Cara Berbicara Yang Baik Dan Sopan Di Depan Umum

cara berbicara yang baik dan sopan di depan umum 2

Cara Berbicara Yang Baik Dan Sopan Di Depan Umum – Bersikap sopan adalah perilaku yang bisa dipelajari. Untuk memiliki karakter tersebut anda perlu belajar. Tidak ada salahnya untuk bersikap sopan kepada orang lain sebab sikap seperti ini sangat diapresiasi oleh banyak orang. Berikut ini adalah tips berbicara sopan kepada orang lain.

Katakan dengan halus

Nada bicara anda benar-benar harus diperhatikan. Hindari meninggikan suara sebab ini menimbulkan kesan anda memaksa lawan bicara untuk memahami dan mengikuti apa yang anda katakan. Berbicara seperti ngobrol biasa dengan teman. Berbicara dengan nada pelan bukan berarti harus datar. Kita bisa membedakan mana omongan yang datar dan mana omongan yang halus. Salah satu penyebab kita sering menaikkan suara adalah karena merasa terancam atau tersinggung. Misalnya jika seseorang bertanya kepada anda soal sesuatu yang sifatnya pribadi. Kemungkinan besar anda akan menolak menjawa sambil menaikkan volume suara. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya anda bersikap tenang. Jika pertanyaan yang dilontarkan membuat perasaan tidak enak, ungkapkan saja secara jelas tanpa harus marah-marah.

cara berbicara yang baik dan sopan di depan umum

Berbicara soal penampilan

Untuk membicara sesi percakapan, kita seringkali basa-basi menanyakan kabar, pekerjaan, dll. Topik lain yang bisa dibahas adalah penampilan. Mungkin rekan anda terlihat menarik hari itu dengan jas barunya. Atau mungkin ia terlihat keren dengan dasi bermotif unik. Ini akan membuat suasana menjadi akrab. Bahkan untuk peracakapan yang serius pun, intronya tidak harus serius. Anda bisa memulainya dengan ngobrol soal yang tidak begitu penting. Ini semata-mata untuk menciptakan suasana pembicaraan yang hangat. Selain itu, kita jadi merasa lebih dekat dengan lawan bicara.

Pelajari suasana hatinya

Ada kalanya kita merasa sedih, dan ada kalanya kita merasa senang. Seseorang yang baru ditinggal orang tercinta pikirannya seringkali masih kalut. Pada situasi seperti ini, kita harus belajar memposisikan diri. Hindari membuat guyonan-guyonan yang tidak sensitif saat berbicara. Meskipun anda merupakan tipe yang humoris dan teman anda tahu itu, tapi ada tempat untuk semuanya. Orang yang sedang sedih terkadang perlu waktu untuk sendiri, bukan dihibur dengan candaan. Jika anda melihat lawan bicara sedang tidak bergairah, tanyakan mengapa ia bersikap seperti itu. Ini agar anda tidak salah dalam mengambil topik pembicaraan.

Perhatikan wajahnya

Berbicara sopan juga bisa dilakukan dengan memperhatikan ekspresi lawan bicara. Jangan alihkan perhatian kemana-mana sebab ini bisa menunjukkan anda tidak serius. Saat kita berbicara dengan seseorang yang sedang bahagia, wajah kita otomatis juga akan berbinar karena ikut merasakan kebahagiaan yang dirasakan. Sebaliknya, jika wajah lawan bicara sedang sedih, energi negatif tersebut akan tertransfer ke dalam pikiran anda. Anda pun akan ikut menjadi murung dan sedih atas apa yang dialami oleh lawan bicara.

Jabat tangan dengan mata saling menatap. Jabat tangan yang sopan harus dilakukan dengan kedua tangan dan mata saling mengunci. Jadi saat anda menggoyangkan tangan lawan bicara, secara bersamaan anda juga perlu melihat ke arahnya sambil tersenyum. Itu akan memberikan energi positif dan bisa mengarahkan pembicaraan ke arah yang lebih baik. Jabatlah tangan dengan mantap tapi tidak keras. Hindari bersikap superior sebab banyak orang tidak suka diintimidasi oleh lawan bicara. Ada beberapa cara berjabat tangan, seperti jabat tangan profesional dan jabat tangan antar teman. Sesuaikan dengan situasi dan kondisi agar anda tidak kelihatan salting.

cara berbicara yang baik dan sopan di depan umum 2

Selalu tersenyum

Saat ngobrol dengan seseorang, kita seringkali secara tidak sadar melemparkan senyuman kepada lawan bicara. Senyuman sangat efektif untuk mencairkan suasana. Anda bisa melakukannya sesering mungkin. Tapi senyuman juga harus punya konteks. Jangan senyum ketika anda sedang berbicara serius atau ketika ada sesuatu penting untuk disampaikan. Itu tadi cara berbicara yang baik dan sopan di depan umum.

Related Articles