Cara berbisnis bajubisnis pakaian termasuk salah satu bisnis paling banyak dilakukan di berbagai kota. Karena pakaian termasuk salah satu keperluan primer yang juga banyak dicari konsumen.

Perkembangan pesat tersebut membuat arus penjualan baju tak pernah sepi. Sehingga banyak orang tertarik memulai bisnis baju, tapi kebanyakan mereka terbentur pada kendala modal.

cara berbisnis baju

Cara berbisnis baju berikut ini bisa anda lakukan agar baju anda bisa laku keras :

1. Tentukan Jenis baju yang hendak di jual.

Tahap pertama ialah menentukan jenis baju apa yang hendak di jual. Apakah ingin menjual piyama, baju kerja, baju olahraga, baju muslim ataupun jenis baju lainnya. Cara paling mudah menentukannya ialah kembali pada jenis pakaian serta jenis kain yang di gemari. Seperti baju untuk acara pesta, kemudian jenis kain yang lebih cocok digunakan dalam acara pesta? Dan dari situlah Anda bisa memulai menentukan pilihan paling tepat. Tapi Anda juga perlu mempertimbangkan faktor pasar, yakni jenis baju apa yang saat itu banyak dicari oleh konsumen.

2. Menentukan label pakaian. ( Brand )

Tahap kedua ialah menentukan merek pakaian yang hendak di jual. Anda bisa memakai inisial dari nama Anda ataupun nama anggota keluarga anda. Bahkan juga bisa memakai nama-nama yang sangat unik. Tentunya lebel pakaian tersebut harus disesuaikan terhadap jenis pakaian yang akan dijual. Keberadaan merek akan membuat pakaian lebih diingat para pembelinya. Apabila memungkinkan, silahkan saja mendaftarkan merek anda di Kantor Hak Paten.

3. Membentuk pakaian

Tahap lanjutan untuk melakukan bisnis ini ialah mendesain pakaian tersebut. Anda tidak usah menjadi desainer profesional dalam membuat desain pakaian produk anda. Dalam era digital saat ini, Anda dapat memperoleh berbagai referensi beberapa desain pakaian lewat internet. Sesudah mendapatkan referensi bagaimana model pakaian paling sesuai untuk dijual, Anda bisa mengkreasikannya sesuai keinginan Anda. Namun yang harus diingat, beberapa model pakaian yang dimiliki oleh desainer pakaian umumnya memiliki hak paten. Jadi, Anda tidak boleh benar-benar menirunya dengan persis.

4. Membeli bahan-bahan untuk pakaian

Tahap selanjutnya ialah membeli bahan-bahan baju yang dibutuhkan. Bahan-bahannya juga harus disesuaikan terhadap desain baju yang sudah Anda buat. Guna menghemat biaya, maka Anda bisa mencari bahan-bahan diantaranya kain, benang, manik-manik, ataupun bros yang dijual di pasar besar atau pada pusat grosir. Pilih satu penjual yang menurut Anda cocok untuk terus berlangganan disana. Sehingga dengan berlangganan, maka Anda akan mendapat diskon sehingga bisa semakin menghemat dana pembelian bahan dan menambah laba anda..

5. Menjahit

Namun untuk proses menjahit, anda bisa mencari informasi tentang penjahit dalam kualitas jahitan yang bagus dengan ongkos yang lebih murah. Bila sudah mendapat penjahit yang sesuai, sehingga anda juga bisa terus berlangganan untuk menjahit disana. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga mencari alternatif penjahit kedua sebagai pengganti saat-saat genting. Pastinya Anda juga harus menjelaskan dengan rinci tentang model baju yang hendak dibuat. Kemudian bila bisnis pakaian Anda semakin berkembang, Anda bisa mulai membeli mesin jahit lalu mempekerjakan beberapa karyawan.

6. Promosi

Tahap ini memang sangat penting dalam bisnis anda. Dalam era digital ini, tentunya promosi adalah hal yang sangat mudah dilakukan. Karena anda bisa mulai memasarkan produk baju Anda lewat berbagai media sosial diantaranya Facebook, Twitter, Instagram, serta masih banyak lagi.

Namun perlu diingat jika promosi terbaik ialah promosi melalui mulut ke mulut. Yakni konsumen yang suka dengan produk Anda nantinya akan memberitahu kepada orang lain serta begitu seterusnya. Anda juga harus terus menjaga sekaligus meningkatkan kualitas produk baju maupun pelayanan Anda.

7. Perbanyaklah Pilihan Model

Sehingga dengan menyediakan banyak model baju, maka secara otomatis akan membuat konsumen merasa puas sebab dapat memilih model yang di sukai. Kepercayaan konsumen datang pada toko baju anda juga akan terbangun, sehingga secara otomatis dagangan anda akan ramai diburu konsumen.

8. Selalu mengganti variasi model.

Pakaian wanita adalah jenis baju yang kerap berganti model secara cepat. Anda juga bisa menjual berbagai variasi model misalnya jilbab, atasan, gamis, dan juga kebaya. Cara berbisnis baju tersebut sangat mudah dilakukan dan tentunya membuat toko anda akan stabil.


Niko Julius
Niko Julius

Digital Marketer - Founder NikoJulius.com, Kelbimedia.com & Kelbion.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.