Perusahaan Start Up Indonesia yang Terkenal Di Dunia

Perkembangan Startup di Indonesia

Peluang usaha dapat dihasilkan dari segi apa saja tergantung di mana posisi anda saat ini, entah itu bisnis, makanan, minuman, MLM, dan masih banyak yang lainnya. Peluang usaha dari segi digital juga sangat terbuka lebar bagi siapa saja dibelahan dunia mana saja. Kondisi baik ini sangat perlu dimanfaatkan oleh perusahaan start up di Indonesia.

Memang mungkin terlihat belum banyak yang mengetahui beberapa perusahaan start up Indonesia yang mulai tumbuh mengeliat pesat memasuki pasar digital mancanegara dan membuat satu solusi untuk membantu masyarakat luas oleh hadirnya startup digital sekelar Uber.

Apa Itu Start Up?

Mungkin memang masih belum banyak yang mengenal apa itu istilah start up. Kata Start up itu sendiri merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris yang berarti tindakan atau proses memulai sebuah organisasi baru atau usaha bisnis.

Menurut yang dilansir oleh Wikipedia, Start Up merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi dan masih berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Definisi tersebut memang masih tergolong pada sisi terminologinya, namun menurut beberapa ahli bahwa start up diartikan sebagai perusahaan baru yang sedang dikembangkan. Hingga saat ini banyak perusahaan start up yang mengkolaborasikan perusahaannya dibidang teknologi, web, internet, dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Perkembangan Dunia Start Up di Indonesia

Perkembangan Startup di Indonesia

Perkembangan bisnis Start Up Indonesia memang cukup stabil bahkan terus meningkat, hal tersebut merupakan kabar yang menggembirakan bagi Indonesia. Setiap tahunnya bahkan setiap bulan banyak founder atau yang biasa disebut dengan pemilik Start Up selalu bermunculan.

Menurut web dailysocial.net, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Start Up lokal yang ada di Indonesia, diperkirakan jumlah tersebut akan terus meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Jika dilihat dari pengguna internet di Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahunnya maka tentunya hal tersebut dapat dijadikan sebagai suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Start Up.

Berdasarkan beberapa riset yang telah dilakukan pada tahun 2013 sudah terbukti bahwa pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 70 juta orang, bisa dibayangkan kan berapa jumlah user internet Indonesia beberapa tahun kedepan, bukannya hal tersebut sangat mengejutkan. Selain itu, masyarakat Indonesia yang dikenal sebagai masyarakat konsumtif akan semakin meningkat seiring dengan naiknya pendapatan perkapita masyarakat negeri ini dan akan ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Menurut CEO dailysocial.net, Rama Mamuaya menyatakan bahwa Start Up di Indonesia tergolong dalam 3 kelompok yaitu Start Up pencipta game, Start Up aplikasi edukasi, dan Start Up perdagangan seperti e-commerce dan informasi. Menurut Rama, Start Up yang bergerak dibidang game dan edukasi punya pasar yang lebih potensial dan terbuka di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi terbilah masih relative mudah.

Dengan berkembangnya media sosial dan smartphone yang semakin canggih, maka pasar untuk mobile game dan social game semakin besar. Sementara itu, untuk aplikasi atau websie yang bergerak dibidang e-commerce dan informasi dinilai memiliki tantangan yang masih cukup besar. Hal tersebut dikarenakan masih minimnya pengguna internet Indonesia yang menggunakan kartu kredit. Namun, jika dilihat dari segi informasi atau berita dengan berbagai tema, maka perkembangannya justru jauh lebih pesat lagi.

Daftar Perusahaan Start Up Indonesia Yang Mulai Mendunia

Perusahan – perusahaan Start up di Indonesia memiliki berbagai produk yang unik, berikut adalah 6 perusahaan Start Up Indonesia yang memiliki produk menarik bagi pengguna diseluruh Dunia, dan juga akan menarik bagi para investor dan pengusaha. Berikut 6 perusahaan Start Up Indonesi yang sudah mendunia.

ADSKOM INDONESIA

Adskom

Perusahaan Start Up ini menyediakan layanan iklan digital bagi para web publisher. Perusahaan ini didirikan oleh mantan CTO Koprol.com yaitu Danie Armanto bersama dengan pengusaha bisnis digital, Italo Gani. Perusahaan ini adalah perusahaan Indonesia, namun memiliki kantor pusat yang berada di Singapura.

Adskom memberikan fungsi iklan yang baru bagi para pemasang iklan agar iklan mereka semakin efektif menggunakan teknologi platform ilklan dari Adskom. Selain itu, Adskom juga memberikan fasilitas bagi publisher untuk mengevaluasi iklan dari para pemasang agar iklan yang dipasang semakin optimal dan meningkatkan pendapatan mereka.

Nah, bagi kalian para publisher google adsense atau para veteran adsense mungkin dapat mencoba platform iklan made-in-Indonesia yang bernama Adskom ini.

WOOZ

WOOZ

WOOZ ini merupakan perusahaan Start Up di Indonesia yang memberikan layanan Software as a Service menggunakan cloud base untuk sebuah aplikasi photo booth di sebuah pameran. Dengan aplikasi ini para perusahaan yang sedang mengikuti pameran akan dapat mengumpulkan data pelanggan yang berpotensial, baik secara online maupun offline.

Pada dasarnta Wooz berkolaborasi menggunakan NFC (Near Field Communication) dan RFID sehingga memungkinkan perangkat hardware berkomunikasi dengan para pengunjung disekitar lokasi. Dengan kemampuan tersebut, maka interaksi dapat dilakukan secara online maupun offline yang diadakan dalam sebuah acara, Wooz akan dapat memanggil para pengunjung yang akun sosial medianya seperti Facebook dan Twitter untuk mendatangi booth anda.

Selain itu, dengan fasilitas online yang ada maka sangat memudahkan perusahaan untuk mendapatkan data dari para pengunjung, seperti survey atau untuk mengadakan quiz berhadiah.

CUBEACON

CUBEACON

Cubeacon ini merupakan perusahaan Start Up yang berguna untuk memahami perilaku konmsumen secara offline dan dapat berkomunikasi dengan smartphone pelanggan untuk meningkatkan loyalitas para pelanggan. Dengan menggunakan fasilitas dari Cubeacon ini maka para pemilik took di pusat belanja dapat mengirim promosi dan penawaran kepada existing customer mereka yang sedang melintas didepan booth melalui siyal Bluetooth yang memiliki jarak 20 meter.

Perusahaan Cubeacon ini telah memproduksi sebanyak 2500 unitbox Cubeacon untuk pangsa pasar global. Perusahaan ini juga memiliki masa depan yang sangat cerah dan kedepannya berharap pada setiap orang yang belanja ke mall akan mulai memasang Bluetooth mereka untuk mendapatkan informasi diskon yang ditawarkan dan hal ini merupakan salah satu cara pemasaran yang kreatif.

Kurio

Kurio

Perusahaan Start Up Kurio ini bergerak dibidang software yang menyajikan konten berita yang dapat anda pilih. Tidak hanya itu saja, aplikasi Kurio juga dapat mencari informasi yang anda inginkan, seperti travelling, olahraga, bisnis dan teknologi, fashion, otomotif, dan masih banyak yang lainnya. Dengan mendapatkan informasi yang benar – benar anda inginkan, maka akan sangat menghemat waktu karena anda tidak perlu lagi mencari – cari informasi lagi, cukup pasang informasi yang anda ingin kan dan Kurio akan mencarikan untuk anda.

Bornevia

Bornevia

Perusahaan Start Up ini berkerja sebagai aplikasi online customer service atau support untuk melayani comment Facebook atau Twitter pada perusahaan anda. Aplikasi ini bekerja melalui dashboard yang dapat diakses melalui Smartphone dan tablet sehingga memungkinkan anda memiliki staff customer service freelance yang berlokasi dimana saja dan kapan saja.

8Villages

8Villages

Perusahaan ini mengembangkan aplikasi petani dan pembeli langsung yang dapat mengeliminasi para tengkulak. Aplikasi ini memberi target kepada para petani di pedesaan melalui SMS dan MMS untuk memasarkan produk mereka dan mendapat informasi dari pakar pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian mereka. Aplikasi untuk para petani ini merupakan aplikasi yang sangat fenomenal dan sangat memungkinkan penurunan harga pangan di Indonesia karena para tengkulak yang menguasai pedesaan dapat terliminasi pada supply chain pangan Indonesia.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Start Up. Semoga Indonesia selalu memiliki generasi – generasi yang aktif dan kreatif agar selalu memiliki inovasi mengembangkan sebuah perusahaan yang bisa sampai terkenal ke pelosok Dunia.

Terimakasih dan selalu semangat!

Related Articles