Menu blog dapat membuat blog menjadi lebih menarik dan unik karena menu yang biasanya terdapat di bawah atau di atas header berguna untuk mempermudah pembaca blog bereksplorasi lebih jauh di blog tersebut.

Itulah beberapa cara membuat blog yang menarik yang bisa anda coba di blog milik anda.

Jika ditelusuri, untuk mempercantik blog yang menarik luar dan dalam memanglah membutuhkan proses yang tidak sebentar karena menurut blog yang menarik dan cantik itu harus dapat memberikan manfaat untuk pembaca blog sehingga pembaca selain akan dimanjakan matanya maka puas juga di hatinya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.