Ini 5 Bisnis yang Bisa Dijalankan Lewat Instagram

Ini 5 Bisnis yang Bisa Dijalankan Lewat Instagram

Di era yang lebih modern, ada banyak sekali cara untuk menghasilkan uang. Kamu tak perlu terikat dengan perusahaan jika memang tak ingin terikat. Bisnis lewat instagram adalah salah satu alternatif untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah.

bisnis lewat instagram

Dunia bisnis di era ini memang tak bisa dipisahkan dari media sosial. Instagram, Facebook, Youtube, atau Website dijadikan media iklan digital oleh perusahaan.

Jika kamu ingin menghasilkan uang dari akun instagram kamu, ini bukan sesuatu yang mustahil. Peluang ini bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Bisnis apa yang bisa kamu coba di Instagram? Berikut penjelasan lengkapnya.

Jualan Online

Berjualan lewat instagram bukan hal yang baru. Sudah banyak akun bisnis instagram terpercaya yang bisa kamu temui.

Bahkan, Instagram pun sudah menambahkan fitur-fitur terbaru untuk memudahkan pebisnis dalam berjualan di Instagram. Kamu bisa menambahkan tag harga untuk setiap foto yang dipasang.

Cara membuat akun instagram bisnis menarik pun sangat mudah. Kamu bisa menggunakan akunmu atau akun baru. Dalam hal ini, akun bisnis lebih disarankan. Kemudian, pastikan cantumkan harga untuk setiap produk yang ditawarkan.

Untuk kamu yang ingin jualan produk, tetapi tidak memiliki cukup modal, tak perlu khawatir. Kamu bisa mencoba untuk menjadi reseller atau dropshipper. Bisnis ini tak membutuhkan modal yang besar.

Kamu hanya perlu mendaftar ke supplier produk tertentu yang terpercaya, kemudian ikut memasarkan produk mereka. Jika kamu berhasil menjual produk tersebut, keuntungan pun bisa didapat.

Kemudian, pilihan lain jika tidak ingin menjadi reseller adalah menjual jasa. Ini juga umum ditemukan di Instagram.

Bisnis ini juga tidak membutuhkan modal yang besar. Kamu hanya perlu menjual jasa yang sesuai dengan keahlian. Misalnya, kamu punya keahlian melukis karikatur, kamu bisa membuka jasa pembuatan karikatur di Instagram.

Keahlian apa pun bisa dijual di Instagram. Pasar kamu di Instagram sangat luas. Menurut data dari Napoleon Cat, hingga Mei 2020, tercatat pengguna Instagram di wilayah Indonesia mencapai 69.2 juta orang. Anggap saja ini adalah pasar potensial toko onlinemu.

Bila kamu ingin belajar cara mengembangkan Instagram secara Organik, langsung aja ikuti Webinar Gratis dengan cara klik banner dibawah ini…

Jastip

Sering pergi ke tempat-tempat unik atau mengunjungi toko-toko yang susah dijangkau oleh teman-temanmu? Ini juga bisa dijadikan ide bisnis, lho. Kamu bisa membuka jasa titip (jastip).

Bisnis jastip ini berbeda dengan toko online. Dalam bisnis ini, produk yang kamu tawarkan ke pengikut instagram berbeda-beda sesuai dengan toko atau tempat mana yang kamu kunjungi.

Misalnya, kamu sedang berlibur ke Semarang. Di kota ini ada kuliner khas seperti tahu bakso, lumpia, dan wingko babat. Sambil berlibur, kamu bisa open jastip kuliner tersebut. Nantinya, untuk setiap orderan ada ongkos yang perlu dibayar oleh orang yang order.

Tak melulu oleh-oleh dari luar kota, event Big Bad Wolf (BBW) pun bisa dijadikan sebagai bisnis Jastip. Event langka ini hadir dalam waktu yang singkat di beberapa kota besar di Indonesia. Setiap kali diadakan, ribuan pengunjung memadati lokasi.

Nah, ada beberapa calon pembeli yang enggan antri atau bolak-balik memilih buku. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menawarkan jastip. Posting buku-buku menarik di Instagram. Lalu, ajak teman-teman kamu untuk titip buku ke kamu. Ambil setiap keuntungan dari order yang masuk.

Jasa titip ini termasuk bisnis yang menarik. Kamu tidak hanya menjual satu produk, tetapi banyak produk. Kamu pun bisa membuka jasa kapanpun kamu mau.

Influencer/Selebgram

Untuk kamu yang memiliki banyak pengikut di instagram, silakan pertimbangkan untuk menjadi influencer atau selebgram. Kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika memilih jalur ini.

Akun publik dengan akun selebgram sangat berbeda. Akun publik biasanya hanya memposting keseharian tanpa tema. Sementara itu, selebgram selalu mempunyai tema untuk setiap foto yang dipasang.

Saat memutuskan untuk menjadi selebgram, foto yang diposting tidak sekadar hal-hal biasa. Kamu harus memiliki konsep. Kamu perlu memikirkan sesuatu yang mempunyai nilai jual.

Misalnya, kamu tertarik di dunia kecantikan atau kuliner, buatlah konten IG yang menarik seputar dunia kecantikan. Susun feed Instagram yang estetik agar follower yang mampir ke profil kamu bisa lebih puas.

Ketika kamu sudah cukup terkenal nanti, kamu bisa mendapatkan uang melalui paid promote atau endorse. Ini adalah lahan menguntungkan yang perlu kamu maksimalkan untuk berbisnis.

Ternak Akun

Untuk yang tahu bagaimana cara menambah follower dengan cepat, kamu juga bisa membuat beberapa akun untuk dijual. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan Instagram dengan follower banyak. Mereka lebih memilih membeli akun daripada membangun akun sendiri dari 0.

Kamu juga bisa memanfaatkan celah ini untuk berbisnis. Tak perlu modal uang, satu hal penting yang perlu kamu maksimalkan adalah usaha kamu menambah follower.

Akun IG yang bisa dijual tentu saja adalah akun yang memiliki banyak followers. Tak sekadar angka, follower akun tersebut juga harus orang asli alias bukan akun-akun bodong.

Bagaimana caranya agar bisa menambah follower dengan cepat?

Kunci utamanya tentu ada di konten, kamu harus mempunyai konten yang terkonsep. Kamu juga harus tahu bagaimana cara membuat feed instagram untuk bisnis. Feed dan konten harus sama-sama terkonsep.

Buzzer Instagram

Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar kata buzzer? Jangan berpikir negatif dulu, ya. Buzzer sebenarnya bukan sesuatu yang negatif.

Kata buzzer berasal dari bahasa Inggris yang berarti lonceng atau alarm. Menjadi buzzer instagram berarti berusaha menyebarkan atau memviralkan isu atau produk kepada masyarakat. Hampir mirip seperti influencer, buzzer instagram juga memposting gambar yang terkonsep.

Jika influencer membuat konten berdasarkan apa yang mereka minati atau kuasai, buzzer memposting konten yang berisi isu atau produk. Isu atau produk yang di-endorse diolah menjadi konten yang lebih menarik.

Mereka akan membuat konten dengan berbagai sudut pandang hingga akhirnya bisa mempengaruhi atau menyentuh hati pengguna instagram. Jika hal ini terjadi, berarti buzzer tersebut sudah sukses.

Siapa saja yang membutuhkan jasa buzzer?

Tak hanya isu-isu politik yang membutuhkan buzzer. Sebenarnya, ada banyak bidang lainnya yang bisa diviralkan oleh para buzzer.

Misalnya, daerah tempat tinggalmu sedang dikembangkan sebagai kawasan wisata. Kamu bisa menawarkan jasa untuk menjadi buzzer. Buat kontrak dengan pengembang untuk membantu mempromosikan kawasan tersebut.

Kemudian, tugas kamu selanjutnya adalah membuat informasi-informasi menarik tentang tempat wisata tersebut. Foto yang instagramable serta caption yang menarik adalah kekuatan utama di dunia Instagram.

Pastikan kamu bisa mencapai target seperti yang sudah disepakati di kontrak awal. Dengan begitu, kamu pun bisa menghasilkan uang.

Untuk berbisnis di Instagram, ternyata ada banyak hal yang bisa kamu lakukan. Cara kerja bisnis online di Instagram bergantung pada jumlah followers. Semakin banyak jumlah followers kamu, jangkauan bisnis akan menjadi lebih luas. Kamu pun berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Bila ingin serius belajar, coba ikutin Webinar Gratis berikut ini ya…

Karena bisnis lewat instagram adalah bisnis modern, kamu harus selalu mempunyai ide-ide segar untuk terus mengembangkan akun sekaligus bisnismu. Jangan pernah lelah untuk terus belajar, ya! Semoga bermanfaat!

Related Articles