Belajar Bisnis Online Di FacebookSalah satu jenis media yang sering digunakan dalam pemasaran di media Facebook yaitu halaman Facebook. Tiap-tiap media pemasaran yang ada di Facebook memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing.

Belajar Bisnis Online di Facebook

Pada beberapa hal atau tujuan, halaman Facebook memiliki keunggulan yang lebih jika dibandingkan dengan sarana promosi lain yaitu akun personal atau grup.

Akan tetapi, untuk beberapa hal yang lain, halaman Facebook memiliki kekurangan jika dibandingkan dengan sarana-sarana promosi yang lain di Facebook.

edgerank

Kelemahan menggunakan halaman Facebook salah satunya adalah hadirnya edgerank yang membuat jangkauan posting pada halaman Facebook makin hari makin mengecil.

Contohnya jika di halaman Anda terdapat 10.000 fans dan Anda memublikasikan sebuah postingan di halaman tersebut, maka posting Anda tersebut tidak akan langsung dibaca oleh 10.000 fans.

Tetapi posting tersebut hanya dapat dijangkau sekitar 5 % dari keseluruhan fans atau sekitar 500 orang.

Lalu, apakah dengan munculnya edgerank ini halaman Facebook masih tetap bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk pemasaran produk? Jawabannya tentu saja bisa.

Namun anda perlu teknik dan juga strategi khusus untuk melakukannya.

Jika anda ingin tahu teknik dan juga strategi apa yang harus digunakan, maka simaklah pembahasan lengkapnya pada artikel ini.

  1. Buatlah Halaman Facebook ( Pages )

Langkah Belajar Bisnis Online Di Facebook yang pertama adalah buatlah halaman Facebook sebagai media untuk memasarkan produk anda nantinya.

  1. Perbanyak Like Serta Bangun Interaksi

Belajar Bisnis Online Di Facebook yang kedua adalah perbanyaklah like di halaman Facebook anda dan bangunlah interaksi.

Ibaratkan halaman Facebook Anda sebagai saluran promosi. Jika orang-orang belum tahu saluran promosi anda, maka bisa dikatakan orang-orang tidak tahu produk yang anda jual. Oleh karena itu, Anda sangat perlu membangun audiens pada halaman Facebook.

Usahakan agar orang-orang menyukai halaman milik Anda supaya mereka dapat melihat postingan ataupun promosi yang telah Anda bagikan pada halaman Facebook anda. Singkatnya, Anda harus memperbanyak fans atau likers pada halaman Facebook Anda.

Anda dapat memperbanyak likers atau fans dengan cara mempromosikan ataupun mengiklankan halaman Facebook anda pada media sosial yang lain, seperti membuat blog (kamu bisa juga pelajari disini) atau website, dan lain-lain. Bangunlah interaksi dalam halaman Facebook anda dengan membagikan artikel yang bermanfaat dan menarik.

  1. Menawarkan Produk

Belajar Bisnis Online Di Facebook yang terakhir yaitu menawarkan produk. Sesudah Anda berhasil memiliki banyak fans dan telah terjadi banyak interaksi, maka selanjutnya Anda dapat segera memanfaatkan halaman milik anda tersebut untuk memasarkan produk Anda.

Pemasaran dan berjualan sangatlah berbeda. Tujuan marketing tidak hanya menjual, meski tujuan akhir marketing adalah penjualan. Tapi marketing atau pemasaran lebih dari sekedar mengiklankan dan mempromosikan produk.

Termasuk di dalam marketing yaitu proses mempelajari target pasar, membangun sebuah brand awareness (yaitu membuat orang lain agar ingat produk atau merek Anda), hingga mengumpulkan data dalam rangka memahami kebutuhan pasar. Sedangkan selling merupakan proses menawarkan produk dengan tujuan untuk menciptakan penjualan.


Belajar Bisnis Online Di Facebook perlu menerapkan pemasaran dan penjualan. Ada kalanya Anda hanya cukup melakukan marketing, tetapi ada kalanya Anda juga perlu melakukan selling. Apabila produk hanya 1 ataupun 2 produk saja maka Anda perlu memperbanyak marketing.

Namun jika produk yang akan Anda tawarkan banyak jenisnya contohnya jika Anda jualan baju di halaman Facebook maka anda perlu menawarkan masing-masing baju yang tujuannya mengenalkan suatu produk.

Lalu bagaimana dengan kegiatan marketing-nya?

Marketing biasanya digunakan untuk membuat orang agar ingat dengan merek. Anda bisa melakukannya dengan membagi-bagikan konten yang dapat membuat orang-orang terus ingat dengan merek ataupun alamat toko online milik Anda. Cara yang lain yaitu bisa dengan meningkatkan jumlah fans pada halaman Facebook Anda.

Makin banyak fans maka makin besar juga jumlah audiens akan melihat promosi (kegiatan marketing) mengenai produk Anda. Gunakanlah Facebook Ads agar mempermudah Anda dalam memperbanyak fans yang ada di halaman Facebook.

Itulah sedikit yang bisa kami sampaikan tentang Belajar Bisnis Online Di Facebook.

Semoga bermanfaat.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.