Pada kesempatan ini saya ingin memandu Anda melalui tahapan-per-tahapan bagaimana cara membuat blog yang mudah, dan sekaligus memberikan beberapa gambaran-gambaran yang mungkin Anda butuhkan untuk memulai blog pertama Anda hingga berjalan.

cara membuat blog yang mudah

Cara Membuat Blog yang Mudah!

Secara umum ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk memulai sebuah Blog :

  1. Pilihlah platform Blogging Anda.
  2. Amankan nama Domain dan Dapatkan Hostingnya.
  3. Menginstall WordPress ke Hosting Anda.
  4. Setup & Desain Blog Anda.
  5. Mulai membuat konten yang bermanfaat untuk pembaca.

Fase 1 : Pilih Platform Blogging Anda

Fase pertama dalam panduan cara membuat blog yang mudah, Anda harus menentukan platform blogging – atau alat yang membantu Anda untuk memunculkan konten pada website.

Sebenarnya ada banyak platform blogging yang tersedia, namun menurut saya pilihannya yang jelas dan simpel. Saya pribadi menggunakan wordpress.org dan sangat saya rekomendasikan pada Anda juga.

WordPress sejauh ini adalah platform blog yang sangat populer dengan beberapa alasan.

  • Mudah digunakan
  • Mudah dikonfigurasi
  • Sudah ada sejak lama (bertahun-tahun) dan memiliki sistem keamanan yang baik. (Walaupun tetap perlu memaintain keamanannya sendiri juga nantinya…)
  • Memiliki banyak sekali industri perangkat pendukung, desainer website dan developer yang mengembangkan platform ini, sehingga kita bisa melakukan banyak kustomisasi dalam blog.

Perlu Anda ketahui bahwa, WordPress memiliki 2 alat bantu :

  1. wordpress.com – tempat Anda bisa menempatkan blog pada hosting mereka, bisa Anda mulai dengan Gratis, namun banyak fitur yang tidak bisa Anda gunakan. Dan Anda harus membayar untuk menggunakan fitur-fitur yang tersedia.
  2. wordpress.org – Tempat Anda bisa memiliki kontrol secara penuh pada blog dan hosting Anda pribadi, Anda akan menggunakan domain pribadi Anda dan bisa menentukan tampilan seperti apa, bagaimana mengoperasikannya dan bebas menentukan ingin menghasilkan uang dengan cara apa.

Tentu saja, rekomendasi saya adalah Anda menggunakan wordpress.org – Walaupun Anda perlu melakukan sedikit pekerjaan untuk fase setup (yang akan saya pandu dibawah), secara jangka panjang Anda akan memiliki kontrol penuh pada bentuk, isi, fitur dan bagaimana website tersebut menghasilkan uang pada Anda. Dan yang menarik, ini lebih Hemat buat Anda!

Fase 2 : Amankan Nama Domain dan Tempat Hosting

Cara membuat blog yang mudah berikutnya adalah Anda perlu memiliki sebuah nama domain atau alamat website Anda. Layaknya sebuah nama sebuah bisnis atau nama sebuah toko. Sebagai contoh, blog saya dengan nama www.nikojulius.com – Setiap blog perlu domain itu sendiri, dan setiap domain adalah unik, sehingga Anda perlu mencari mana yang belum dimiliki oleh orang lain.

Untuk tujuan dari panduan ini, tentu saja saya ingin menjelaskan pada Anda langsung bagaimana memiliki domain tersebut, namun ada baiknya, saya jelaskan pada Anda beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan Anda memilih nama domain :

  • Perspektif Manusia

Domain yang mudah dibaca, mudah dikatakan dan mudah diingat.

  • Perspektif Brand

Domain yang Unik, sesuatu yang ingin Anda kenalkan pada orang.

  • Perspektif SEO

Domain yang menyesuaikan dengan kata kunci dan membantu untuk merangking lebih tinggi di Google.

  • Perspektif Legalitas

Domain yang mempertimbangkan Legalitas Merek Dagang tertentu.

Terlepas Anda memilih nama domain yang mana, Anda tidak akan mengeluarkan biaya yang luar biasa mahal untuk domain ini. Namun akan sedikit memakan biaya setiap tahun.

Cara termudah memiliki domain Anda adalah menggunakan penyedia layanan yang secara bersamaan menyediakan hosting untuk Anda. Rekomendasi saya adalah Hawkhost. Ini adalah tempat yang sangat baik dari sisi harga juga pelayanan yang diberikan sekarang ini.

Hal menarik tentang Hawkhost juga adalah, Anda bisa menginstall wordpress.org kedalam domain dan hosting Anda dengan 1 kali klik.

Bersamaan dengan waktu penulisan panduan ini, perkiraan Anda memiliki domain dan hosting untuk adalah sekitar $2,99 per bulan (sekitar Rp 40ribu rupiah) atau setara dengan 3 mangkok bakso!

Anda bisa menggunakan Kartu Kredit atau Kartu Debit (Mandiri atau Permata atau Jenius) untuk pembayaran Hosting dan Domain ini…

Anda bisa membeli hosting Hawkhost dengan mengklik gambar dibawah ini… kemudian mengikuti Panduan yang tertera…

hawkhost

Klik Gambar diatas untuk membeli hosting & domain sekarang!

Fase 3 : Setup Blog Anda

Jika Anda pergi dengan Hawkhost sebagai domain Anda dan penyedia hosting, menginstal WordPress adalah langkah yang super sederhana.

Anda cukup mengikuti tahapan berikut ini :

  • Buka Cpanel pada Hawkhost
  • Carilah “Softaculous Apps Installer”
  • Klik “Scripts – WordPress”
  • Klik “Install Now”
  • Pilih Domain yang ingin Anda Install
  • Site Setting Anda bisa ubah, namun yang terpenting adalah Admin Account dan Password
  • Pilih theme
  • Klik “Install”

Voila! Anda sudah memiliki Blog WordPress!

Fase 4: Konfigurasi dan Desain Blog Anda

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda dari WordPress Anda mungkin melihat dashboard dan bertanya-tanya apa yang harus Anda lakukan setelahnya…

Jangan khawatir – Anda akan dengan mudah menggunakannya pada nantinya, cukup ikuti langkah-langkahnya.

Konfigurasi blog Anda

Disini saya akan memberikan serangkaian tutorial yang bisa membantu Anda untuk mengenali WordPress dan juga pengaturannya untuk tampilan blog Anda.

Berikut adalah video yang baik yang memperkenalkan Anda ke apa yang Anda cari di atas dashboard WordPress Anda.

Video berikutnya untuk memperkenalkan Anda pada Kategori dan Tags

Salah satu hal yang paling kuat di WordPress adalah bahwa hal itu memungkinkan Anda untuk menginstal dan menggunakan plugin untuk mendapatkan fungsi tambahan pada blog Anda. Anda mungkin ingin menyimpan satu ini untuk menonton nanti tetapi akan membantu dengan membuat blog Anda lebih kaya fitur.

Merancang blog Anda

Tahapan berikutnya dalam panduan cara membuat blog yang mudah adalah  berpikir tentang desain blog Anda. Karena kesan pertama itu sangat berperan penting, sehingga Anda akan perlu menentukan bagaimana menyampaikan sesuatu dari merek yang Anda buat.

Saya pribadi menyarankan Anda untuk berinvestasi pada “tema premium” untuk Blog Anda.

Meskipun ada ada ribuan tema gratis diluar sana, tapi menurut saya ini adalah hal yang sangat penting dan layak untuk Anda investasikan.

Dari sebuah survei menyatakan bahwa sebagian besar Blogger Profesional setuju dengan hal ini, dan memiliki tema premium adalah sebuah dasar untuk blog. Sementara memang Anda akan perlu membayar untuk tema blog tersebut.

Tema Premium yang saya gunakan dan saya rekomendasikan ada MyThemeShop (aff).

Tema yang saya rekomendasikan adalah Schema, karena sangat baik dalam penggunaannya. Kecepatan website dibuka, sangat baik dan coding didalamnya yang efisien.

Jujur, pada bagian memilih desain sebuah blog adalah sebuah hal yang cukup sulit. Karena banyak hal-hal yang biasa menjadi pertimbangan. Namun Anda setidaknya cukup mengikuti yang saya sarankan terlebih dahulu saja. 🙂

Ingat, jangan terlalu banyak stres pada awal ini, cukup lakukan langkah demi langkah. Hal utama yang penting adalah Anda bisa terbiasa dengan polanya, sehingga Anda bisa berkembang disana. Tips utama saya adalah pilihlah desain yang sederhana, klasik dan bersih.

 

Fase 5: Mulai membuat konten yang bermanfaat untuk Pembaca

OK – mudah-mudahan sekarang Anda punya domain, hosting dan telah menginstal WordPress serta telah menginstall tema. Maka Anda telah memulai sebuah blog … tapi Anda belum menjadi seorang blogger sampai Anda mulai menciptakan beberapa konten untuk blog Anda!

Saya tidak bisa memberitahu Anda apa yang harus tulis di blog Anda untuk posting pertama Anda – karena itu adalah sesuatu yang akan bervariasi banyak dari blogger ke blogger – tapi saya akan berbagi beberapa hal di bawah ini yang mungkin bisa membantu memberikan beberapa titik awal.

Ada dua jenis konten yang Anda dapat membuat untuk blog Anda di WordPress – ‘Pages’ dan ‘Posts’.

Pages

Halaman adalah halaman ‘statis’ di blog Anda yang tidak akan benar-benar berubah banyak tapi yang Anda akan link ke dari menu Anda dan daerah navigasi pada blog Anda. Misalnya di NikoJulius.com, ada halaman ‘About Us’ dan ‘Kontak’ yang dibuat menggunakan Pages.

Halaman pertama Anda mungkin harus menjadi ‘About Us’ atau tentang Anda yaitu halaman yang memberitahu orang tentang Anda dan blog Anda. Ini adalah halaman Anda yang akan  muncul di Anda area navigasi / menu untuk mendapatkan beberapa orang membacanya dan memahami apa yang akan Anda bagikan dalam website tersebut.

Posts

Posting sedikit berbeda, dimana disinilah Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu Anda menciptakan sebagai Blog – sebagai seorang Blogger Anda membuat posting blog biasa. Posting akan muncul di halaman depan blog Anda begitu saat postingan tersebut diterbitkan. Biasanya memiliki komentar dan tanggal untuk menunjukkan pembaca ketika diterbitkan.


Inilah Panduan Cara Membuat Blog yang Mudah

Jika Anda telah menggunakan panduan cara membuat blog yang mudah ini untuk memulai sebuah blog Saya ingin sekali mendengar respon Anda dalam komentar di bawah ini.

Apabila Ada yang ingin Anda tanyakan atau diskusikan dengan saya juga bisa langsung berikan komentar dibawah ini ya…