8 Panduan Bisnis Toko Online Untuk Pemula – Di zaman yang serba maju ini, penting sekali rasanya kita harus memahami kemajuan dan perkembangannya. Sebab tak ada satupun orang yang mau di makan oleh zaman yang ganas ini bukan, kecuali kalau orang – orang itu bisa memanfaatkan keganasannya. Itulah kenapa penting kiranya kita harus tahu seluk beluknya untuk bisa memberi andil kepada zaman ini, masyarakat serta untuk diri kita sendiri. Salah satunya adalah teknologi, yang masing – masing dari kita pasti sudah tahu dan mengalami setiap harinya bahwa teknologilah yang mendominasi saat ini.

Kita bisa melihat, semua orang sudah mahir menggunakannya. Dari anak kecil sampai orang tua, semuanya sudah menggunakan teknologi. Mungkin bisa kita kerucutkan agar mudah, yaitu internet. Saya rasa Anda semua sudah paham. Nah, di sini saya bermaksud untuk menyadarkan serta memandu saudara – saudari sekalian untuk memanfaatkan keadaan hari ini.

bisnis toko online

Ketika kita sudah paham dengan kondisi hari ini yang semakin berkembang pesat, apakah kita akan ikut larut dengan perkembangan dan mengikuti setiap perubahan yang ada? Sayang sekali kalau Anda yang hidup sederhana, pas – pasan atau kekurangan juga ikut di makan oleh kemuajuan teknologi saat ini. Saatnya kita yang sebelumnya tidak berdaya, harus memulai sebuah tindakan.

Saya menyarankan saudara – saudari sekalian untuk berbisnis. Saya tidak akan membatasi siapa yang berhak membaca ini dan mempelajarinya. Karena memang yang saya tuju adalah saudara – saudari setanah air Indonesia yang merasa di telan oleh perkembangan zaman.

Saya berharap anda yang membaca ini tidak langsung merendah diri karena melihat kata bisnis. Sekali lagi saya tekankan, saya tak membatasi orang – orang untuk membaca ini, dan saya menganjurkan kepada anda semua yang masih kebingungan dalam hidupnya untuk di masa depan.

Yang akan saya pandu kali ini adalah bisnis toko online. Harapan saya saudara – saudari jangan membuat ekspetasi dulu, karena takutnya tidak sesuai dengan bayangan anda atau tiba – tiba anda di patahkan oleh pikiran yang anda karang. saya menawarkan itu karena memang melihat peluang pada ruang internet, dan saya rasa anda semua (tanpa batasan) bisa memanfaatkannya. Ingat, jangan membayangkan kesulitannya dulu.

bisnis toko online

Bisnis toko online bisa di jalankan siapa saja yang mau serius, baik itu ibu rumah tangga, pengangguran, atau yang sudah punya pekerjaan tetapi juga bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan. Memang keseriusan sangat penting di sini, dan membutuhkan kreatifitas yang tinggi, itupun bisa di bangun dari sekarang bukan. Dan untuk saudara – saudari sekalian yang memberanikan diri memutuskan, saya acungkan banyak jempol. Dan keputusan itu harus di iringi dengan memulai tindakan yang tepat. Tentunya saya akan jabarkan disini panduan bisnis toko online.

8 Panduan Bisnis Toko Online Untuk Pemula

Mengamati Diri Sendiri dan Lingkungan Sekitar

Memang inilah langkah pertama yang harus anda lakukan. Amati diri Anda dan pahami, apa yang Anda suka? Kemana arah pikiran anda? Apa yang Anda rencanakan untuk masa depan Anda? Semua itu harus anda baca, serta memahami bagaimana peristwa setiap harinya terjadi. Sehingga Anda bisa mengendalikan diri dan lingkungan sekitar. Hindari untuk membenarkan apa yang telah anda lakukan dan pikirkan, tahap pertama ini bukan untuk menilai benar atau salah, baik atau buruk, tetapi hanya untuk tahu dan apa serta bagaimana anda menyikapi langkah selanjutnya.

amati bisnis toko online

Putuskan dan Aturlah Strategi

Panduan bisnis toko online berikutnya adalah mengatur strategi bisnis online. Yang perlu anda putuskan adalah bisnis apa yang akan anda geluti. Itulah kenapa tahap pertama ada. Anda tidak akan kesulitan untuk memutuskan kalau proses mengamati diri sendiri dan lingkungan sekitar sudah sepenuhnya Anda lakukan. Karena anda akan tahu, apakah kesenangan anda dan orang lain memiliki kesamaan? Atau jauh berbeda? Bagaimana anda menyikapi perbedaan itu? Saya menegaskan, janganlah sekali – kali memaksakan apapun yang ada pada diri Anda harus bisa diterima di lingkungan sekitar.

Dan karena memang anda sudah memahami diri sendiri serta lingkungan sekitar, Anda bisa saja memutuskan bahwa bisnis yang akan anda geluti harus sesuai dengan selera anda agar mudah kedepannya dan untuk pemasarannya akan sesuai dengan selera orang – orang di sekitar Anda. Saya sudah cukup yakin kalau tahap pertama sudah selesai Anda semua akan mudah untuk memutuskan.

strategi bisnis toko online

Setelah itu anda juga harus mengatur strategi, apa yang akan di lakukan setelah memutuskan. Aturlah untuk jangka waktu yang panjang. Walaupun tidak menutup kemungkinan di kemudian hari strategi anda akan di ubah keadaan, tetapi tetap harus ada pegangan awal. Karena strategi awal juga bisa meyakinkan anda untuk setiap langkah yang anda ambil.

Persiapan Modal

Untuk saudara – saudari yang  tak ada pegangan modal sedikit pun atau yang pengangguran (terutama), jangan patah semangat dulu. Setelah pembacaan tahap pertama dan sudah memutuskan serta mengatur strategi, saudara – saudari sekalian bisa mencari rekan yang mau memulai bisnis bersama – sama, serta mencari jalan untuk modal awal.

Karena keyakinan yang sudah anda bangun sebelum memutuskan, saya yakin sekali bahwa anda bisa melalui tahap ini. Dan kalau memang tidak Anda dapatkan rekan yang mau mulai bersama, anda bisa bekerja terlebih dahulu dan jangan lupakan strategi yang sudah anda susun. Cicil lah sedikit demi sedikit, jangan putuskan niat anda.

persiapan modal bisnis

Dan untuk saudara – saudari yang kiranya sudah memiliki pekerjaan tetap dan memilih untuk membuka usaha sendiri, janganlah mengira bahwa berbisnis harus memerlukan modal yang sangat besar. Anda tidak harus menyiapkan produk yang langsung berjumlah banyak. Lakukan dengan bertahap pun bisa. Jadi berapa pun modal anda, lakukan dan yakinlah bahwa Anda bisa melakukannya.

Komputer / Laptop, Jaringan Interner serta Android

Panduan bisnis toko online berikutnya adalah menyiapkan persiapan dan alat penunjang lainnya. Ini adalah beberapa yang harus Anda siapkan sebelum memulai. Karena tidak mungkin nantinya anda akan bolak – balik ke tempat yang ada wifinya dan mengerjakan usaha Anda disana. Alangkah baiknya anda bekerja di rumah sendiri, dan bisa menyiapkan ruangan khusus untuk bekerja. Ketika peralatan di atas sudah siap, anda akan nyaman untuk meulai bisnis Anda.

Pelajari Semua yang Bersangkutan dengan Pekerjaan Anda

Anda harus mempelajari semua yang memang di butuhkan ketika anda berbisnis online. Baik itu mempelajari marketing online, cara membuat website, cara pengiklanan, membuat katalog produk anda, mencari reseller dan banyak lagi yang harus di lakukan.

pelajari bisnis online

Pelajari secara bertahap, bisa dari memahami marketing online, atau bisa membuat website sendiri untuk usaha anda, dan kalau pun sulit, anda bisa numpang dulu di website yang memang untuk masuknya tak perlu uang yang besar. Selalu cari jalan pintas yang tidak terlalu merugikan anda ketika proses pembelajaran untuk setiap hal di atas.

Mulai dengan Etika yang Baik

Panduan bisnis toko online berikutnya adalah etika yang baik, Tentunya di sini anda akan berhubungan dengan banyak orang. Bangunlah relasi dan ciptakan hubungan yang baik dengan rekan kerja maupun konsumen Anda. Memulai dengan etika yang baik, maksudnya anda harus menawarkan dan memulai dengan sopan dan menyenangkan setiap konsumen.

Konsisten dengan Pasar yang Sudah di Pilih

Anda akan menemukan pasar Anda dengan sendirinya. Konsistenlah dengan apa yang sudah datang kepada anda. Jangan mengharapkan lebih. Kembangkan dari apa yang sudah ada serta jangan pernah mengkhianati atau membuat pelanggan anda kecewa. Maka dari itu, perjelas setiap info dari produk yang anda tawarkan. Jangan sampai harapan konsumen tidak sesuai dengan apa yang anda jual. Jaga hubungan, dengan keramahan anda yang paling penting.

konsisten pada bisnis toko online

Menabung dan Revisi Strategi

Hindarilah kesenangan sesaat, karena itu bisa menjatuhkan Anda. Tabunglah uang Anda, berapapun penghasilan yang di dapat, mau banyak atau sedikit, tetaplah menabung. Itu akan membantu anda untuk langkah ke depan. Anda perlu pengembangan bukan, maka dari itu sangatlah penting untuk menabung. Setelah itu anda bisa memaparka. strategi yang sudah anda susun dari awal sebelum anda memulai bisnis.

panduan bisnis toko online

Lalu anda akan melihat dengan jelas, apa yang telah tercapai dan apa yang tidak. Itu pun tidak menutup kemungkinan bahwa anda akan merubah atau menambahkan strategi untuk selanjutnya.

Itulah panduan sederhana panduan bisnis toko online sampai anda sudah menjalaninya cukup jauh. Selalu belajar dari apapun yang menurut anda tidak penting, karena semua adalah kehidupan. Tetap semangat dan semoga kesuksesan menanti anda. Baca juga panduan bisnis jamur

 


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.