Cara Berbisnis Tanah

cara berbisnis tanah

Cara Berbisnis Tanah – Berbisnis tanah adalah salah satu jenis bisnis yang sangat menguntungkan, karena semakin bertambah tahun harga tanah tidak akan semakin murah, banyak orang yang dulunya membeli tanah dengan harga sangat murah, dan saat beberapa tahun kemudian dijual dengan harga bisa mencapai puluhan kali lipat bahkan ratusan kali lipat.

Bisnis tanah juga bisnis yang tidak akan pernah merugi dan mengalami penyusutan, berbeda dengan bisnis properti yang jika properti tersebut tidak terjual secara cepat tentu akan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk merawat properti tersebut dan membuatnya masih terlihat indah.

Bisnis tanah juga bisa di bilang bisnis yang tanpa resiko, karena memiliki tanah yang siap juga akan jauh menguntungkan dibandingkan dengan memiliki rumah yang siap jual. Dan jika ternyata tanah yang kita miliki tersebut belum ingin dijual, kita bahkan bisa memanfaatkan tanah tersebut untuk memelihara ternak atau dengan berkebun. Jika Anda tertarik untuk berbisnis tanah, berikut kami bahas sedikit bagaimana cara berbisnis tanah

cara berbisnis tanah

Beli putus

Cara pertama yang dapat Anda lakukan saat berbisnis tanah adalah beli putus, beli putus secara sederhana dapat di artikan bahwa Anda membeli tanah dengan uang cash tanpa ada kerjasama dengan siapapun, Anda memang harus menyiapkan modal uang yang lumayan besar, namun dengan cara ini jauh lebih aman dan jauh lebih menyenangkan ketika Anda telah berhasil membeli tanah tersebut.

Anda dapat mencari lahan yang cocok untuk bisnis yang ingin Anda bangun dilahan tersebut atau hanya sekedar Anda beli yang mungkin berniat untuk di jual lagi beberapa tahun mendatang.

Karena Anda mengeluarkan uang yang banyak saat membeli tanah ini, cara berbisnis tanah model seperti ini membutuhkan perencanaan yang matang. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah investasi tanah yang Anda keluarkan adalah memang sesuatu yang dapat memberikan keuntungan bagi Anda dalam beberapa tahun kedepan. Anda harus memperhatikan lokasi tanah, kontur tanah dan prospek lain kedepannya yang dapat muncul. Pastikan juga tanah tidak bermasalah, baik tanah yang Anda beli maupun yang berada di sebelah tanah Anda. Karena bisa jadi Anda membeli tanah namun dikemudian hari jalan akses ke tanah Anda tersebut bermasalah, sehingga tentu tanah Anda tidak dapat di jual kecuali tanah yang dijadikan jalan akses tidak menjadi masalah lagi.

bisnis properti dengan modal kecil

Kerja sama

Cara lain untuk mendapatkan tanah atau cara berbisnis tanah adalah dengan kerja sama, kerja sama lahan ini akan sangat menguntungkan apabila Anda memiliki pengalaman negosiasi dan memang memiliki solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Jika Anda memiliki kenalan kontraktor yang mau mengeluarkan uang di awal, dan Anda dapat meyakinkan rekan Anda tersebut akan prospek dari lahan yang akan dibangun properti, tentu akan sangat menguntungkan, Anda bisa membangun sebuah kompleks perumahan tanpa modal yang besar.

Cara pembagiannya bisa berupa pembagian profit, atau juga pembagian unit. Ini bisa jadi akan menjadi solusi dan keuntungan bersama. Misalnya pemilik tanah menjual tanah miliknya dengan harga 300 juta, namun setelah Anda melakukan perhitungan jika dibangunkan properti Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 3 Milyar, Anda bisa menawarkan pemilik lahan 600 juta jika dia mau memberikan lahan tersebut untuk di jadikan perumahan. Dengan cara ini semua pihak tentu akan mendapatkan keuntungan yang besar secara bersama.

Demikian 2 cara berbisnis tanah yang bisa Anda lakukan, jangan lupa untuk melakukan perhitungan yang matang jika Anda benar-benar serius dalam berbisnis tanah.

Related Articles