Promosi Lewat SMS  Ketika anda berbisnis, tentunya akan banyak hal yang harus anda lakukan untuk mempermudah dan melancarkan bisnis anda. Salah satu yang harus di lakukan adalah memasarkan produk anda. Untuk itu pun anda harus membuat banyak orang percaya kepada anda. Salah satunya melalui promosi, yaitu upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya.

Dengan adanya promosi, produsen atau distributor mengharapkan kenaikan angka penjualan. Salah satu tujuan promosi adalah untuk menyebar informasi produk anda kepada target pasar potensial, agar anda mendapatkan konsumen baru dan bisa menjalin hubungan yang baik dan akan berlanjut menjadi langganan. Mungkin masih banyak dari anda yang sudah punya perusahaan atau produk sendiri, tetapi masih memiliki kendala di pemasarannya.

promosi dengan sms

Anda bisa mempromosikan produk atau barang anda melalui internet, brosur, papan iklan dan lain sebagainya. Memang saat ini orang – orang sangat banyak menggunakan media sosial untuk mempromosikan barang mereka. Tetapi yang akan kita bahas sekarang adalah promosi lewat sms. Mungkin anda akan langsung menolak jika di suruh atau disarankan untuk promosi melalui sms. Karena memang yang terlihat saat ini, instagram, line, BBM dan lain-lain jauh lebih unggul dan populer. Tetapi tahukah anda kelebihan promosi menggunakan sms? Pastinya ini juga untuk saudara – saudara yang tidak lihai menggunakan media sosial yang dipopulerkan banyak orang saat ini.

Memang saat ini promosi melalui sms sering di pandang sebelah mata, karena hadirnya berbagai media yang lebih canggih dan populer di masa ini. Tetapi anda harus tahu, ketika anda mempromosikan produk anda melalui sms, kemungkinan besar akan di baca oleh orang – orang yang anda tuju. Ini beberapa cara promosi melalui sms.

Mengamati Orang – Orang Yang Menggunakan Sms

Sebelum anda memulai, amatilah orang – orang yang sering mengirim pesan siaran melalui sms. Tentu anda sering mendapatkan sms yang antah berantah dan tidak tahu dari mana asalnya. Apakah anda merasa terganggu? Nah, jelas anda sudah paham bagaimana orang – orang biasanya menyikapi sms yang tidak jelas darimana asalnya itu. Ketika anda sudah paham, tentu sudah terpikirkan bagaimana anda menyikapi hal tersebut. Kalau anda masih yakin untuk melanjutkan promosi melalui sms, lakukanlah.

promosi pakai sms

List Nomor Hp Sasaran Anda

Untuk langkah pertama, adalah yang harus anda lakukan yaitu anda harus membuat list nomor hp yang akan anda boom. Pastikan nomor yang anda catat masih di gunakan oleh orangnya. Dan tentunya anda sudah tahu kepada siapa anda akan mempromosikan produk anda. Jangan sembarangan menulis nomor hp. Terkadang, dengan data sedikit akan menbuahkan hasil yang memuaskan, daripada banyak, gak dapat apa – apa.

Pemilihan Provider yang Tepat

Untuk mempromosikan produk atau barang anda melalui sms, perhatikan juga kondisi anda. Karena memang promosi menggunakan sms terbilang mahal daripada media lain yang lebih murah karena menggunakan jaringan internet. Anda harus bisa dan dapat memilih provider yang tepat. Agar anda juga terselamatkan dengan modal yang tidak terlalu besar. Ya paling tidak anda tahu mana yang tidak terlalu merugikan anda.

promosi sms

Menggunakan Kata – Kata yang Tepat dan Akurat

Ketika mengirimkan promosi melalui sms, anda harus bisa menggunakan kata – kata yang tepat. Tentunya anda sudah tahu bagaimana orang – orang bersikap ketika mendapat sms yang tidak tahu dari mana asalnya atau siapa pengirimnya. Inilah salah satu kunci agar orang – orang bisa percaya kepada anda. Sms adalah media untuk utuk mengirim pesan, dan bukan untuk mengirim cerita pendek atau dongeng.

Jadi yang harus anda perhatikan, jangan membuat kalimat yang bertele – tele, langsung ke point pembicaraan. Dan untuk kata – kata pun anda harus menyisipkan beberapa pemancing agar orang – orang penasaran dan tertarik kepada apa yang anda tawarkan. Di bawah ini ada beberapa contoh kata kata yang bisa anda gunakan saat promosi, agar menarik perhatian banyak orang.

promosi dengan sms

  • Promo, adalah kata yang langsung bisa menarik perhatian banyak orang. Misallnya “Dapatkan promo hanya di toko kami, waktu terbatas!”. Pastilah anda sendiri juga akan penasaran ketika mendapat sms seperti itu.
  • Bonus, juga kata – kata yang ampuh ketika anda menyisipkannya di pesan promosi anda. Seperti “Hanya dengan membeli satu barang di toko kami, anda akan mendapatkan bonus yang menarik”. Bagaimana? Saya rasa orang – orang akan tertarik.
  • Menakjubkan, bisa anda gunakan untuk mengungkapkan keunggulan barang anda. Seperti “dapatkan sepatu dengan model terbaru yang menakjubkan hanya di toko kami”. Pastinya orang – orang langsung berimajinasi setinggi – tingginya. Tetapi anda juga harus memang membuat produk anda menakjubkan. Jangan sampai ketika orang – orang sudah memutuskan untuk membeli produk anda, mereka akan kecewa karena mendapatkan hasil yang berbeda dari apa yang anda jelaskan.
  • Garansi, adalah salah satu kata yang memang menjanjikan. Orang – orang akan yakin dengan produk anda jika anda memberi garansi. Misalnya seperti “dapatkan barang kesukaan anda di toko kami dengan garansi 1 tahun untuk setiap barang”. Bagaimana tidak menarik, bisa saja orang – orang akan langsung menghubungi anda.
  • Solusi, tentu anda sendiri bukan. Karena para konsumen adalah orang – orang membutuhkan solusi untuk hidupnya dan anda adalah jawabannya. Jadi ketika anda menuliskan solusi di pesan promo anda, orang – orang akan melirik dan penasaran. Misalnya “wajah anda berjerawat dan tidak bisa disembuhkan? Kamilah solusinya!” pastilah dengan cara itu, orang – orang yang merasa menderita dengan apa yang mereka alami akan sangat senang jika ada penawaran solusi yang menarik dan bisa melepaskannya dari penderitaan tersebut.

cara promosi dengan sms

  • Hemat, setidaknya akan membuat orang berpikir ketika membaca pesan promosi anda. Karena memang kita tahu, di zaman sekarang ini semuanya serba mahal dan haru mengumpulkan uang dengan waktu yang lama untuk membeli apa yang orang – orang inginkan. Jadi ketika anda tuliskan kata hemat, pastilah banyak orang yang akan tertarik. Seperti “beli barang di toko kami, anda lebih hemat untuk setiap produk Rp.200.000”. yakin sudah..
  • Special, pastilah juga memberi kesan bahwa produk atau barang yang anda tawarkan sangat berbeda dengan produk yang lain, atau orang – orang berpikiran bahwa harga yang di tawarkan jauh berbeda atau murah dengan harga biasanya. Seperti “dapatkan barang kesukaan anda dengan harga special di toko kami”. Tentu itu kan berguna sekali.
  • Instan, akan sangat berguna jika anda menggunakannya dengan kalimat yang tepat. Seperti “dapatkan wajah putih yang instan tanpa efek samping”. Pasti orang – orang yang sedang menderita dengan wajahnya yang tidak jinak itu penasaran dengan pesan promosi anda. Sehingga anda akan langsung di hubungi, pastinya.
  • Aman, akan tepat jika anda menggunakannya dengan bahasa yang benar. Seperti “barang anda akan aman di penggadaian kami”. Buatlah orang percaya kepada apa yang anda tawarkan.
  • Segera, tentunya akan membuat orang – orang berpikir dengan cepat. Seperti “dapatkan barang kesayangan anda, segera. Karena penjualan akan ditutup”. Bagaimana orang – orang tidak tertarik. Pastilah mereka akan cepat memutuskan, kalau memang produk yang anda tawarkan memang di butuhkan oleh mereka.

Nah, itulah beberapa cara promosi melalui sms. anda bisa langsung mencobanya. Pastikan anda memulainya dari tahap yang benar. Jangan terburu – buru untuk mendapatkan konsumen sekali banyak.

Nikmati setiap tahapannya. Tentu setiap kesuksesan itu perlu perjuangan yang memang harus dimulai dari nol, kecuali anda sekalian anak pejabat.

Jadi ketika memulai, jangan terlalu membayangkan hal – hal yang sangat besar, mubazir. Sederhana saja, lakukan untuk hidup anda dan keluarga anda. Semoga anda bisa mendapatkan apa yang di inginkan. Dan bisa berhasil dengan mudah melalui tahap yang saya jelaskan di atas.

Tetap yakinlah dengan niat pertama anda walaupun nantinya akan banyak rintangan yang kita sendiri tahu bagaimana bentuknya. Jadi siapkan diri anda untuk menghadapi berbagai macam hal yang akan datang kepada anda ketika memulai bisnis yang sudah anda putuskan untuk menjalankannya. Semoga berhasil, dan terimakasih.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.