7 Tips Dan Cara Bisnis Yang Baik

cara bisnis yang baik

Cara Bisnis Yang Baik – Memulai bisnis bukanlah hal yang mudah, jadi pastikanlah anda tahu cara untuk memulai sebuah bisnis yang baik. Bisnis tidaklah harus bernilai jutaan bahkan miliaran.

cara bisnis yang baik

Jadi janganlah hanya terpaku dengan modal, tapi juga jangan menyepelekan pentingnya modal saat anda hendak memulai melakukan bisnis. Sebagai Contohnya Mark Zuckenberg, yaitu seorang pendiri serta CEO Facebook. Dulu dia hanya seorang mahasiswa yang kemudian DO.

Kemudian dia mulai mendirikan Facebook dengan tanpa banyak modal dan mulai dari nol hingga sekarang menghasilkan trilyun’nan rupiah. Tentu saja cara memulai bisnis ala Mark Zuckenberg dengan bisnis-bisnis yang lain berbeda sebab tiap bisnis memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Tapi intinya dalam memulai bisnis, baik itu bisnis kecil, bisnis menengah atau bisnis besar tentu ada tahapan-tahapan yang harus dilalui.

Cara Bisnis Yang Baik bisa dimulai dengan mempelajari terlebih dahulu bisnis yang ingin anda kembangkan tersebut. Jika anda melakukan bisnis tanpa punya pengetahuan apapun maka risiko gagal jadi semakin tinggi. Baiklah tanpa perlu panjang lebar lagi, pada kesempatan kali ini saya akan bagikan beberapa cara untuk memulai sebuah bisnis yang baik.

  1. Kembangkanlah bisnis sesuai dengan hobi

Cara Bisnis Yang Baik pertama yaitu mengembangkan bisnis sesuai dengan hobi. Jika anda memulai bisnis sesuai dengan hobi maka anda akan lebih senang untuk membangun bisnis tersebut. Di samping itu tentu anda telah memiliki pengetahuan mengenai bisnis tersebut sebab itu adalah hobi anda.

  1. Siapkanlah modal

Modal adalah salah satu kunci penting dalam membangun bisnis. Tapi modal tidaklah harus besar. Intinya tentukanlah bisnis apa yang ingin anda bangun, dengan begitu anda bisa memprediksi berapakah modal yang anda perlukan.

  1. Pilihlah lokasi yang cocok

Cara Bisnis Yang Baik selanjutnya adalah memilih lokasi tempat anda melakukan bisnis. Yang perlu anda lakukan adalah memilih-milih lokasi yang strategis serta bagus, namun jangan lupa juga sesuaikan dengan jenis bisnis anda. Hal ini dilakukan agar konsumen lebih mudah menemukan lokasi anda.

  1. Menentukan harga jual

Menentukan harga jual berguna untuk menghitung kerugian dan juga keuntungan dari sebuah bisnis yang akan anda jalankan.. Janganlah sampai menjual terlalu mahal karena anda akan sulit mencari konsumen dan jangan terlalu murah karena anda bisa rugi. Cara yang gampang untuk anda lakukan adalah dengan menyurvei terlebih dahulu berapakah harga yang ditetapkan oleh pesaing bisnis anda. Dan cara yang lebih detail adalah dengan menghitung secara rinci berapakah modal yang harus anda keluarkan untuk tiap-tiap produk yang akan anda jual.

  1. Berhenti bermimpi dan mulai beraksi

Dalam membangun bisnis mimpi memang penting, sebab dengan mimpi anda akan semakin bersemangat dalam membangun bisnis. Tapi ingatlah “stop dreaming start action”. Karena jika anda hanya terus bermimpi maka percayalah mimpi-mimpi tersebut akan pudar jika tidak ada langkah untuk memulainya. Oleh karena itu, sesudah anda memikirkan point-point tips diatas segeralah bertindak.

  1. Promosikanlah bisnis anda

Pastikanlah untuk mempromosikannya bisnis anda supaya bisa berkembang. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk berpromosi, contohnya membuat brosur, mempromosikan ke media sosial, iklan lewar radio dn surat kabar, memasang banner, dan lain-lain. Akan tetapi sebelum promosi pastikanlah produk ataupun jasa anda benar-benar pantas bagi calon konsumen anda.

pembukuan keuangan yang baik

  1. Pembukuan keuangan

Cara Bisnis Yang Baik yang terakhir adalah membuat pembukuan keuangan. Hal ini dilakukan supaya semua yang ada kaitannya dengan uang misalnya seperti keuntungan ataupun kerugian bisa dihitung dengan jelas. Di samping itu dengan melakukan pembukuan juga bisa menghindari tercampurnya uang untuk bisnis dengan uang untuk pribadi.

Mungkin hanya 7 cara bisnis yang baik di atas yang bisa saya berikan. Sebenarnya ada banyak sekali tips tentang melakukan bisnis yang baik. Akan tetapi akan sangat panjang pembahasannya jika anda belum tahu bisnis apakah yang ingin anda kembangkan nanti.

Tapi saya rasa hal-hal yang telah saya sampaikan di atas merupakan point penting yang dapat anda lakukan untuk memulai Binsis yang baik. Demikian Cara Bisnis Yang Baik, selamat mencoba.

Related Articles