Cara Bisnis Baju – Tentu akan berbeda jika kita akan mengawali bisnis pakaian dengan mempunyai sejumlah uang untuk modal awal, kita tidak perlu lagi menjadi seorang reseller ataupun dropshipper untuk mengumpulkan modal usaha dalam melakukannya sebab kita bisa segera memulai usaha dengan cara membuka sebuah toko pakaian. Namun jika anda belum memiliki modal usaha untuk menjual pakaian, maka anda dapat mengikuti program dropship ataupun reseller, yang pembahasannya akan kita bahas pada kesempatan yang lain.

Cara Bisnis Baju

Tips dan Cara Bisnis Baju mungkin akan sangat dibutuhkan oleh Anda yang mungkin masih pemula sehingga masih belum pernah menjalankannya. Berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memudahkan langkah kita dalam memulai sebuah bisnis yang khususnya menjual baju.

  1. Lakukan Survey Pasar

Ini adalah cara bisnis baju yang pertama yaitu melihat peluang bisnis baju yang akan kita geluti. Lakukanlah survey pasar serta cermatilah kondisi persaingan bisnis baju dan juga peluang yang nantinya akan kita hadapi. Hal ini sangatlah penting dijadikan sebagai sebuah antisipasi adanya risiko-risiko yang harus kita hadapi dalam menjalankan bisnis baju.

menentukan jenis baju

2. Tentukanlah Jenis Baju yang Akan Dijual

Cara Bisnis Baju yang Benar selanjutnya, setelah kita melakukan survey pasar yaitu kita perlu menentukan jenis pakaian yang ingin kita jadikan sebagai produk dalam bisnis baju kita. Pada dasarnya terdapat banyak pilihan yang bisa kita ambil, contohnya saja hanya menjual pakaian dengan segmen tertentu saja, misal: pakaian bayi, baju gamis, pakaian remaja, baju seragam, pakaian kerja, baju muslim, pakaian pria dan lain sebagainya.

3. Pilihlah Lokasi Strategis

Cara Bisnis Baju yang ketiga yang tidak kalah penting selain 2 poin diatas yaitu mengenai lokasi tempat kita akan membuka toko baju tersebut. Ini merupakan salah satu faktor yang menjadi penentu bagi sukses tidaknya bisnis yang akan kita jalankan. Oleh karena itu pastikanlah untuk memilih lokasi yang terbaik yaitu tempat yang strategis. Tapi tentu saja harus disesuaikan dengan modal anda. Karena lokasi strategis sudah pasti harganya juga mahal. Tapi anda juga masih punya pilihan lain yaitu dengan menyewa tempat.

4. Temukanlah Supplier yang Tepat 

Cara Bisnis Baju selanjutnya adalah memilih supplier. Jika masih awal memulai ada baiknya tidak memproduksi sendiri baju yang akan kita pasarkan. Hal ini untuk mengurangi risiko kerugian yang mungkin saja terjadi. Mengingat kita perlu melihat-lihat perkembangan bisnis tersebut lebih dulu selama beberapa waktu. Untuk lebih amannya, temukan serta jalinlah hubungan kerja sama dengan lebih dari satu supplier yang terbaik dalam bisnis baju.

5. Milikilah Strategi Promosi yang Tepat Sasaran

Cara Bisnis Baju yang tak kalah penting yaitu janganlah menjalankan bisnis dengan menggunakan sistem pemasaran yang biasa saja. Kita haruslah melakukan serangkaian promosi yang jitu untuk dapat menarik banyak konsumen masuk ke dalam toko kita. Di samping itu lewat internet, kita bisa juga melakukan promosi toko baju kita misalnya dengan cara memberikan penawaran khusus bagi pelanggan pertama, memberikan diskon kepada pembeli kesekian, memberikan diskon bagi pembeli yang berbelanja banyak baju. Anda juga bisa membuat tampilan toko baju kita agat terlihat menarik agar para konsumen merasa nyaman berada di toko kita.

6. Berikanlah Pelayanan Terbaik 

Mungkin anda sudah tidak asing dengan kalimat: “pembeli adalah raja”, untuk itu Berilah Pelayanan Terbaik untuk konsumen kita. Banyak sekali ahli yang berpendapat kalau sebagian besar para pelanggan akan datang kembali dan berbelanja di toko yang sama sebab mereka merasa sangat puas dengan pelayanan yang diberikan oleh toko tersebut. Sehingga diskon bukan menjadi pilihan utama untuk sebagian orang saat berbelanja, akan tetapi pelayanan yang mereka peroleh merupakan hal yang paling diingat oleh mereka.

7. Pantang Menyerah

Cara Bisnis Baju yang terakhir yaitu untuk dapat mencapai kesuksesan dalam membangun bisnis baju, diperlukan proses yang panjang. Semua itu dapat dilalui dengan tekad yang kuat dan kesabaran. Hadapilah semua tantangan yang ada dalam perjalanan menuju tangga kesuksesan tersebut dengan tanpa menyerah karena pada akhirnya Anda akan menikmati hasil jerih payah anda tersebut dengan bangga.

Demikianlah sedikit yang bisa saya sampaikan tentang Cara Bisnis Baju. Selamat mencoba dan semoga sukses.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.