Cara Berbisnis Modal Kecil Yang Bisa Dicoba

cara berbisnis modal kecil

Cara berbisnis modal kecilJika kita bicara soal bisnis modal kecil berarti kita memanglah harus tetap punya modal cukup untuk memulai bisnis tersebut.

Kita harus tetap harus mengeluarkan uang, kita juga harus memiliki modal non materil seperti pengetahuan tentang bisnis yang ingin dijalankan, modal usaha dan kemauan yang keras.

Kita dapat memanfaatkan apa saja yang terdapat di sekitar kita untuk memaksimalkan usaha yang dijalankan, misalnya memanfaatkan rumah untuk tempat usaha dalam mengurangi biaya sewa tempat, memanfaatkan anggota keluarga untuk menjalankan bisnis dalam mengurangi biaya gaji karyawan dan yang lain.

cara berbisnis modal kecil

Sampai saat ini banyak sekali masyarakat yang takut untuk memulai usaha karena alasan tidak mempunyai cukup uang.

Padahal, sebenarnya untuk memulai usaha dapat dilakukan dengan modal kecil. Terdapat beberapa cara yang dapat dijalankan para pemula untuk merintis usaha dengan modal yang kecil. Berikut ini beberapa cara berbisnis modal kecil:

Cara berbisnis modal kecil yang pertama yaitu carilah ide bisnis tanpa modal atau modal kecil. Mungkin, sebagian dari kita belum percaya jika bisnis tanpa modal itu memanglah benar-benar ada. Misalnya seperti menjadi reseller atau pemasar sebuah produk hanyalah dengan bekal katalog ataupun foto produk.

Bisnis reseller atau pemasar produk ini memang belakangan mulai untuk berkembang pesat apalagi setelah angka penggunaan internet dan gadget di kalangan masyarakat yang mulai meningkat.

Cara berbisnis modal kecil yang kedua yaitu mulailah dari modal yang sedang Anda miliki. Dalam hal ini, modal yang digunakan tentunya tak selamanya berupa modal uang. Saat modal usaha yang Anda miliki telah terbilang cukup minim, maka alternatif berikutnya yang dapat Anda manfaatkan yakni dengan mengoptimalkan modal yang telah Anda miliki.

Misalnya jika Anda mempunyai kemampuan dalam hal memasak, maka Anda dapat merintis usaha yang berhubungan dengan bisnis makanan. Contohnya membuat snack jajanan pasar dan juga menitipkannya di warung-warung yang ada di sekitar rumah Anda.

Cara yang ketiga yaitu manfaatkan peralatan seadanya. Saat ingin merintis sebuah usaha, tidak selamanya peralatan yang Anda gunakan harus serba canggih dan baru.

Untuk menyiasati minimnya modal, Anda dapat memanfaatkan peralatan seadanya yang terdapat di rumah Anda. Contohnya saja memanfaatkan teras rumah atau garasi sebagai lokasi usaha, atau dapat juga memanfaatkan perabot di dapur sebagai alat produksi.

Cara yang keempat yaitu pilihlah alat pemasaran yang gratis. Kendati modal Anda cukup minim, akan tetapi sebagai pelaku usaha Anda haruslah tetap memperhatikan strategi pemasaran usaha. Karena, tanpa pemasaran dipastikan bisnis Anda tidak bisa berjalan dengan seimbang.

Karenanya dalam menyiasati minimnya modal, Anda dapat memanfaatkan social media yang ingin menawarkan cara pemasaran secara gratis. Mulai dari Twitter, Facebook, Google Plus hingga website gratisan seperti blogspot ataupun wordpress.

Cara berbisnis modal kecil yang kelima yaitu belanjakanlah modal Anda dengan bijak. Mengingat modal usaha yang Anda punyai sangatlah terbatas, maka sebaiknya belanjakanlah modal Anda dengan bijak. Hindarilah pembelian barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Buatlah rencana belanja secara bijak agar tidak salah langkah untuk mengelola modal usaha.

Cara berbisnis modal kecil yang selanjutnya yaitu menambah nilai suatu jasa atau produk. Setiap jasa atau barang harus mempunyai nilai agar bisa dibeli oleh orang lain.

Misalnya anda mempunyai sebuah produk yang harus dipasarkan, akan tetapi terkendala harga jual yang telalu tinggi sehingga tak ada konsumen yang berminat. Salah satu kuncinya yaitu menambahkan nilai produk tersebut. Anda dapat menambah kemasan menjadi baik, menambahkan tampilan lebih indah dan sebagainya pada jasa atau produk anda.

Cara berbisnis modal kecil yang terakhir yaitu memberikan penawaran yang lebih baik. Tanpa adanya penawaran kecil kemungkinan akan ada permintaan.

Apabila anda hanya mengandalkan keuntungan dari advertising atau iklan saja untuk menjual produk anda, maka kemungkinan kecil akan memperoleh banyak pelanggan. Salah satu cara supaya bisnis anda banyak pembelinya yaitu dengan cara aktif melakukan penawaran terhadap calon pelanggan.

Itulah beberapa cara berbisnis modal kecil. Semoga bermanfaat!

Related Articles