Cara Membuat Blog Gratis

cara membuat blog

Cara Membuat Blog Gratis – Salah satu hal yang paling wajib yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis online adalah sebuah blog, blog ini akan menjadi media untuk menuangkan ide dan berpromosi bisnis dan jasa, membuat blog tidak harus mengeluarkan banyak uang, karena banyak sekali penyedia layanan blog gratis yang bisa dimanfaatkan. Namun kitapun tidak memerlukan untuk bisa mendapatkan semua layanan blog gratis tersebut. Salah satu penyedia layanan blog yang bisa dimanfaatkan dan itu gratis adalah blogger. Blogger adalah layanan blog milik google yang bisa kita gunakan sebagai media untuk mempromosikan bisnis, bisa juga kita gunakan untuk sekedar menyalurkan hobi untuk menulis.

Memanfaatkan blogger untuk bisnis adalah salah satu cara  yang tepat karena blogger adalah layanan blog yang gratis, dan blogger juga salah satu blog yang dapat di optimasi sehingga bisa ranking di SEO. Sehingga tidak jarang kita melihat beberapa orang memanfaatkan blogger sebagai salah satu solusi untuk bisnis. Bagi Anda yang belum mengetahui bagaimana cara membuat blog gratis, berikut kami jelaskan secara singkat bagaimana cara membuat blog dengan blogger

cara membuat blog

Mendaftar di blogger

Mendaftar di blogger sangatlah mudah, hanya membutuhkan akun gmail, Anda sudah bisa memiliki sebuah blogger, caranya masuk ke blogger.com jika Anda belum login, Anda harus login terlebih dahulu dengan akun gmail Anda. Setelah Anda login, Anda bisa membuat blog baru dengan cara menekan tombol blog baru. Kemudian isi judul dan URL blog Anda, jika masih tersedia Anda bisa memilikinya sekarang juga, jika telah terdaftar Anda harus mencari url blog yang baru yang belum terdaftar oleh siapapun.

Mendaftar di wordpress

Salah satu penyedia layanan blog gratis adalah wordpress, wordpress ada 2 versi yaitu yang diinstall di hosting atau  yang dikenal dengan wordpress self host, dan wordpress yang kedua adalah dari wordpress.com, sehingga nanti alamat blog Anda akan menjadi, bloganda.wordpress.com, sama halnya seperti blogspot atau blogger di atas. Jika sebelumnya di blogger Anda hanya memerlukan alamat email gmail atau bahkan harus memiliki gmail untuk memiliki blogger.com, untuk wordpress.com Anda bisa mengguna email apa saja yang penting Anda bisa mengkonfirmasi pendaftaran blog Anda.

Blog wordpress gratis di wordpress.com memiliki keterbatasan, misalnya Anda tidak dapat menambahkan plugin dari luar direktori wordpress.com, artinya tidak semua plugin dapat Anda install kedalam wordpress.com Anda, Anda juga tidak leluasa mengatur widget karena ada beberapa widget yang tidak dapat Anda atur pemakaiannya. Untuk itu sebaiknya untuk membuat sebuah blog yang diperuntukan untuk bisnis, akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan wordpress self host, itu artinya Anda membutuhkan sebuah hosting atau server online yang bisa Anda sewa dengan harga kurang dari 200 ribu per tahun.

cara membuat blog

Cara membuat blog di wordpress selfhosting tidaklah begitu sulit karena, wordpress self host dapat diinstall secara otomatis di cPanel, untuk tutorial cara install wordpress ini bisa Anda dapatkan di video tutorial di youtube. Biasanya menggunakan installer bernama softwaculous atau fantastico yang tersedia di cpanel hosting Anda.

Demikian beberapa cara membuat blog, cara lengkap Anda bisa mencari video tutorial di YouTube untuk langkah demi langkah cara membuat blog dengan wordpress atau blogger.

Penting untuk diingat jika Anda membuat blog gratisan untuk selalu memperhatikan term of service, agar blog yang sudah Anda bangun tidak di suspend di kemudian hari karena melanggar aturan.

Related Articles